Food

Jelang Cap Go Meh, Ini Dia 6 Spot Kuliner Khas yang Cocok Dinikmati Bareng Keluarga

Tahun Baru Imlek memang sudah kita rayakan, tetapi kemeriahannya tak akan redup begitu saja. Terutama karena lima belas hari setelahnya, kita merayakan pesta Cap Go Meh. Perayaan yang juga dikenal sebagai festival lampion ini merupakan momen sukacita yang diisi dengan pesta dan pawai. Salah satu penampilan khas yang bisa kamu saksikan di festival Cap Go Meh adalah aksi dari para tatung atau orang yang dirasuki oleh roh halus yang kebal terhadap benda-benda tajam. Sambil menikmati aksi ekstrem tersebut, mending duduk manis sambil menikmati aneka kuliner khas yang bisa kamu santap bareng keluarga di momen Cap Gomeh ini.

1. Bubur Angke Taman Harapan Indah

Rumah makan keluarga ini punya satu menu istimewa yang wajib banget dipesan. Namanya adalah ayam pe cam kee alias ayam rebus yang dibanderol seharga 160 ribu Rupiah. Ukurannya cukup besar dan cocok disantap rame-rame. Daging dengan porsi setengah ekor ayam ini sangat lembut dan semakin menggugah selera karena disajikan bareng telor hitam dan taburan bawang putih goreng.

Alamat: Komplek Taman Harapan Indah, Blok BB No. 4, Jl. Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat

2. Wong Fu Kie

Restoran Hakka yang legendaris ini memang selalu jadi destinasi kuliner wajib bagi keluarga. Pilihan menu yang best seller pun nggak cuma satu lho, ada pe cam kee (ayam rebus), mun kiaw mien (bakmi basah), dan wong san fumak (belut goreng). Harga yang dibanderol untuk setiap porsi makanan legendaris ini, mulai dari 60 ribu Rupiah dan bisa dinikmati 2-3 orang. Suasana restorannya pun nyaman dan hangat banget, pas deh untuk disambangi bareng keluarga.

Alamat: Jl. Perniagaan Timur II No. 22, Toko Tiga, Jakarta Barat

3. Gado-Gado BonBin

Menu yang satu ini selalu ada di perayaan festival Cap Gomeh, apalagi kalau bukan lontong cap gomeh. Dibandingkan dengan lontong sayur pada umumnya memang tidak jauh berbeda. Hanya tampak pada tambahan topping seperti opor ayam, tempe orek, sayur lodeh, telur rebus, dan rendang. Dalam daftar menu lontong cap gomeh ini juga disebut lontong rames karena menggunakan banyak lauk yang dicampur. Untuk level spot makan legendaris, menu ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni 45 ribu Rupiah.

Alamat: Jl. Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

4. Fantasi Ronde

Selain lontong cap gomeh, makanan khas lainnya yang selalu ada adalah onde-onde. Menu yang dimaksud terbuat dari tepung beras ketan dan selai buah yang biasanya disajikan dengan warna-warni yang cantik. Ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai tangyuan atau yuanxiao, tetapi jika berdasarkan deskripsinya, orang Indonesia akan lebih familiar dengan hidangan ronde yang juga disajikan dengan kuah jahe hangat. Kamu bisa mencicipinya dengan merogoh kocek sebesar 15 ribu Rupiah saja per porsinya.

Alamat: Jl. Pesanggrahan Raya No. 54C, Puri, Jakarta Barat

5. Strawberry Pastel Ufo

Untuk menutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek, tak ada salahnya kamu kembali menyajikan kue lapis legit di momen Cap Gomeh ini. Kue yang disebut dengan thousand layer cake ini dipercaya melambangkan rezeki yang berlapis-lapis di tahu yang baru ini. Plus rasanya yang manis menjadi harapan akan perjalanan hidup yang manis pula. Nggak perlu repot-repot bikin, kamu tinggal pesan saja di spot jajan ini dengan cukup menyiapkan budget sebesar 500 ribu Rupiah per loyang.

Alamat: Jl. Seroja No. 6, Tomang, Jakarta Barat

6. A Hwa

Satu lagi kuliner yang selalu disajikan dalam perayaan besar seperti Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh adalah bebek peking. Cara memasaknya terbilang tidak mudah, jadi kamu nggak perlu kok repot-repot mengolahnya dari pagi. Kamu sekeluarga tinggal datang saja ke restoran favorit yang satu ini dan pesan seporsi bebek peking panggang yang disajikan dengan saus hoisin. Ukuran bebek yang cukup besar ini dihargai 160 ribu Rupiah per porsinya.

Alamat: Komplek Taman Duta Mas, Blok C1A No. 19-20, Jl. Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *