Home Carrier Sering Ngerasa Leha-Leha, Ini 7 Fakta Unik Kehidupan Freelancer

Sering Ngerasa Leha-Leha, Ini 7 Fakta Unik Kehidupan Freelancer

Setuju dong ya, kalau jadi freelancer itu sekarang lagi disukai banget sama banyak anak muda alias kaum millenial. Selain karena memiliki waktu kerja yang fleksibel, dengan menjadi freelancer kita bisa memilih project yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita sendiri. Nah, sebenarnya apa saja sih keunikan freelancer itu? Yuk, simak selengkapnya!

1. Sering ditolak tetapi tetap kuat

Anak-anak freelance pasti udah biasa banget dapat kabar buruk dari calon klien. Buat memulai project, kita harus melewati dulu yang namanya proses persaingan ketat dengan freelancer yang lain. Jadi, harus pintar-pintar deh membuat personal branding, perbanyak portofolio, dan tetap kreatif. Namun sejauh ini, freelancer muda Indonesia kuat-kuat banget sih, tak gentar meski ditolak.

2. Mudah terserang kesepian

Karena kerja sendirian, nggak ada tempat kerja tetap, nggak ada kerjaan dan pemasukan yang tetap juga, jadi sering dilanda kesepian deh. Hari kerja mau main sama teman, eh temannya kerja. Hari libur diajak main sama teman, eh kitanya yang harus ngerjain deadline. Wah, semangat ya!

3. Peka dan selalu percaya diri

Nggak ada alasan buat freelancer untuk tidak percaya diri. Karena sebagai pekerja lepas, kita harus memiliki kepekaan yang tinggi pada lingkungan, penawaran, dan penolakan. Biar apa? Biar kita punya karakter yang kuat dan bisa meyakinkan calon klien kalau kita pantas mendapatkan project dan pantas dibayar sesuai kemampuan kita.

4. Hidup terasa lebih keras

Mumet! Jadi freelancer itu kadang mumet. Harus bayar kosan, bayar uang bulanan listrik, makan, dan menabung untuk masa depan. Belum lagi kalau diajak ngumpul sama teman-teman, makan di kafe, jalan-jalan. Duh, hidup jadi keras tiba-tiba karena penghasilan tidak tetap. Eitts tenang, semua bisa diatur kalau kita lebih disiplin dan berani mengambil risiko.

5. Menjadi manajer bagi diri sendiri

https://www.pexels.com/photo/photo-of-planner-and-writing-materials-760710/

Hal yang paling seru dari seorang freelancer adalah punya jadwal sendiri. Kita bisa bikin jadwal per hari, per minggu, atau per bulan. Kita juga bisa mengatur jam kerja dan tempat kerja kita, misalnya hari ini di kafe, pukul 10.00-15.00 WIB, besok di perpustakaan pukul 13.00-16.00 WIB, besoknya di rumah seharian, besoknya di gunung, di taman, dan sebagainya. Semuanya bisa disesuain dengan budget yang kita punya. Bahkan dalam sehari kita bisa membuat beberapa kerjaan sekaligus kan, tinggal dijadwalkan sesuai keinginan kita. Asyik deh!

6. Kerja dan liburan sama saja

Freelancer sering banget bingung sama kehidupannya sendiri. Pas lagi kerja terasanya liburan. Pas lagi liburan, lho kok bawa-bawa kerjaan? Jangan heran, justru di situlah titik keseruannya.

7. Banyak ilmu dan pengalaman

https://www.pexels.com/photo/pile-of-covered-books-159751/

Bukan rahasia lagi kalau freelancer punya banyak pengalaman. Itu karena kerjanya nggak melulu di dalam ruangan dengan orang yang itu-itu saja dan punya kerjaan bermacam-macam. Plus punya klien yang bervariasi, bikin kita punya banyak pengetahuan tentang sosial dan banyak belajar tentang segala hal yang kita temui. Freelancer jadi lebih banyak punya waktu untuk baca buku juga, lho!

Nah, itulah tujuh fakta unik tentang kehidupan freelancer. Enak kan jadi freelancer?

Related Articles

Leave a Comment