Home Film 4 Karya Fenomenal Joko Anwar yang Mengguncang Jagat Perfilman Tahun 2019

4 Karya Fenomenal Joko Anwar yang Mengguncang Jagat Perfilman Tahun 2019

Sineas bertangan dingin yang dikenal karena karya fenomenalnya dalam film Pengabdi Setan ini, semakin menunjukkan taringnya dalam industri perfilman Indonesia. Pada tahun 2019, Joko Anwar kembali menghebohkan dengan karya barunya dalam Bumi Langit Universe yang menyerupai Marvel Cinematic Universe. Kisah para super hero Indonesia ini memulai debut perdananya pada tahun 2019 ini dengan karakter pahlawan legendaris, Gundala. Selain itu, beberapa karya miliknya juga dirilis pada tahun ini. Mau tahu film karya Joko Anwar mana saja yang nggak boleh kamu skip? Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Gundala

Film perdana dari Jagat Sinema BumiLangit ini berhasil menggemparkan dunia perfilman Indonesia. Kisah karakter Gundala ini menjadi cerita pembuka dalam rangkaian kisah superhero Indonesia. Gundala berasal dari komik ciptaan Hasmi yang terbit di tahun 1969 dan untuk kedua kalinya diadaptasi menjadi sebuah film. Seperti halnya Marvel Cinematic Universe, kisah superhero asal Indonesia ini juga dibanjiri dengan aktor dan aktris ternama, seperti Abimana Aryasatya, Tara Basro, dan Ario Bayu.

2. Perempuan Tanah Jahanam

“Kerasa nggak?”

One liner yang diucapkan oleh aktris Asmara Abigail ini memang nggak serem, tapi berasa horornya. Film ini mengisahkan kehidupan Tara Basro dan Marissa Anita yang bertahan hidup di kota besar tanpa keluarga. Semuanya kemudian berubah setelah mereka mendapatkan berita tentang harta warisan di sebuah desa. Yup, Desa Harjosari yang mendadak viral ini jadi awal mula kisah horor besutan Joko Anwar. Lebih epic lagi, sebagai bentuk promosi film, Joko Anwar juga mengadakan nobar di beberapa bioskop tua yang sudah tak terpakai seperti Bioskop Grand Theater Senen.

3. Orang Kaya Baru

Awal tahun 2019 yang lalu, Joko Anwar menelurkan film drama berjudul OKB alias Orang Kaya Baru. Di film ini, Joko Anwar bertindak sebagai penulis naskah. Sesuai dengan judulnya, kisah sebuah keluarga yang dibintangi oleh Cut Mini, Derby Romero, dan Raline Shah ini bermula ketika Ayah mereka meninggal. Keluarga yang awalnya hidup sangat sederhana ini dikagetkan dengan harta warisan peninggalan ayah mereka. Drama keluarga yang cukup related dengan kehidupan sehari-hari ini memang jadi sebuah versi yang berbeda dari ide brilian Joko Anwar.

4. Ratu Ilmu Hitam

Tak pernah kehabisan ide dengan cerita-cerita mistis alias horor, Joko Anwar hadir kembali bersama kisah Ratu Ilmu Hitam. Film yang dibintangi oleh aktris muda jebolan JKT48, yaitu Zara ini diangkat dari film horor legendaris berjudul sama yang rilis di era 1980. Jika dulu film ini mendapat kesan horor yang mendalam karena diperankan oleh Suzzanna, bagaimana ya dengan versi re-make ini?

Related Articles

Leave a Comment