Home Food Makin Kekinian, Cobain Yuk 5 Resep Jajanan Pasar Tradisional Ini

Makin Kekinian, Cobain Yuk 5 Resep Jajanan Pasar Tradisional Ini

Jajanan pasar tradisional memang nggak pernah ada matinya. Dari dulu hingga kini, masih saja dicari dan digemari banyak orang seolah tak lekang dimakan waktu. Menariknya, banyak jajanan pasar tradisional yang semakin hits dengan adanya sentuhan inovasi. Di tangan para pembuat yang kreatif, jajanan pasar tradisional hadir jadi kekinian mengikuti perkembangan zaman. Nggak cuma rasanya saja yang enak, tampilan dan bentuknya pun semakin cantik dan menggugah selera. Nah, daripada penasaran gimana rasa dan rupa dari jajanan pasar tradisional yang jadi makin kekinian ini, bikin sendiri aja yuk di rumah. Berikut beberapa resep yang bisa kamu coba.

1. Cake Klepon

youtube.com/Masak.Tv

Kalau mendengar kata klepon, pasti kamu langsung terbayang dengan bentuknya yang bulat kecil, berwarna hijau, berisi gula merah, dan diselimuti parutan kelapa. Iya kan? Nah, kreasi dari klepon ternyata sudah banyak banget. Kamu bisa mengganti bahannya, isian, atau topping-nya. Salah satu bentuk kreasinya adalah dengan membuatnya menjadi cake. Kamu bisa lho buat camilan ini sebagai hadiah untuk teman atau kerabat yang sedang berulang tahun. Pasti bakalan jadi surprise banget.

2. Lemper Goreng

youtube.com/Masak.Tv

Jajanan pasar tradisional yang satu ini cocok banget buat jadi camilan penunda lapar. Karena terbuat dari beras ketan, lemper termasuk penganan yang lumayan bisa memberikan efek kenyang. Kalau biasanya lemper dibungkus dengan daun pisang, kali ini lemper hadir dalam balutan tepung panir yang kemudian bisa kamu goreng. Lemper goreng ini nggak cuma gurih, kamu juga akan mendapatkan tekstur lemper yang crispy dan yummy dalam tiap gigitan.

3. Kue Lapis Rainbow

youtube.com/Chalistaa Kitchen

Kamu pasti pernah dong makan jajanan pasar tradisional yang satu ini? Sesuai dengan namanya, kue ini memang berlapis-lapis. Beberapa orang, mungkin termasuk kamu, pasti punya cara makan yang unik saat mengonsumsi kue ini. Bukannya langsung digigit, tetapi malah memakannya lapis demi lapis sampai habis. Membuat kue ini memang dibutuhkan kesabaran ekstra karena harus menuang banyak lapisan warna. Namun, pasti bakalan senang deh kalau sudah lihat hasil jadinya. Cantik banget, beneran kayak pelangi!

4. Getuk Gulung

youtube.com/Kokiku TV

Getuk merupakan jajanan pasar tradisional yang umumnya berbahan dasar singkong. Rasanya yang manis, pas banget jadi teman untuk minum teh atau kopi. Getuk hadir makin kekinian dengan tampilannya yang digulung dan berukuran cukup besar, layaknya roll cake. Di beberapa daerah, getuk gulung ini sudah menjadi oleh-oleh kekinian yang khas daerah tersebut, lho.

5. Dadar Gulung Mawar

youtube.com/Net Lifestyle

Jajanan pasar tradisional yang satu ini terbuat dari kulit dadar gulung yang diberi isian unti atau kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Biasanya, kulit dadar digulung menjadi bentuk persegi dengan warna kulit hijau yang berasal dari daun suji. Kreasi dadar gulung bisa kamu lakukan dengan melakukan permainan warna pada kulit dadar atau mengganti isian dari dadar gulung itu sendiri. Kreasi lainnya adalah dengan membentuknya menjadi bunga mawar seperti dalam resep ini.

Jadi, kamu siap bikin jajanan pasar yang mana nih?

Related Articles

3 comments

Revino -

Sangat enak

Reply
Sulham -

Is good

Reply
Wira -

Mantul

Reply

Leave a Comment