Music

Bikin Bangga, 7 Kolaborasi Trio Terbaik di Belantika Musik Indonesia

Perkembangan musik di Indonesia kini tak hanya diwarnai dengan prestasi para penyanyi solo atau grup band. Selain vokal grup yang tiap personilnya punya karir yang tak kalah keren, kini juga sedang trennya para musisi melakukan kolaborasi. Baik antara penyanyi, penyanyi dan pemain musik, atau bisa juga para produsernya. Kalau satu personil saja sudah menciptakan karya musik yang wah, bagaimana jadinya ya kalau digabungkan menjadi trio? Yuk langsung simak saja tujuh kolaborasi tiga musisi terbaik di Indonesia ini.

1. GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika)

Vokal grup bernama GAC yang diambil dari gabungan nama mereka ini mulai dikenal sejak video cover lagu di YouTube mereka viral. Awal mulanya sih hanya Tapiheru bersaudara, yakni Gamal dan Audrey saja. Namun, karena selera musik yang sama dan melihat potensi menjanjikan dari mereka berdua, maka Cantika pun memutuskan untuk bergabung bersama Gamal dan Audrey. Ketiganya pun sepakat membentuk trio dengan genre pop dan R & B yang kental. Sejak debutnya hingga kini, GAC telah berhasil menyabet berbagai penghargaan dan juga didapuk untuk membawakan soundtrack dari beberapa film seperti Cek Toko Sebelah.

2. AIR (Afgan, Isyana, Rendy)

Sejak akhir tahun 2018, kolaborasi epic dari tiga penyanyi muda ini memang langsung mencuri perhatian. Single Heaven yang dibawakan ketiganya, berhasil diputar sebanyak 1 juta kali di Spotify dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Lagu andalan dari album studio kelima Afgan ini memang menjadi awal mula dari project AIR (singkatan nama mereka) yang kini digarap semakin serius. Ketiganya pun menjanjikan akan muncul mini album AIR berisi berbagai lagu yang diproduksi dengan treatment khusus seperti lagu Feel So Right yang pastinya jadi favorit kamu saat ini kan!

3. Trio Lestari (Glenn Fredly, Sandy Sondoro, Tompi)

Bukan cuma generasi 90-an nih yang klepek-klepek sama suara ketiga penyanyi pria ini. Kamu yang baru mendengarkan lagu kolaborasi ketiganya pun dijamin berjoget dan bakal nyanyi bareng deh. Yup lewat lagu Gelora Cintaku, ketiganya hadir dengan musik yang fresh serta tampilan yang keren banget. Dalam setiap performance-nya, mereka bertiga kompak mengenakan setelan jas rapi, topi, dan kacamata. Selain dibuat bernostalgia dengan suara merdu ketiganya yang langsung menghujam jantung, chit-chat seru mereka di atas panggung juga jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, lho!

4. Dekat

Terdengar asing dengan nama Dekat? Namun, tidak dengan personilnya, lho. Kamga, Tata, dan Chevrina yang dulu bergabung dalam grup vokal Tangga, sejak tahun 2014 mulai menggarap musik yang sesuai dengan karakter mereka yakni pop modern. Kalau dengar sekilas sih, kamu akan menyadari dan bisa membandingkan genre musik yang dibawakan Tangga dulu dengan yang dibawakan Dekat saat ini. Keberanian mereka menyuarakan gagasan musik dari hati ini terbukti lewat dua mini album, yaitu Lahir Kembali dan Meranggas. Kini masih secara independen, Dekat telah mengeluarkan album berjudul Numbers yang beredar secara digital pada akhir tahun 2018 yang lalu. Dekat pun berhasil masuk nominasi AMI Awards 2018, lho dalam kategori Karya Produksi Grup Vokal Terbaik. Keren ya!

5. Yovie, Tulus, Glenn

Siapa hayo yang ikut larut dalam music video Adu Rayu? Pantas saja kamu dibuat baper karena dibalik karya yang spektakuler ini ada lirik yang menyentuh dari penyanyi Tulus dengan balutan musik yang indah dari musisi Yovie Widianto. Faktor X yang bikin kolaborasi musik ini semakin keren adalah karena tak hanya Tulus saja yang mengisi suara, tetapi juga penyanyi pria paling romantis di Indonesia, yakni Glenn Fredly. Banyak pendengar yang setuju kalau ketiganya melanjutkan kolaborasi ini dalam sebuah series atau film yang merupakan kisah lengkap dari lagu Adu Rayu ini. Siap menunggu kan? Awas baper ya!

6. Laleilmanino (Lale, Ilman, Nino)

Tiga cowo ganteng ini memang bukan gabungan dari kalangan penyanyi. Mereka bertiga bergabung bersama menjadi produser dan song writer. Beberapa artis yang sukses diorbitkan di antaranya Ahmad Abdul, Marion Jola, Kiki Juliar, Nafa Urbach, Lalahuta. dan Nadhira. Sejak tahun 2014, Lale dan Ilman Maliq & D’essentials serta Nino RAN ini menjadi kunci dibalik suksesnya lagu-lagu hits zaman sekarang. Sebut saja lagu Jangan, Terburu Cinta, dan Kereta Kencan. Tak bisa dipungkiri kalau MTV, radio, dan lagu-lagu 90-an menjadi inspirasi mereka untuk berkarya. Nah, kira-kira ada nggak nih lagu favorit kamu?

7. 3 Composers (Tengku Shafick, Bemby Noor, Mario Kacang)

Masih dari kolaborasi hits maker, 3 Composers memang sedikit asing namanya di telinga. Namun, kalau kamu mendengar satu lagunya yang berjudul Salah Benar, kamu akan dibuat takjub karena lagu tersebut merupakan gabungan lirik-lirik dari hits lagu yang pernah mereka ciptakan. Sejak akhir 2012, perkenalan ketiga pencipta lagu lewat sosial media ini telah melahirkan lagu-lagu yang kece dengan lirik yang relate dengan kisah cinta banyak orang. Sambutan yang baik dari para pendengar musik di Indonesia pun bikin grup vokal ini terus berkarya hingga saat ini.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *