Viral

Berani Mampir? Ini Dia 7 Lokasi Angker di Bandung yang Disambangi Tim Jurnalrisa

September 2017, Risa Saraswati yang lebih dulu dikenal sebagai vokalis dari band Homogenic dan Sarasvati ini mulai membagikan kisah hidupnya yang unik lewat platform YouTube. Kemampuannya untuk berkomunikasi dengan hantu menjadi highlight yang ingin diangkat dari channel yang bernama jurnalrisa ini. Cerita hidupnya yang tak biasa ini juga pernah dituangkan dalam bentuk novel, yaitu Danur yang berkisah tentang teman masa kecilnya yang diberi julukan Peter CS. Setelah banyak video diunggah, Risa pun mengajak beberapa sepupunya untuk turut dalam tim jurnalrisa, yakni Angga, Rai, Riri, Kakang, Gemma, Niko, dan Indy. Tanpa adanya unsur rekayasa, kebisaan mereka ini pun jadi ajang ‘curhatnya’ para makhluk halus yang masuk ke dalam tubuh mereka. Banyak banget lho lokasi angker di Bandung yang bikin penasaran dan sudah mereka ungkap cerita unik dibaliknya, seperti tujuh lokasi berikut. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Gedung Panti Karya

Gedung tua yang dibangun tahun 1959 ini berlokasi di pusat kota Bandung. Gedung ini memang sempat beberapa kali dialihfungsikan menjadi gedung perkantoran, bioskop, dan juga restoran. Namun kabarnya, setiap usaha yang menggunakan gedung ini sebagai tempatnya selalu tidak berhasil. Hingga sekarang gedung Panti Karya ini pun terbengkalai dan tidak terpakai lagi. Banyaknya cerita-cerita misteri yang beredar dibuktikan langsung dengan kedatangan tim jurnalrisa. Dalam penelusurannya mereka bertemu dengan sosok anak kecil yang menunggu orang tuanya dijemput serta sosok wanita yang mati bunuh diri. Di balik cerita seram itu ternyata ada banyak hal yang bisa kita ambil pelajaran hidupnya lho, guys!

2. Jalan Tongkeng

Salah satu jalan yang terkenal angker di Bandung ini juga punya cerita mistis yang unik. Mitosnya di jalan ini selalu terdengar derap tentara tanpa kepala yang sedang berkuda. Selain itu, kabarnya untuk memanggil tentara itu datang, kita tinggal meniupkan peluit saat tengah malam. Memang sejak zaman dahulu, jalan ini terkenal seram karena masih terbilang sepi. Namun menurut penelusuran tim Jurnalrisa, mereka tidak menemukan sosok tentara tanpa kepala, tetapi hanya merasakan banyak kuntilanak yang ada di sekitar jalan ini. Hingga saat di akhir scene, Indy pun sempat didatangi oleh sosok kuntilanak dengan rambut yang sangat panjang.

3. Jembatan Cincin

Di balik keanggunan jembatan cincin ini, tersembunyi kisah mistis yang pastinya menarik untuk diulik. Jembatan yang menjadi penghubung desa Cikuda dengan desa Cisaladah, Jatinangor, Sumedang ini dibangun sekitar tahun 1918 oleh perusahaan kereta api milik pemerintahan Belanda. Menurut sejarah, saat pembangunan jembatan ini cukup banyak memakan korban, yakni para pekerja saat itu. Konon, banyak juga orang-orang yang diganggu saat melewati jembatan ini. Kalau hasil penelusuran tim Jurnalrisa sendiri, ada beberapa sosok yang bisa dideteksi seperti suara tangisan dari sosok perempuan yang mati bunuh diri dalam keadaan mengandung. Indy pun sempat ditempeli oleh mahkluk astral yang energinya begitu kuat dan mengikuti mereka saat sedang berjalan hingga akhirnya dia tumbang dan pingsan. Buat kalian yang lewat jembatan ini untuk tetap berhati-hati dan pikiran tetap fokus, ya!

4. Jalan Cipaganti

Salah satu jalan yang cukup terkenal di kota Bandung ini ternyata menyimpan banyak cerita seram. Menurut sejarah, jalan ini termasuk jalan yang cukup ditakuti karena merupakan komplek rumah kaum bangsawan Belanda. Berdasarkan kisah nyata Risa, ia pernah diperlihatkan oleh sosok perempuan yang sedang berdiri di pinggir jalan saat hujan deras. Namun ternyata saat Risa semakin dekat, sosok perempuan ini mempunyai tangan yang patah dengan penuh luka dan menatapnya dengan mata melotot. Kalau menurut mitos yang beredar, ada sosok pendekar yang lagi-lagi tanpa kepala sering terlihat di sekitar jalan ini. Faktanya, saat jalan ini sudah lebih ramai jusru lebih banyak hantu korban kecelakaan yang berada di Cipaganti ini.

5. Curug Dago

Penelusuran selanjutnya yang tak kalah seru adalah saat tim Jurnalrisa berada di salah satu tempat wisata alam yang cukup terkenal, yaitu Curug Dago. Sulitnya medan menuju ke lokasi menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Hasil penelusuran yang mereka temukan adalah bertemunya dengan sesepuh tempat itu serta sosok yang terjun dari atas dan mengajak siapa pun untuk loncat. Tempat ini punya nilai sejarah yang cukup kuat karena pernah menjadi tempat meditasinya Raja Siam asal Thailand yang ditandai dengan sebuah prasasti batu di curug ini. Nah, untuk yang berkunjung ke tempat ini diimbau untuk tidak berkata kotor, jangan mengambil benda sekecil apapun, jangan menyebutkan kata terlarang, serta tetap ikut merawat dan menjaga seluruh fasilitas tempat wisata ini.

6. Jalan Siliwangi

Siapa yang nggak tahu mitos Jalan Siliwangi ini? Jalan yang paling terkenal angker di Bandung ini menyimpan cerita horor. Mitosnya ada hantu anak kecil yang dilambangkan dengan boneka-boneka yang digantung di pohon sepanjang jalan ini. Kalau menurut kisah nyata Risa yang pernah ditulis di bukunya, yaitu ia pernah melihat anak kecil berbaju daster malam hari saat ia menyetir. Anak kecil itu terlihat beberapa kali hingga akhirnya terlihat di dalam mobil Risa lewat kaca spion. Nah, kalau sekarang sih kalian nggak perlu takut lagi melewati jalan ini karena sudah ada tempat wisata kota yang hits dan instagramable, yaitu Teras Cikapundung.

7. Museum Sri Baduga

Mungkin kalian pernah berkunjung ke museum di siang hari, tapi pernahkah kalian berkunjung ke museum saat malam hari? Nah, kali ini tim Jurnalrisa melakukan penelusuran di salah satu museum sejarah yang mengungkap banyak cerita saat masa perjuangan di kota Bandung. Mereka pun berhasil mendapatkan banyak penemuan di antaranya sosok Belanda yang mahir berbahasa Sunda dan dianggap sebagai pribumi di Indonesia karena silsilah keluarganya. Ada juga sosok ibu-ibu yang berkacamata, sosok yang tertawa dan menangis, serta sosok dari luar museum yang merupakan korban kecelakaan. Pelajaran yang bisa diambil dalam penelusuran kali ini adalah saat kita hidup kita masih bisa bersama, tetapi saat nanti tiba waktunya kita dipanggil yang Maha Kuasa kita harus mempertanggungjawabkan perbuatan kita sendiri-sendiri.

Nah, apakah kamu penonton setia Jurnalrisa setiap malam Jumat? Tempat mana nih yang sudah pernah kamu buktikan sendiri keangkerannya?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *