Home Food 10 Resep Sambal Unik Khas Nusantara untuk Kamu Pencinta Kuliner Pedas

10 Resep Sambal Unik Khas Nusantara untuk Kamu Pencinta Kuliner Pedas

Indonesia memang terkenal banget sama cita rasa kulinernya yang beragam. Hampir di setiap daerah punya makanan yang jadi primadona. Mulai dari makanan utama, minuman, camilan, sampai sambal. Pasti sudah nggak asing dong dengan sambal terasi, korek, bajak, cabai hijau, matah, atau dabu-dabu. Ternyata, banyak banget lho jenis sambal yang ada di Indonesia yang juga jadi ciri khas di beberapa daerah. Kalau kamu pencinta sambal, kamu bisa buat sendiri di rumah beberapa resep sambal Nusantara berikut.

1. Sambal Tumpang

youtube.com/Masak.Tv

Percaya nggak kalau tempe yang hampir busuk bisa jadi makanan yang enak? Kalau nggak yakin, kamu bisa mencoba resep sambal khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini yang berbahan dasar tempe yang hampir busuk atau biasa disebut tempe bosok. Pasti nggak nyangka kalau tempe bisa jadi makin seenak ini.

2. Sambal Tempoyak

youtube.com/Masak.Tv

Tempoyak merupakan masakan yang berbahan dasar fermentasi buah durian. Rasanya yang asam dipadukan dengan pedasnya cabai jadi cita rasa khas yang nikmat buat jadi teman menyantap nasi. Konon, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu. Makanya nggak salah, kalau makanan ini juga terkenal di negara tetangga kita, Malaysia.

3. Sambal Colo-colo

youtube.com/Tastemade Indonesia

Sambal khas Maluku ini paling enak disantap bersamaan dengan ikan bakar. Sedikit berkuah karena menggunakan perasan jeruk nipis, sambal ini dikonsumsi dengan cara yang unik lho. Kalau biasanya makan sambal itu dicocol, sambal ini justru dimakan dengan cara diminum. Waw, pasti rasanya menggelegar ya di mulut.

4. Sambal Mbe

youtube.com/Masak.Tv

Selain sambal matah, sambal lain yang juga berasal dari Bali adalah sambal mbe. Berbeda dengan sambal matah yang disajikan mentah, bahan pada sambal mbe harus ditumis terlebih dahulu. Hal lain yang membuat sambal ini menjadi sangat khas, yaitu adanya potongan bawang goreng yang membuat sambal ini jadi semakin gurih.

5. Sambal Honje

youtube.com/Tastemade Indonesia

Honje adalah sejenis tumbuhan rempah yang memiliki bunga, buah, dan biji yang dapat dimakan. Nama lain dari honje yang mungkin familiar di telinga kamu adalah kecombrang. Sambal yang merupakan khas tanah Sunda ini nggak boleh ketinggalan kalau kamu lagi ngadain makan bersama, seperti botram, bancakan, atau liwetan.

6. Sambal Kaluku

youtube.com/Masak.Tv

Sambal khas Ujung Pandang ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Sambal ini terbuat dari ikan gabus asin, irisan daun jeruk, dan cabai. Bentuknya serupa dengan serundeng karena dicampur dengan parutan kelapa. Rasanya tentu saja pedas gurih menggugah selera.

7. Sambal Andaliman

youtube.com/Masak.Tv

Sambal andaliman merupakan sambal khas dari Medan. Sambal ini punya cita rasa pedas dengan aroma jeruk karena menggunakan andaliman, sesuai dengan namanya. Andaliman sendiri merupakan bumbu khas masyarakat Medan yang sering disebut sebagai merica Batak. Namun, kamu nggak perlu ke Medan untuk mendapatkan andaliman. Kamu bisa membuat sambal ini dengan mendapatkan andaliman di pasar tradisional atau supermarket terdekat.  

8. Sambal Lingkung

youtube.com/Yunita Nethasha

Sambal yang jadi ciri khas masyarakat Palembang ini berbahan dasar ikan tenggiri, gabus, atau balida. Kalau biasanya sambal berwarna merah menggoda, sambal lingkung cenderung berbentuk seperti abon dengan warna yang kecokelatan dan tekstur yang agak kering. Meski nggak berwarna merah, rasa pedasnya tetap bisa bikin porsi makan kamu bertambah.

9. Sambal Bongkot

youtube.com/Tastemade Indonesia

Satu lagi sambal yang juga dari Bali, yaitu sambal bongkot. Bongkot adalah bagian batang muda dari kecombrang yang biasanya berwarna putih. Cara membuat sambal bongkot cukup mudah, hanya dengan mengiris dan mencampur semua bahan kemudian menyiramnya dengan minyak kelapa yang panas.

10. Sambal Tuk-tuk

youtube.com/Masak.Tv

Sambal ini merupakan makanan khas tradisional Batak Toba yang berasal dari Tapanuli. Selain menggunakan andaliman yang jadi bumbu khas masyarakat di sana, sambal ini menjadi unik karena berbahan dasar ikan aso-aso. Ikan aso-aso adalah ikan kembung yang sudah diproses dengan cara diasapi. Nah kalau kamu kesulitan mendapatkan ikan ini, kamu bisa menggantinya dengan ikan teri tawar untuk bisa membuatnya sendiri di rumah.

Related Articles

Leave a Comment