Home Education Mau Kuliah Tapi Sebel Hitung-Menghitung? Intip 7 Jurusan Perkuliahan Ini Buat Kamu

Mau Kuliah Tapi Sebel Hitung-Menghitung? Intip 7 Jurusan Perkuliahan Ini Buat Kamu

Buat sebagian orang, hitung-menghitung adalah mata pelajaran yang bisa bikin jiper. Ketemu Matematika, rasanya sudah mau menyerah sebelum berperang saja. Belum lagi Fisika dan Kimia dengan segabrek rumusnya atau Akuntansi dengan persoalan debit kredit dan neraca. Oh, rasanya langsung bikin pusing kepala. Keadaan yang demikian, pasti bikin kamu jadi berharap buat lekas say bye-bye sama mata pelajaran yang ada unsur hitung-menghitungnya, ya kan? Hmm… jadi baiknya lanjut ke jurusan apa ya pas kuliah nanti? Yuk simak informasi berikut.

1. Bahasa dan Sastra

Jurusan ini biasanya terdapat di Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Sesuai dengan nama jurusannya, di sini kamu akan lebih fokus belajar tentang bahasa dan sastra, seperti drama, puisi, hingga penulisan ejaan, dan gaya penulisan yang sesuai dengan kaidah yang ditetapkan. Bahasa dan sastra yang bisa kamu pelajari pun beragam. Kamu bisa memilih sastra Indonesia, sastra daerah, atau sastra bahasa asing.

2. Ilmu Komunikasi

Memilih jurusan ini bisa bikin kamu lega karena nggak akan bikin kamu ketemu sama rumus-rumus beserta turunannya. Di jurusan ini, kamu bakal belajar banyak soal public speaking, seluk beluk media hingga proses produksi programnya. Nggak cuma itu, kamu juga bakal disibukkan dengan materi dan praktik lapangan terkait jurnalistik. Jadi, kamu bisa lega deh nggak pusing ketemu sama deretan angka.

3. Hukum

Jurusan ini bisa jadi pilihan kamu buat menghindari interaksi dengan soal-soal hitungan. Sebagai gantinya, kamu diharuskan untuk membaca dan mempelajari teori-teori dasar terkait ilmu hukum, seperti hukum  pidana, hukum perdata, hukum ekonomi, hukum internasional, dan rangkaian hukum lainnya. Nantinya, setelah belajar teori di perkuliahan, biasanya kamu akan diberi kesempatan untuk praktik langsung di firma-firma hukum, pengadilan, atau kejaksaan.

4. Kriminologi

Jurusan ini lebih menekankan pada kemampuan kamu dalam berpikir secara kritis, menganalisis data, dan mengevaluasi bukti dibanding harus mengaplikasikan rumus-rumus dalam hitungan. Di jurusan ini kamu akan belajar untuk mencari tahu faktor penyebab terjadinya kejahatan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum. Oleh karena itu, kamu harus memahami ilmu hukum dan sosial. Kalau kamu gemar menonton film bertema detektif, jurusan ini kayaknya bisa jadi pertimbangan buat kamu pilih.

5. Filsafat

Kamu lebih suka berpikir daripada harus berhitung? Mungkin jurusan ini adalah pilihan yang pas buat kamu. Di jurusan ini, kamu akan kenyang menelaah hakikat keberadaan hidup manusia di muka bumi, penciptaan alam semesta, dan teori dari berbagai tokoh filsuf di dunia. Kamu akan lebih sering diminta untuk berpikir logis dan kritis, membaca banyak buku, berdiskusi, dan menuliskan isi pikiran kamu. Jadi, jurusan ini bisa banget kamu pilih biar nggak ketemu sama pelajaran yang ada hitungannya.

6. Sejarah

Apa yang terlintas di benak kamu tentang jurusan ini? Pasti bakal ngebosenin karena harus mempelajari banyak peristiwa yang terjadi di masa lampau. Namun, justru di situlah serunya. Di jurusan ini kamu akan diajak untuk berpikir secara historis mengenai segala hal yang berkaitan dengan sejarah, memahami sebuah perubahan peristiwa dari waktu ke waktu, dan mengambil nilai di dalamnya, yang turut berperan dalam membentuk keadaan saat ini. Jadi, sudah pasti kamu nggak perlu menghitung angka-angka.

7. Tata Boga

Kalau kamu tertarik dengan dunia kuliner, jurusan ini bisa banget jadi pilihan kamu. Selain bikin kamu mahir memasak, kamu juga bisa belajar tentang pengelolaan katering, restoran, hotel, pemasaran jasa boga, pengendalian mutu makanan, hingga ilmu gizi terkait makanan yang akan kamu olah. Kalaupun harus ketemu dengan hitung-hitungan, nggak jauh-jauh dari takaran resep dan jumlah gizi. Wah, lulus dari jurusan ini, siapa tahu kamu bakalan bisa jadi sehebat Gordon Ramsay atau Jamie Oliver.

Related Articles

Leave a Comment