Home Music Super Talented, Ini Dia 7 Cover A Cappella Terpopuler di YouTube

Super Talented, Ini Dia 7 Cover A Cappella Terpopuler di YouTube

YouTube sebagai platform media sosial terpopuler saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para musisi untuk mengunggah karyanya. Hampir semua genre musik bisa kamu temukan di YouTube. Tak hanya musisi profesional saja lho, banyak juga yang mengunggah video cover lagu yang hasilnya tak kalah bagus dengan aslinya. Nah, kalau tujuh musisi ini merupakan grup vokal atau solo yang dalam setiap cover lagunya punya ciri khas akapela. Siapa aja ya? Yuk baca ulasan lengkapnya berikut.

1. Pentatonix

Pentatonix atau PTX merupakan grup akapela yang menjadi pemenang The Sing-Off season 3 pada tahun 2011. Awalnya grup vokal asal Texas ini terdiri atas Mitch Grassi, Scott Hoying, Kirstie Maldonado, Avi Kaplan, dan Kevin Olusola. Sejak tahun 2012, PTX sudah banyak mengeluarkan album di antaranya PTX Vol. I, PTXmas, PTX Vol. II, PTX Vol. III, dan A Pentatonix Christmas. Selama perjalanan kariernya, Pentatonix telah memenangkan tiga kali Grammy Awards untuk beberapa kategori, yaitu Best Arrangement, Instrumental or A Cappella, dan Best Country Duo/Group Performance. Tahun 2017 menjadi tahun yang cukup berat karena salah satu personil PTX, yaitu Avi Kaplan memilih bersolo karier dan posisinya digantikan oleh Mathew Sallee. Kini, setelah 8 tahun berkarya, PTX pun berhasil mengadakan World Tour mereka yang pertama.

2. VoicePlay

Masih dari ajang The Sing-Off, VoicePlay merupakan peserta dari season ke-4. Grup vokal ini beranggotakan lima pria tampan, yaitu Tony Wakim, Eliezer Jacobson, Layne Stein, Geoff Castellucci, dan Earl Elkins, Jr. Kemampuan memadukan suara tenor dan bass mereka menghasilkan karya musik yang nggak boleh dilewatkan. Beberapa playlist yang bisa kamu dengarkan, yaitu voiceplay disney, voiceplay top 10, dan voiceplay acappella cover lainnya. Grup vokal asal Orlando ini punya empat kata andalan yang menggambarkan diri mereka, yaitu original, imaginative, ridiculous, dan a cappella (Origimagidiculous). Baru-baru ini mereka diberi kehormatan dan masuk menjadi finalis dalam Shorty Award ke-11 yang merupakan penghargaan untuk para influencer di media sosial.

3. BYU Noteworthy

Grup akapela BYU Noteworthy ini terdiri atas 9 member perempuan. Seperti namanya, mereka berasal dari Brigham Young University (BYU). Grup vokal ini pernah menjadi pemenang dalam kejuaraan internasional Collegiate A Cappella (ICCA) pada tahun 2007. Selain beberapa cover lagu di YouTube, BYU Noteworthy juga pernah tampil di The Sing Off pada tahun 2009. Kalau BYU Noteworthy merupakan versi perempuan dari grup akapela BYU, ada juga lho versi grup akapela prianya, yaitu BYU Vocal Point.

4. Mike Tompkins

Musisi asal Kanada ini telah cukup lama berkarya sebagai penyanyi akapela. Hanya bermodal dengan mulut dan suaranya saja, Mike serius menggarap setiap video cover lagunya sehingga menghasilkan musik yang harmonis. Sejak berusia 13 tahun, ia sudah mulai memproduksi musik dan menciptakan lagu. Sebagai seorang seniman independen, ia pernah tampil di Today Show dan The Ellen DeGeneres Show. Pada tahun 2015 tepatnya di acara YouTube Fanfest Indonesia, grup vokal muda GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika) mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan Mike dan membawakan lagu Stronger. Momen tersebut ternyata menjadi kolaborasi pertama Mike dengan kreator YouTube Indonesia.

5. Kurt Hugo Schneider

YouTuber multitalenta yang sering disebut dengan inisial KHS ini populer dengan berbagai cover lagu hasil kolaborasi bersama YouTuber lainnya. Sam Tsui merupakan salah satu penyanyi atau YouTuber yang sering banget berkolaborasi dengannya. Selain suara yang bagus, video klip yang keren, KHS juga selalu memikirkan instrumen apa saja yang akan dipakainya. Salah satu yang tak biasa adalah suara tepuk tangan. Dalam beberapa cover lagunya, permainan tepukan tangan dari empat talent di video klip sangat pas sebagai latar musik ala akapela yang begitu harmonis.

6. Pitch Slapped

Grup akapela yang didirikan pada tahun 2006 ini termasuk salah satu yang populer di negeri asalnya, Amerika. Mereka mewakili Berklee College of Music yang sangat bergengsi di Boston, Massachusetts. Berbagai genre musik seperti pop, rock, dan r&b sukses dieksekusi dalam berbagai cover lagu yang mereka tampilkan. Pitch Slapped juga pernah memenangkan kejuaraan internasional Collegiate A Cappella (ICCA) pada tahun 2011 dan 2014. Ketenarannya terbukti dengan penampilan mereka di program The Sing Off pada tahun 2010 dan America’s Got Talent pada tahun 2015.

7. Citizen Queen

First opener dalam Pentatonix World Tour #PTXTheWorldTour ini merupakan grup vokal yang berisi lima gadis cantik, yaitu Kaedi Dalley, Hannah Mrozak, Nina Nelson, Kaylah Sharve’, dan Cora Isabel. Berasal dari Los Angeles, grup vokal akapela dengan genre pop/R&B ini ternyata diproduseri oleh salah satu anggota Pentatonix, yaitu Scott Hoying. “Saya merasa seperti ayah paling bangga di seluruh dunia,” kata Scott saat debut pertama mereka di awal tahun 2019 yang lalu. Banyak yang bilang kalau beberapa hasil cover lagu mereka justru lebih bagus daripada penyanyi aslinya, lho.

Related Articles

1 comment

Ilyas -

Boleh tuh

Reply

Leave a Comment