Home Food Bikin Nagih, Ini Dia 6 Bakmi Asal Korea Selatan yang Wajib Kamu Cicipi

Bikin Nagih, Ini Dia 6 Bakmi Asal Korea Selatan yang Wajib Kamu Cicipi

Bepergian ke segala penjuru daerah di kawasan Asia pasti kamu akan menemukan menu bakmi khas yang lezat, termasuk kalau kamu mampir ke Korea Selatan. Ada banyak varian bakmi dengan racikan bumbu yang berbeda-beda plus cara penyajian yang berbeda-beda pula. Namun, sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh bertandang langsung ke sana. Di Jakarta dan kota-kota besar lainnya sudah banyak bermunculan restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Korea Selatan dengan desain interior ruangan yang mendukung pula. Nah, kira-kira bakmi apa saja sih yang ternyata sudah banyak bikin penggila kuliner ketagihan? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Jajangmyeon

Jajangmyeon dikenal sebagai mie hitam asal Korea. Menu lezat ini terbuat dari tepung gandum yang disajikan dengan saus pasta dari olahan kacang kedelai hitam yang dicampur dengan bawang merah dan daging cincang. Menurut sejarah, jajangmyeon berhubungan dengan harinya para jomblo yang dilambangkan dengan warna hitam, yakni simbol kesedihan akan putus cinta.

2. Ramyeon

Kalau kamu penggemar drama Korea alias drakor pasti sudah tak asing lagi dengan mie yang satu ini. Langsung disantap hangat-hangat dari panci tempat memasaknya, ramyun jadi mie Korea yang cukup ikonik. Penampakannya sih seperti mie rebus pada umumnya, tetapi sensasi yang dihadirkan pastinya berbeda dari biasanya. Apalagi dengan cita rasa pedas ala bumbu Korea yang nikmat banget. Bikin ketagihan deh!

3. Budae Jigae

Tak jauh beda dengan ramyun, ada satu jenis bakmi lagi yang nikmat disantap selagi hangat. Yup, budae jigae ini merupakan menu rebusan atau stew dengan berbagai isian dan topping yang melimpah. Mulai dari mie instan ramyun, aneka sayuran, makaroni, sosis, tteok, dan fish cake. Semua isian tersebut disajikan dalam panci berisi kuah sup berbumbu kimchi dan gochujang. Biasanya menu ini tidak dinikmati sendiri, tetapi menjadi menu sharing 2-3 orang.

4. Japchae

Kalau dilihat dari penampilannya, menu bakmi yang satu ini mirip dengan bihun asal Indonesia. Begitu pula dengan cita rasanya yang tak jauh beda dan tetap cocok di lidah. Japchae merupakan soun yang dimasak dengan berbagai jenis sayuran seperti wortel, paprika, jamur, dan kol. Tak lupa tambahan irisan daging sapi dan sentuhan bawang bombay yang bikin rasanya terasa menggoda. Kunci kenikmatan dari sajian ini terdapat pada minyak wijen yang digunakan untuk menumis bumbu.

5. Naengmyeon

Setelah semua hidangan bakmi hangat, tak ada salahnya kalau kamu mencoba sajian unik dari Korea yang lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin. Menu naengmyeon yang terbuat dari mie gandum ini tersaji dengan kuah kaldu sapi atau kaldu ayam dingin. Dalam semangkuk naengmyeon akan ada irisan timun, lobak, dan telur rebus. Agar rasanya semakin nikmat, kamu juga bisa menambahkan saus gochujang ke dalamnya. Wah, nikmat nih disantap pas cuaca lagi panas.

6. Samyang

Siapa sih yang nggak tahu mie samyang. Mie Korea dengan rasa yang super pedas ini menjadi sajian yang begitu populer, khususnya di Indonesia. Apalagi dengan adanya fenomena samyang challenge beberapa waktu yang lalu. Walaupun rasanya pedas, tetapi siapa saja yang mencoba pasti dibuat ketagihan karenanya. Berbagai inovasi samyang pun bisa kamu dapatkan di beberapa tempat makan, seperti samyang tteokbokki.

Related Articles

Leave a Comment