Home Travel Wajib Mampir, 6 Wisata Gua Tersembunyi Nan Eksotik di Indonesia

Wajib Mampir, 6 Wisata Gua Tersembunyi Nan Eksotik di Indonesia

Indonesia memiliki banyak tempat wisata, mulai dari pantai, gunung, taman, dan sebagainya. Sobat traveller dijamin nggak akan kehabisan destinasi untuk menikmati keindahan di alam Indonesia ini. Namun, ada satu tempat yang masih jarang dikunjungi dan masih cukup tersembunyi. Wahana wisata gua menyuguhkan pengalaman berjelajah yang unik dan tak terlupakan. Hmmm, langsung jadi mau jalan-jalan? Yuk, simak enam rekomendasi wisata gua yang super eksotik berikut.

1. Gua Rangko

Gua Rangko, terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Gua ini merupakan gua yang paling hits karena memiliki keindahan yang begitu menakjubkan. Sepanjang perjalanan menuju gua, kita akan dimanjakan oleh laut yang jernih sampai akhirnya tiba di mulut gua yang mungil. Untuk menuju Gua Rangko, kita harus menempuh perjalanan selama 15 menit menggunakan perahu dan membayar sewa sebesar 300 ribu Rupiah. Agar mendapat suasana dan pemandangan yang nyaman, datanglah ke gua pukul 12.00 sampai 14.00 WITA karena di jam tersebut sinar matahari akan membantu menerangi gua yang gelap.

2. Gua Grubug

Gua Grubug berlokasi di Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Banyak orang yang terkagum-kagum dengan gua ini karena pemandangan cantik “cahaya surga” yang dimilikinya. Sinar matahari yang masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 m membentuk satu tiang cahaya menyinari kedalaman gua yang gelap gulita namun sangat indah. Jangan lupa perhatikan jam berkunjung ya untuk bisa mendapatkan posisi cahaya yang paling pas.

3. Gua Hajimangku

Gua cantik satu ini berasal dari Kalimantan Timur. Untuk menuju Gua Hajimangku, kita harus memulainya dari Pulau Maratua menggunakan motor menuju Desa Payung-Payung, lalu melakukan trekking ringan beberapa jam hingga tiba di lokasi. Kamu bisa juga melewati laut dengan menyewa speed boat atau perahu dari nelayan lokal yang memiliki waktu tempuh sekitar 20 menit dari Pulau Maratua. Namun setelah itu, tetap melanjutkan perjalanan dengan trekking ringan 10 menit sampai ke bibir gua. Untuk menikmati pemandangan indah Gua Jahimangku, kita tidak dipungut biaya tiket sepeser pun. Menyenangkan sekali ya, guys! Menikmati keindahan alam dengan cuma-cuma.

4. Gua Gong

Gua yang satu ini, wajib banget dikunjungi buat para pecinta alam. Gua Gong disebut-sebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara. Gua ini terletak di Pacitan, Jawa Timur dan dikelilingi oleh pegunungan kapur. Gua Gong memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Lorong gua sepanjang 256 m ini akan membuat kita nyaman karena memiliki penerangan yang cukup. Kemudian di ujung lorong, kita akan menemukan sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15-40 m dan tinggi 20-30 m. Memang tidak salah ya jika Gua Gong disebut-sebut sebagai gua terindah.

5. Gua Bangkang

Gua Bangkang merupakan gua tersembunyi yang terletak tidak jauh dari Pantai Kuta yang terkenal dengan pasir putih dan airnya yang biru. Lokasi berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Walaupun gua Bangkang dikelilingi perbukitan, tetapi mudah diakses karena terletak di jalan raya. Meskipun indah, gua ini memiliki aroma yang tidak sedap. Ketika masuk bibir gua, kita bisa memakai masker untuk menutupi hidung dari aroma kotoran kelelawar yang cukup menusuk. Wajar saja, Gua Bangkang merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Suasana yang hening, dinding yang besar dan tinggi, cocok untuk dijadikan tempat pelarian dari keramaian.

6. Gua Hawang

Gua yang terakhir adalah Gua Hawang yang berada di gugusan kepulauan, tepatnya sebuah objek wisata di Langgur, Maluku Tenggara. Gua ini terletak di Desa Letvuan dan menjadi salah satu objek wisata gua yang memiliki kolam jernih dengan kombinasi stalagmit dan stalaktit. Air dalam gua ini pun berasal dari aliran mata air Evu dan memiliki kedalaman antara satu sampai tiga meter. Ketika mengunjunginya, dijamin kamu akan merasa tenang dan tak akan menyesal berlama-lama di sana.

Nah, itu dia enam wisata gua tersembunyi di Indonesia. Kamu sudah mengunjungi yang mana aja nih?

Related Articles

1 comment

Adi Pradana -

Eksotis guanya

Reply

Leave a Comment