Home Sport Doyan Olahraga Tapi Lagi Datang Bulan? Ini Dia 5 Solusi Jitu Buat Kamu

Doyan Olahraga Tapi Lagi Datang Bulan? Ini Dia 5 Solusi Jitu Buat Kamu

Buat kaum hawa, datang bulan memang sering menyiksa ya. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan kamu untuk berhenti olahraga ya, terutama kamu yang hobi banget sama kegiatan fisik ini. Nah, meski datang bulan menerpa, kamu tetap bisa lho aktif berolahraga. Ini dia solusinya!

1. Pahami kondisi tubuh

Memang sih, jika berolahraga, tubuh menjadi berenergi, massa otot meningkat, dan mood jadi lebih baik. Namun, bagi kamu yang keranjingan olahraga ini, perlu banget untuk memahami kondisi fisik terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Apakah kondisi fisikmu saat datang bulan masih terbilang kuat jika harus berolahraga seperti biasanya?

2. Lakukan pemanasan

Mau datang bulan atau tidak, pemanasan adalah hal yang paling penting sebelum berolahraga. Pemanasan yang baik bisa mencegah risiko cedera, memperlancar peredaran darah, menjaga tulang dan persendian, dan meningkatkan fokus juga. Saat melakukan pemanasan, pikiran dan tubuh kita dalam keadaan tenang dan terjaga. Jadi, jangan lupa pemanasan ya!

3. Pilih olahraga yang tepat

Olahraga memang bagus sekali untuk dilakukan saat datang bulan, karena bisa meredam kram perut dan melancarkan haid biar teratur. Namun jangan lupa juga, setelah melakukan pemanasan, kamu perlu memilih olahraga yang tepat untuk dilakukan saat sedang datang bulan. Misalnya, menari, pilates, yoga, atau bersepeda. Kembali lagi, sesuaikan dengan kondisi fisikmu ya, jangan dipaksa hanya karena suka padahal fisikmu sedang tidak mampu menerima.

4. Persiapkan obat nyeri untuk antisipasi

Meski bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan dan tanpa pengawasan dokter, obat nyeri haid ini boleh lho kamu bawa sebagai antisipasi jika mendadak nyeri haid kambuh. Bisa karena salah gerak saat berolahraga atau ada gangguan hormon. Obat nyeri haid yang diminum bisa berupa pil dari dokter atau jamu kunyit asam.

5. Menjaga pola makan

Jika kamu bisa tetap rutin berolahraga selama datang bulan bagaimana pun keadaannya, berarti tinggal menjaga makannya saja nih. Hindari makanan berlemak dan asin-asin ya. Jangan lupa makan makanan berserat tinggi dan mengganti camilan tidak sehat dengan yogurt, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar.

Itu dia solusi untuk kamu yang doyan olahraga meski sedang datang bulan. Always healthy guys!

Leave a Comment