Home Health 5 Manfaat Minum Teh di Penghujung Hari yang Bikin Energimu Balik Lagi

5 Manfaat Minum Teh di Penghujung Hari yang Bikin Energimu Balik Lagi

Rasanya, teh akan jauh lebih nikmat dan memberikan sensasi rileks saat disajikan secara hangat. Jika dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktifitas, teh dipercaya dapat membangkitkan mood sehingga kamu pun punya semangat yang menyala untuk memulai hari karena tubuhmu terasa lebih segar. Nggak cuma nikmat diminum pagi hari, tenyata konsumsi teh di penghujung hari setelah kamu selesai dengan harimu juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatanmu, lho! Kali ini, CtreeMagz akan mengulas lima manfaat konsumsi teh di kala harimu yang melelahkan akhirnya tuntas juga.

1. Khasiat Alam dari Teh yang Bantu Kamu Menangkal Radikal bebas

Kandungan polyphenol yang dimiliki teh memberikan proteksi pada tubuh kamu yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, zat tersebut juga mampu mencegah kamu dari berbagai macam penyakit seperti jantung hingga kanker. Ternyata minuman rumahan ini tak bisa diremehkan ya manfaatnya. Kebayang dong, seberapa seringnya kamu terpapar polusi dan radikal bebas selama beraktifitas? Yuk, nikmati teh hangatmu sebelum tidur untuk tubuh yang lebih sehat.

2. Menajamkan Fokus dan Meningkatkan Daya Ingat

Asam amino yang terdapat pada teh bernama theanine, baik sebagai asupan penunjang untuk berpikir kreatif sekaligus manfaat kafein yang terkandung pada teh juga memengaruhi fungsi otak untuk lebih fokus. Namun, kafein dalam teh jumlahnya lebih sedikit dibanding kopi sehingga dapat meningkatkan konsentrasi tanpa menyebabkan rasa tak nyaman. Journal of Neuropharmacology mengklaim bahwa teh bisa mengatasi kelelahan. Wah, cocok banget dong ya diminum setelah seharian beraktifitas.

3. Pikiran Tenang, Tidur pun Nyenyak

Tidak seperti kopi yang membuatmu tetap terjaga, teh justru bekerja sebaliknya. Efeknya yang menenangkan membuat tidurmu lebih nyenyak. Penelitian yang dilakukan di Integrative Medicine Research menyatakan bahwa minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada mereka yang insomnia untuk kualitas hidup yang lebih baik. Pemilik gangguan tidur atau insomnia, perlu banget nih cobain treatment ngeteh sebelum tidur.

4. Memberikan Efek Relaksasi Setelah Jalani Hari

Harum khas yang berasal dari kepulan asap di cangkir tehmu seakan mengirimkan ketenangan secara tak terduga. Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, bahwa teh mengandung theanin yang juga memberikan efek relaksasi yang disebabkan oleh gelombang alfa pada otak. Sebab, teh mampu menstimulasi gelombang tersebut sehingga menimbulkan perasaan yang lebih rileks.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tak Khawatir Bau Mulut

Polyphenol yang berfungsi menangkal radikal bebas ternyata juga berkhasiat untuk memperlambat pertumbuhan plague sekaligus menjadi antibakteri dalam mulut. Hal tersebut tentunya membuat kondisi mulut dan gigimu lebih sehat dan terbebas dari bau mulut atau masalah lainnya. Dapat dibuktikan sendiri kok, setelah menikmati teh hangat bau mulut pun akan terdominasi dengan aroma teh yang khas.

Dari kelima manfaat yang telah dijabarkan, kamu tetap tidak boleh mengonsumsi teh secara berlebihan. Setidaknya paling efektif adalah tiga sampai lima gelas per harinya dan tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu saat kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Related Articles

2 comments

Hisam -

Sip mantap

Reply
Hisam -

Sip mantap,,,menambah pengetahuan saya

Reply

Leave a Comment