Travel

6 Spot Wisata Instagramable Andalannya Traveler Semarang

Libur akhir pekan hampir tiba nih! Jangan sampai kamu kehabisan ide untuk pergi refreshing bersama keluarga dan sahabat. Bergeser ke kawasan Jawa Tengah, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada sebuah kota yang penuh sejarah, yaitu Semarang. Akses menuju kota ini pun sangat mudah, bisa menggunakan bus, kereta api, atau pesawat. Nah, biar nggak kehabisan waktu, mending catat enam destinasi hits nan instagramable berikut yang bisa kamu kunjungi di liburan nanti.

1. Curug Gondoriyo

Curug Gondoriyo yang berada di tengah perkampungan warga jadi destinasi wisata alam yang beda dari biasanya. Curug Gondoriyo hadir dengan satu spot ikonik yang diberi nama Jembatan Mak Comblang. Jembatan ini dibuat dari bambu yang pada bagian atasnya dipasangi payung warna-warni serta lampu taman yang menyala di malam hari. Pemandangan indah dari curug dengan air terjun setinggi 25 m ini bisa kamu nikmati dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari kota Semarang.

Alamat: Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang

HTM: Rp 10.000,-

2. Ayana Gedong Songo

Berada dalam kawasan Candi Gedong Songo, ada satu tempat yang sengaja dirancang untuk kamu yang suka sekali dengan wisata alam yang instagenic. Ada beberapa spot foto kece yang bisa kamu abadikan seperti tenda gelembung, sofa tengah kolam, balon udara, dan aneka kursi-kursi santai nan unik. Pemandangan pegunungan yang asri pun jadi latar yang bikin nyaman dan betah banget berlama-lama di sini.

Alamat: Tlogosari, Banyukuning, Bandungan, Semarang

HTM: Rp. 20.000,- (dewasa) & Rp. 10.000,- (anak)

3. Kampung Pelangi

Tak jauh berbeda dengan penampakan Kampung Pelangi Malang, versi Kampung Pelangi di Semarang ini juga tak kalah kece jadi latar berfoto kamu. Berawal dari rencana perbaikan pasar bunga Kalisari, kampung yang tak jauh berada dari kawasan pasar ini kemudian berubah wajah dari kumuh menjadi sangat indah. Nah, jadi bukan dengan sengaja kampung ini dijadikan kawasan wisata ya. Sempatkan berkunjung ke sini saat liburan karena kamu juga ikut membantu menaikkan taraf hidup warga setempat, lho.

Alamat: Jl. Dr. Sutomo No.89, Randusari, Semarang Selatan, Semarang

HTM: Rp. 5.000,-

4. Kampung Talun Kacang

Destinasi wisata unik yang satu ini berada di kawasan Waduk Jatibarang searah dengan jalur wisata Goa Kreo. Terdapat 15 spot foto unik seperti spot salju, spot sakura, spot awan, dan spot balon udara yang semakin indah karena memiliki latar pemandangan hutan yang hijau dan langit biru yang cerah. Kawasan wisata yang diprakarsai oleh warga desa setempat ini memang mematok biaya untuk foto, yakni 5 ribu Rupiah untuk tiga kali foto. Aneka properti seperti topi, bando, dan boneka pun siap melengkapi foto-foto kamu yang kece.

Alamat: Jl. Talun Kacang, Kandri, Gunung Pati, Semarang

HTM: Gratis

5. Brown Canyon

Hunting lokasi instagramable kadang butuh effort yang lebih nih. Contohnya kalau kamu pergi menepi dari keramaian kota Semarang dan beranjak ke kawasan Rowosari, Tembalang. Panorama alam yang menakjubkan terwujud secara tak sengaja akibat aktivitas penggalian dan penambangan pasir di area ini. Tebing-tebing menjulang tinggi nan eksotik bikin kamu serasa sedang berada di Grand Canyon. Hal yang harus diperhatikan oleh para traveler adalah kawasan penambangan ini masih aktif jadi siap siaga deh dengan debu-debu yang berterbangan dan truk-truk angkut yang lalu-lalang.

Alamat: Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang

HTM: Gratis

6. Taman Indonesia Kaya

Kalau Jakarta punya Galeri Indonesia Kaya, Semarang punya Taman Indonesia Kaya nih. Taman seluas 5.000 meter persegi ini dirancang dengan begitu apik dan semakin tampak indah menjelang malam hari. Air mancur menari dengan warna-warni yang cantik menambah kesan megahnya taman untuk rakyat ini. Taman yang dilengkapi dengan panggung seni pertunjukan terbuka ini sarat akan unsur budaya. Tata lampu di setiap sudut area taman ini cocok banget jadi tempat mengabadikan momen. Ada juga lho patung dan mural yang jangan sampai kamu lewatkan.

Alamat: Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan, Semarang

HTM: Gratis

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *