Home Travel 5 Kawasan Wisata Populer dengan Gunung Berapi Aktif di Indonesia

5 Kawasan Wisata Populer dengan Gunung Berapi Aktif di Indonesia

Belakangan ini Indonesia dihebohkan dengan fenomena alam yang mengejutkan di beberapa spot wisata terkenal. Beberapa gunung di kawasan pulau Jawa mengalami erupsi dan membuat lokasi wisata di sekitarnya ditutup sementara. Nah, deretan lima gunung berikut merupakan gunung berapi aktif yang masih menjadi kawasan pendakian dan spot wisata para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.084 mdpl ini dikelilingi oleh hamparan kebun teh dan pohon pinus. Tangkuban Perahu dikenal dari sebuah legenda bernama Sangkuriang. Gunung yang berstatus gunung api aktif ini memang menunjukkan aktivitasnya dengan munculnya gas belerang. Pada Jumat (26/7), Gunung Tangkuban Perahu kembali bergejolak dan mengalami letusan freatik, yakni letusan yang tekanannya berasal dari pemanasan air tanah di bawah dasar kawah. Walaupun merupakan fenomena alam yang normal, tetapi warga dan wisatawan masih diimbau untuk tidak beraktivitas atau menginap di kawasan Tangkuban Perahu.

2. Gunung Bromo

Beralih ke Jawa Timur, terdapat satu objek wisata utama yang selalu jadi destinasi wajib liburan para pelancong. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini dipercaya sebagai gunung yang suci oleh masyarakat sekitar. Yup, Gunung Bromo yang merupakan gunung berapi aktif ini berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Tak jauh berbeda seperti Tangkuban Perahu, Gunung Bromo juga mengalami letusan pada 19 Juli 2019 yang lalu. Erupsi tersebut memberikan dampak gempa tremor dan hujan abu vulkanik. Warga sekitar pun tidak diperbolehkan untuk memasuki kawasan Gunung Bromo dengan radius 1 km.

3. Gunung Agung

Gunung tertinggi di pulau Bali ini beberapa waktu lalu sempat mendapat perhatian penuh dari pemerintah Bali. Gunung Agung dengan ketinggian 3.031 mdpl ini terletak di Rendang, Karangasem, Bali. Selain pendakian ke puncak Gunung Agung, lokasi Pura Besakih yang ada di lereng gunung ini juga menjadi spot wisata yang menarik. Gunung berapi aktif dengan kawah yang besar ini terkadang masih mengeluarkan asap dan uap air. Gunung yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa ini pada Juli 2018 kembali mengalami erupsi. Lava pijar pun menyembur dari puncak gunung dan membakar hutan di sekelilingnya. Hal tersebut mengakibatkan guyuran abu vulkanik yang cukup mengganggu kegiatan warga, khususnya penerbangan dari dan ke Bali.

4. Gunung Ijen

Ijen lebih terkenal dengan danau kawahnya yang berwarna hijau tosca dan fenomena blue fire. Namun, juga terdapat Gunung Ijen yang merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.779 mdpl. Berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, Gunung Ijen kembali mengalami erupsi dan keluarnya gas beracun dari kawah Ijen. Pada Maret 2018, erupsi Gunung Ijen menyebabkan munculnya asap berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Gempa juga sempat beberapa kali terjadi dalam kurun waktu satu bulan dari akhir Februari hingga akhir Maret.

5. Gunung Papandayan

Untuk warga Jawa Barat pasti sudah tak asing lagi dengan kawasan pendakian Gunung Papandayan ini. Lokasinya berada di Garut, Cisurupan, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.655 mdpl ini memiliki beberapa kawah yang mengeluarkan uap panas dari dalamnya. Kawah Papandayan merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif. Beberapa kali letusan juga pernah terjadi dan yang terakhir terekam adalah pada Mei 2013. Saat itu status Gunung Papandayan naik menjadi Siaga dengan peningkatan aktivitas gunung yang terdeteksi dengan banyak gempa yang terjadi.

Related Articles

2 comments

Soma Wiguna -

Artikel ini memberikan inspirasi.

Reply
Al -

Ok

Reply

Leave a Comment