Food

Menggiurkan, 5 Sajian Nikmat dengan Topping Telur Rebus

Empat sehat lima sempurna. Makan nggak hanya asal kenyang nih. Kamu juga jangan lupa perhatikan kandungan gizinya, sudah cukup atau belum. Pilihan aneka makanan dengan nasi memang penting untuk memenuhi kandungan karbohidrat bagi tubuh. Namun, seimbangkan juga nilai gizi protein dan vitaminnya dengan menambahkan sayur-sayuran dan daging. Disadari atau tidak, ada satu item makanan nih yang paling sering ada di segala jenis makanan. Yup, item tak terlewatkan tersebut adalah telur yang merupakan sumber makanan dengan kandungan protein tinggi, yakni 6 g dengan 78 kalori dalam 1 butir telur. Selain protein, kandungan vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya juga terkandung dalam telur. Hayo, siapa yang setiap hari pasti ketemu menu telur? Kira-kira lima menu ini termasuk nggak ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Rawon

Sajian Nusantara yang identik dengan kuah hitam ini berasal dari daerah Jawa Timur. Campuran kluwek yang jadi bumbu utamanya ini dipadukan dengan isian irisan daging sapi yang empuk. Selain disajikan dengan nasi putih hangat, rawon juga selalu disandingkan dengan tauge kecil. Plus yang nggak boleh dilupakan adalah telur asin yang merupakan telur bebek rebus. Nikmat dan komplet banget kan!

2. Lontong Sayur

Instagram.com/salvatore.liz

Lontong jadi salah satu menu sarapan orang Indonesia dengan berbagai varian. Selain lontong sayur, ada juga menu lainnya yang mirip cara penyajiannya, yakni lontong kari, lontong opor, dan lontong cap gomeh. Untuk lontong sayur sendiri, kamu bisa menemui dua jenis dengan rasa yang nggak kalah lezat, yaitu lontong sayur Betawi dan lontong sayur Padang. Irisan lontong dan kuah sayur labu atau nangka ini paling cocok disantap bareng telur ayam rebus. Jangan lupa pakai sambal dan kerupuknya juga ya.

3. Gudeg

Instagram.com/nanakoot_

Menu manis khas Yogyakarta ini punya beberapa topping wajib yang nggak bisa dinego lagi. Sepiring nasi hangat disempurnakan dengan sayur gudeg alias nangka muda, sambal goreng krecek, opor ayam kampung, dan telur pindang. Biar nggak tanggung-tanggung nih nikmatnya, jangan lupa sentuhan terakhir kuah areh alias kuah santan kental di atasnya. Wah, bikin ngiler banget.

4. Gado-Gado

Salad-nya orang Indonesia adalah memang bisa jadi menu makan siang yang mengenyangkan lho. Paduan beberapa jenis sayuran yang direbus disajikan dengan bumbu kacang halus. Biasanya orang akan menyantapnya dengan lontong, nasi, atau kentang rebus. Biar semakin terlihat wah, gado-gado khas Jakarta ini akan dilengkapi dengan topping telur rebus dan kerupuk atau emping.

5. Bubur Ayam

Selain suwiran ayam, cakwe, dan kacang kedelai, bubur ayam sering juga dipadukan dengan aneka sate seperti sate telur, ati ampela, dan usus. Kalau dengan telur puyuh sudah biasa, kira-kira kamu pernah nggak cobain bubur ayam dengan telur rebus kecap? Wah, jangan salah kenikmatan yang dihadirkan juga nggak kalah menggoda nih. Wajib banget untuk dicicipi.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *