Carrier

Nggak Mau Depresi? Jangan Pilih 5 Pekerjaan Ini Ladies!

Tuntutan hidup yang semakin berat khususnya di kota-kota besar membuat tak hanya suami saja yang sibuk bekerja. Banyak wanita yang rela untuk tetap memilih jalan hidup sebagai wanita karier, meskipun mereka sudah berstatus sebagai ibu rumah tangga. Namun pekerjaan yang dipilih bukan hanya full time job saja, beberapa wanita lebih memilih freelance job yang bisa dikerjakan sembari mengurus pekerjaan rumah tangga. Hal tersebut yang terkadang memicu tingkat stres para wanita di tempat kerja. Beragam penyebab lainnya juga bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang seperti beban pekerjaan, hubungan antarkaryawan, hubungan dengan atasan, atau lokasi tempat kerja dengan rumah. Wah benar nggak sih lima pekerjaan ini rentan depresi untuk wanita? Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Guru

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Pekerjaan yang diembannya sudah pasti tidaklah mudah. Tugas untuk mencerdaskan anak bangsa dengan segudang tanggung jawab, mulai dari mengajar, membuat perangkat belajar, hingga membina hubungan dengan orang tua murid, terkadang bikin pusing kepala. Selain guru di sekolah formal, wanita dan ibu rumah tangga juga sering kali mengambil pekerjaan sebagai guru di sekolah non formal seperti guru bimbingan belajar, guru mengaji, dan guru ekstrakulikuler.

2. Penulis

Sebagian besar penyebab stres dan depresi para pekerja kreatif seperti penulis adalah penghasilan yang tidak menentu. Waktu kerja yang fleksibel memang jadi poin plus yang kerap kali diincar freelancer yang memilih pekerjaan ini. Namun, ternyata ada juga poin negatif yang bikin orang enggan terjun di dunia ini. Tuntutan gaya hidup yang tinggi berbanding terbalik dengan tawaran pekerjaan yang tak menentu. Kalau kamu nggak pintar-pintar mengatur keuangan, bisa-bisa bukannya dapat untung malah dapat capeknya aja nih.

3. SPG

Kesulitan ekonomi di Indonesia jadi tantangan tersendiri untuk setiap individu. Terkadang walaupun masih di usia muda, banyak yang sudah mencari pekerjaan jenis apa pun untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu pekerjaan yang paling diminati dan banyak dibuka lowongannya adalah spg atau sales promotion girl. Pekerjaan ini sering dipandang sebelah mata, salah satunya karena pakaian yang seksi. Alasan tersebut terkadang membuat kepercayaan diri para wanita menurun. Padahal pekerjaan spg adalah pekerjaan yang halal kok.

4. Pramusaji

Industri F & B atau food & beverage jadi salah satu industri yang sangat berkembang masa kini. Posisi pekerjaan di industri ini pun semakin beragam dengan jumlah lowongan yang banyak seiring dengan bertumbuhnya gerai-gerai makanan. Namun ternyata, orang-orang yang bekerja di dunia kuliner ini berisiko mengalami stres berlebihan hingga depresi. Hubungannya adalah dengan kepuasan customer pada produk atau gerai makanan tempat mereka bekerja. Pokoknya harus ekstra sabar deh dalam menghadapi setiap pesanan pelanggan.

5. Perawat

Buat para wanita yang sudah merasakan menjadi seorang ibu pasti tahu bagaimana sulit dan repotnya merawat anak. Nah, pekerjaan merawat seseorang ini juga sangat dibutuhkan lho, terutama di rumah sakit, panti asuhan, dan panti jompo. Para perawat atau pengasuh ini juga dituntut kesabaran yang ekstra dan tentunya sangat menguras emosi. Oleh karena itu, tak salah jika banyak yang mengalami stres tingkat tinggi hingga depresi karena beban kerja yang tak tertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *