Home Travel Traveling Sendiri, Nggak Masalah! Catat 5 Pelajaran Hidup Ini yang Bisa Kamu Dapatkan

Traveling Sendiri, Nggak Masalah! Catat 5 Pelajaran Hidup Ini yang Bisa Kamu Dapatkan

Banyak yang beranggapan bahwa traveling merupakan sebuah investasi untuk jiwa. Selain membuat pikiran lebih fresh, kamu juga jadi punya kesempatan untuk eksplorasi alam sekitar dan membuatmu lebih bersyukur atas apa yang telah diciptakan Tuhan. Namun, gimana rasanya ya kalau kamu pergi traveling sendiri? Udah pasti rasanya lebih challenging dong ya. Nggak perlu takut pergi traveling sendiri, yang penting kamu sudah memantapkan niat untuk menjalankan misimu kali ini. Setelah dijalani, solo traveling nggak semenakutkan itu kok! Justru dari perjalanan tersebut kamu akan menemukan banyak hal baik yang membuatmu lebih bijak memaknai hidup. Sekali-kali boleh banget dicoba, lho!

1. Berani Melangkah Sendiri, Sudah Jelas Rasa Percaya Dirimu Nggak Perlu Diragukan Lagi

Bikin itinerary sendiri, packing sendiri, menentukan budget sendiri, pokoknya semua serba sendiri deh. Setidaknya hal tersebut melatih kemandirian dalam mencapai tujuan. Seakan ketangguhanmu memiliki pesona tersendiri, sebab kamu telah berani mengambil keputusan menantang yang akan menorehkan banyak cerita baru di hidupmu. Setiap pilihan selalu ada risikonya, dengan berani memutuskan solo traveling tandanya kamu juga harus mempersiapkan diri untuk segala risiko yang akan terjadi. So, setidaknya hal ini juga akan membuatmu lebih mawas diri.

2. Memperhitungkan Semuanya Sendiri Membuatmu Secara Tak Langsung Belajar Bertanggung Jawab Atas Dirimu

Pergi sendirian tentunya membuatmu mengatur segala hal yang kamu butuhkan sendiri. Nggak cuma itu, tetapi juga eksekusinya. Lewat itinerary yang sudah kamu rancang sedemikian rupa, mau tak mau kamu pun harus memenuhi list tersebut setepat mungkin. Mulai dari jam berangkat yang harus sesuai jadwal agar tak merusak list perjalananmu sampai menata barang bawaanmu sendiri. Maklum sih pergi sendiri, jadi nggak ada yang ngingetin deh kalau ada barang yang ketinggalan.

3. Hitung-Hitung Me Time yang Bikin Kamu Lebih Mengenal Diri Sendiri

Jauh dari rutinitas dan jauh dari orang-orang yang kamu kenal, memberimu ruang sendiri untuk menilisik dirimu lebih dalam. Perjalanan seorang diri dan bebas, secara tak langsung bikin kamu menyadari bahwa kamu mampu bertahan dengan cara yang unik. Begitupun dengan hidupmu, percayalah kamu itu berbeda, sebab orang lain belum tentu bisa melakukan apa yang telah kamu lalui sejauh ini. Pada akhirnya kamu pun berhasil mengenali seperti apa karakter dirimu yang ternyata pemberani lewat pelajaran di jalan atau bahkan lewat bagaimana caramu menghadapi rintangannya.

4. Meski Pergi Sendirian, tetapi Tuhan Tak Akan Membiarkanmu Merasa Kesepian

Orang-orang baik akan tiba-tiba muncul di momen solo traveling kamu. Entah yang tiba-tiba ngajak ngobrol atau memberikan tumpangan dan pada akhirnya kamu punya relasi baru dengan latar belakang budaya yang beragam. Bahkan penduduk lokal setempat pun akan sangat terbuka menerima kehadiranmu di tempat mereka. Apalagi kalau tahu kita pergi sendirian, sudah pasti mereka dengan senang hati membantu dan menemanimu berkeliling.

5. Saat Ada List Perjalanan yang Gagal Dikunjungi, Kamu akan Menyadari Bahwa Tak Semua Hal Berpihak Padamu

Kondisi alam yang tidak bisa diprediksi maupun hal-hal diluar dugaan bisa saja terjadi dan membuat itinerary kamu tak berhasil dipenuhi sebab kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi bahkan di menit berikutnya. Meski kecewa, tetapi hal itu membuatmu mengerti bahwa tak ada hal yang berjalan tanpa cobaan dan rintangan, begitupun perjalanan. Setidaknya, kamu sudah mengantongi pengalaman hidup berharga yang telah mengubahmu menjadi pribadi yang lebih baik. Sejauh apapun kamu berpetualang, tujuanmu tetaplah rumah dan petualangan paling nyata masih panjang di depan matamu.

Related Articles

Leave a Comment