Home Food 6 Kuliner yang Menghangatkan Kamu di Musim Hujan

6 Kuliner yang Menghangatkan Kamu di Musim Hujan

Akhir-akhir ini, ngerasain nggak sih kalau udara sudah mulai terasa sejuk semilir tiupan angin. Sinar matahari sudah nggak sementereng beberapa waktu lalu yang bisa bikin misuh-misuh saking panasnya. Rasanya sebentar lagi kita akan memasuki musim penghujan. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dan nggak telat makan. Nah, ngomongin soal makan, biasanya kalau lagi hujan, dingin-dingin, udah paling enak duduk selimutan sambil ngunyah makanan. Apalagi kalau makanannya berkuah pedas atau minuman yang bikin kamu jadi terasa hangat. Nyam! Sebelum jadi tambah lapar, intip dulu rekomendasi kuliner berikut yang bisa kamu cobain waktu hujan. Kira-kira, nomor berapa aja nih yang jadi favorit kamu?

1. Bakso

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau makanan ini selalu jadi primadona di segala cuaca. Saat panas terik aja enak buat dimakan, apalagi pas musim hujan, ya kan? Kuahnya yang hangat dan gurih dipadukan dengan mie dan sayuran ditambah daging bakso yang lezat, juara deh buat ngangetin suhu badan kamu di kala hujan. Saat ini pilihan bakso pun beragam, nggak cuma bakso urat dan telur saja. Kamu juga bisa mencoba bakso dengan isian rawit pedas, keju, atau tetelan. Waaw, mantap!

2. Seblak

Popularitas seblak makin ke sini rasanya memang makin hits saja. Makanan yang pada awalnya dikenal khas Jawa Barat ini sudah tersebar di berbagai penjuru kota Indonesia. Kalau dulu bahan dasar seblak cuma kerupuk basah, sekarang sudah sangat beragam loh topingnya. Kamu bisa menambah isian semangkuk seblak dengan bakso ikan, kwetiau, otak-otak, ceker, sayap ayam, dumpling, batagor, sampai lobster. Suka sama keju? Pilih juga keju mozarella sebagai topping tambahannya. Wadidaw, bikin autolapar deh ngebayanginnya.

3. Mie Instan Rebus

Pasti kamu setuju banget kalau makanan ini memang paling klop disantap saat hujan. Hadir dengan banyak pilihan rasa, kamu bisa pilih mana yang jadi favorit dan sesuai dengan selera kamu. Supaya bisa lebih kenyang paripurna, kamu juga bisa menambahkan telur dan berbagai macam sayuran, seperti sawi, wortel, tauge, bayam, atau kangkung. Kalau kamu suka pedas, jangan lupa untuk memasukkan irisan cabai rawit merah. Pecah deh pedasnya. Meskipun mudah dibuat sendiri di rumah, tetap ingat untuk membatasi jumlah mi instan yang kamu konsumsi ya.

4. Tom Yam

Buat kamu yang suka makanan berkuah asam pedas, tom yam bisa jadi pilihan yang tepat. Sup khas Thailand dengan kuah kaldu yang terbuat dari sereh, cabai, dan jeruk nipis ini akan memberikan sensasi segar yang bisa bikin kantuk kamu hilang seketika. Tom yam memiliki banyak varian bahan utama yang bisa kamu pilih, antara lain udang, ayam, jamur, atau ikan. Kamu juga bisa memilih jenis kuah tom yam sesuai selera dengan atau tanpa santan. Nah, yang mana nih kira-kira yang jadi varian tom yam yang kamu suka?

5. Kembang Tahu

Kembang tahu memang makanan yang disajikan dalam keadaan panas. Jadi, pas banget buat menghangatkan badan kamu saat musim hujan tiba. Belum lagi sensasi si kembang tahu yang pecah di dalam mulut, so yummy. Sayangnya, kuliner ini mungkin bisa dibilang sudah cukup sulit ditemui di Jakarta. Berbahan dasar susu kedelai dengan kuah yang terbuat dari jahe dan gula merah, ternyata cara membuatnya cukup mudah. Jadi sambil menunggu hujan reda, kamu bisa banget nyobain untuk bikin ini sendiri di rumah. Setelahnya, kamu bisa menyantap santai kembang tahu yang kamu buat sembari melihat hujan dari balik jendela.

6. Wedang Ronde

Sesuai dengan namanya, wedang merujuk pada minuman panas dalam bahasa Jawa. Serupa dengan kembang tahu, wedang ronde juga menggunakan jahe sebagai kuah. Bedanya, wedang ronde dimakan bersama ronde berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan dicampur dengan sedikit air. Ronde bisa diberi isian kacang atau gula merah, bisa juga dimakan tanpa isian sama sekali. Keduanya tetap enak dipadukan dengan kuah wedang yang hangatnya bisa sampai ke hati kamu.

Related Articles

Leave a Comment