Home DIY Unik dan Ramah Lingkungan, 6 Teknik Membungkus Kado yang Wajib Dicoba

Unik dan Ramah Lingkungan, 6 Teknik Membungkus Kado yang Wajib Dicoba

Membungkus hadiah menggunakan kertas kado mungkin adalah hal yang biasa. Nah, biar hadiah yang kamu berikan jadi semakin berkesan, kamu bisa nih mencoba untuk mengganti kertas kado menjadi kain sebagai pembungkusnya. Selain unik, kain yang digunakan sebagai pembungkus juga dapat digunakan ulang. Secara nggak langsung, kamu jadi turut mengurangi penggunaan sampah plastik dan kertas juga. Di Jepang, teknik membungkus barang dengan kain ini disebut dengan Furoshiki. Dalam teknik ini, kamu bisa menggunakan berbagai jenis bahan, motif, corak, warna, dan ukuran kain. Hal penting yang jadi syarat utama furoshiki adalah kamu harus menggunakan kain berbentuk persegi untuk memudahkan kamu melipat dan membuat simpul sehingga dapat terbungkus dengan rapi.  Belum kebayang gimana cara membungkus hadiah dengan teknik furoshiki? Berikut beberapa tutorialnya untuk kamu. Selamat mencoba!   

1. Furoshiki Box Wrap

youtube.com/Live Green

Cara ini bisa kamu gunakan untuk membungkus hadiah berbentuk kotak, seperti buku, cokelat, atau bento untuk bekal makan siang. Simpel banget dan nggak butuh waktu lama.

2. Furoshiki Single Bottle with Handle

youtube.com/KUEALibrary

Mau memberi hadiah dalam bentuk botol minuman? Nggak usah bingung. Kamu bisa gunakan cara ini untuk membungkus hadiah. Kamu nggak perlu takut kerepotan untuk membawa hadiahnya karena sudah dilengkapi dengan pegangan supaya mudah untuk dibawa.

3. Furoshiki Two Bottles with Handle

youtube.com/KUEALibrary

Kalau sebelumnya membungkus satu botol, cara ini bisa kamu praktikkan jika hendak memberikan dua buah hadiah berbentuk botol. Perhatikan tinggi dan ukuran botol ya. Sebaiknya kamu menggunakan botol berukuran sama ya.

4. Furoshiki Round Wrap

youtube.com/Piccolino Patterns

Untuk benda berbentuk bulat, kamu bisa gunakan cara ini yang nggak kalah mudahnya untuk dipraktikkan. Bentuknya cantik dan cara bikinnya super duper gampang banget, guys!

5. Furoshiki Bunny Wrap

youtube.com/Live Green

Cara ini bisa kamu terapkan untuk memberikan hadiah dengan bentuk yang lucu menggunakan teknik furoshiki. Kamu bisa membungkus hadiah berbentuk toples seperti dalam video tersebut. Misalnya, cokelat, permen, atau cookies yang kamu buat sendiri.

6. Furoshiki Bag with handle

youtube.com/Adaras Blogazine

Untuk hadiah yang bentuknya cenderung abstrak atau tidak simetris, kamu bisa menggunakan cara ini. Bentuk kain pembungkus menjadi bentuk tas supaya kamu bisa leluasa memasukkan hadiah kamu ke dalamnya.

Related Articles

1 comment

Fikri -

Sangat bagus

Reply

Leave a Comment