Travel

6 Spot Foto Mandatory Unik di Kawasan Wisata Kutai Kartanegara

Pasti udah tahu semua kan terkait rencana pemindahan ibukota Jakarta ke pulau Kalimantan, tepatnya di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara. Nah, hal tersebut langsung saja membuat siapa pun menelisik lebih dalam tentang potensi besar dari daerah yang dimaksud. Salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas adalah soal tempat wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sekitarnya. Ibu kota baru yang lebih kece menjadi harapan semua masyarakat Indonesia. Yuk, sebentar kita menjelajahi keindahan Kutai Kartanegara lewat spot-spot foto paling wajib di sana.

1. Ladang Budaya

Ladang Budaya atau Ladaya merupakan salah satu destinasi wisata di Tenggarong. Kamu cukup menyiapkan budget sebesar 10 ribu Rupiah untuk tiket masuk dewasa dan 5 ribu Rupiah untuk tiket masuk anak-anak. Ladaya yang ada sejak tahun 2015 ini buka sejak pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Beberapa wahana yang ada di sini di antaranya outbound, mini zoo, dan paint ball. Satu lagi yang paling hits dan cocok jadi spot foto wajib nan instagramable, yakni tepat di depan fasilitas penginapan yang disebut Rumah Odah Rehat. Dereta rumah kayu dengan atap menjuntai jadi salah satu ikon hits di Ladaya.

Alamat: Jl. H. Bachrin Seman No.RT.12, Mangkurawang, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 

2. Jam Bentong

Jam bentong yang dalam bahasa Kutai berarti jam besar merupakan ikon penting di Tenggarong. Di sekelilingnya terdapat taman yang hijau dan asri. Seperti yang tertulis dengan jelas di salah satu sisinya, jam bentong menjadi visitor center alias pusat informasi pariwisata di Kutai Kartanegara, termasuk Tenggarong. Buat kamu para wisatawan dijamin nggak bakal kebingungan deh, karena di sini kamu bisa mendapatkan brosur atau booklet panduan wisata serta bisa melihat video informasi wisata yang telah disediakan.

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No.16, Timbau, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

3. Bukit Bangkirai

Kawasan wisata alam yang satu ini menyuguhkan pesona hutan hujan tropis yang terbilang masih alami. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni Rp3.500,- untuk dewasa dan Rp1.500,- untuk anak-anak. Jika berkunjung ke sini kamu wajib banget menguji adrenalin sambil berfoto ria di salah satu spot ikonik, yaitu canopy bridge atau jembatan tajuk. Untuk bisa melewati jembatan sepanjang 64 m di ketinggian 30 m ini kamu perlu merogoh kocek sebesar 20 ribu Rupiah. Jembatan ini merupakan jembatan gantung pertama di Indonesia, lho. So, jangan sampai terlewat untuk mengabadikannya ya!

Alamat: Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

4. Museum Mulawarman

Berkunjung ke satu kota yang baru, tak lengkap rasanya kalau belum belajar tentang sejarahnya. Museum Mulawarman inlah yang jadi salah satu ikon penting dalam perkembangan sejarah di Kutai. Harga tiket masuknya hanya Rp2.500,- untuk dewasa dan Rp1.000,- untuk anak-anak. Museum ini merupakan istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun kembali pada tahun 1963 karena bangunan sebelumnya sempat terbakar. Salah satu spot foto wajib di museum ini adalah duplikat Patung Lembuswana yang menjadi lambang Kerajaan Kutai Kartanegara.

Alamat: Jl. Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

5. Pulau Kumala

Banyak yang bilang Pulau Kumala ini seperti Ancolnya Jakarta karena menyediakan banyak wahana permainan untuk keluarga. Ada jet coaster, komedi putar, kereta gantung, dan yang paling penting adalah sky tower setinggi 75 m. Tiket masuknya hanya 2 ribu per orang, dengan tarif tiap wahana yang bervariasi. Dari sekian banyak spot foto menarik, bagian dari Pura Pasak inilah yang wajib kamu abadikan. Ada dua buah patung Lembuswana di bagian kanan dan kiri plus satu patung Lembuswana di bagian tengah.

Alamat: Sungai Mahakam, sebelah barat Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

6. Jembatan Kutai Kartanegara

Seperti halnya di kota-kota besar, jembatan jadi salah satu ikon penting. Jembatan Kutai Kartanegara awalnya dibangun mirip dengan Jembatan Golden Gate di Amerika, tetapi pada November 2011 jembatan ini sempat ambruk. Pada Desember 2015, jembatan ini resmi dibuka kembali dan bisa kembali menjadi penghubung kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang arah Samarinda. Kamu bisa langsung mengambil foto mandatory di sisi jembatan saat siang maupun malam hari.

Alamat: Jl. Sungai Mahakam, Timbau, Kota, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *