Home Health 6 Exercise Simpel di Meja Kantor, Biar Semangat Kerja Nggak Kendor

6 Exercise Simpel di Meja Kantor, Biar Semangat Kerja Nggak Kendor

Sebagai pekerja kantoran, sudah pasti kamu akan menjalani hari dengan duduk di cubicle kantor. Kamu tahu nggak sih, ternyata duduk terlalu lama nggak bagus lho buat kesehatan. Mau gimana lagi, hal tersebut memang tak bisa dihindari. Apalagi dengan pekerjaan yang membutuhkan waktu berjam-jam lamanya untuk diselesaikan. Journal of The American College of Cardiology mengatakan bahwa wanita yang duduk rata-rata hingga 10 jam per hari dapat memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya duduk 5 jam atau kurang. Efek jangka pendeknya pun akan langsung kamu rasakan, seperti nyeri punggung dan leher. Nggak mau kan terserang resiko mengkhawatirkan karena duduk terlalu lama? Ini waktunya kamu mempraktikkan gerakan peregangan sederhana di meja kantor agar otot-otot kembali rileks tanpa perlu meninggalkan pekerjaan.

1. Olahraga Ringan dengan Cara Menggerakkan Bahu

Senyaman apapun kursi kantormu, tetapi kalau kelamaan duduk tetap saja membuat otot bahu terasa tegang dan nyeri jika dibiarkan sakitnya bisa menjalar ke punggung dan leher. Nah, untuk mencegah hal tersebut kamu bisa coba gerakan shoulder shrug, dengan cara menggerakkan bahu sebatas telinga kemudian inhale dan tahan beberapa saat lalu exhale. Selingi dengan gerakan leher ke samping, depan dan belakang. Ulangi gerakan ini sampai bahumu terasa lebih nyaman karena otot-ototnya yang mulai meregang.

2. Peregangan Singkat dengan Chair Squad

Gerakan squad kali ini bisa kamu coba di kursi kerjamu. Gampang kok, tinggal bolak-balik duduk dan berdiri di kursi tanpa bantuan tangan. Namun usahakan bahu tetap terbuka dan pertahankan postur tubuh yang tegap saat berdiri maupun duduk tanpa condong ke depan atau ke belakang, pelan-pelan saja nggak perlu terlalu cepat ya. Ulangi gerakan ini terus-menerus, tak perlu terlalu lama cukup 5-10 kali saja.

3. Mulai dari Gerakan Simpel seperti Berjinjit, Percaya deh Otot Kaki akan Terasa Lebih Baik

Berjinjit atau calf raise dapat kamu lakukan di kantor saat pekerjaan sedang padat-padatnya sekalipun. Cobalah berdiri sambil berpegangan pada kursi lalu ulangi gerakan berjinjit perlahan-lahan, dengan begitu otot kaki akan terasa lebih nyaman dan peredaran darah pun tetap lancar walau kamu harus duduk dalam waktu yang lama.

4. Lanjutkan Pekerjaan dengan Badan yang Lebih Rileks dengan Desk Upward Dog

Jika berjinjit dan menggerakkan bahu tidak cukup membuatmu merasa lebih baik, kamu bisa coba gaya yoga yang dapat kamu lakukan di meja kerjamu. Caranya, taruh kedua tangan di atas meja lalu bungkukkan badanmu 90 derajat sambil meluruskan tangan yang menggenggam pinggiran meja kemudian angkat kepala sambil mendorong pinggul ke depan menuju meja. Selingi dengan memuncitkan perut dan tahan dengan kekuatan kaki. Dongakkan dagu dan tahan beberapa saat sampai otot-ototmu nggak lagi tegang.

5. Putar Badanmu untuk Meregangkan Otot-Otot Punggung

Seated twist! Cara ini disinyalir ampuh membuat punggungmu terasa lebih baik. Biasanya gerakan ini akan menimbulkan bunyi yang ‘kretk.. kretk’. Wah, pokoknya kalau sudah sampai menimbulkan bunyi tersebut kamu terbukti pegal total dan rasanya lega banget. Caranya, pertahankan posisi tubuh seluruhnya menghadap depan lalu putar tubuh bagian atas ke sisi kanan, namun bagian pinggul dan kaki ke arah yang berlawanan.

6. Duduk Terlalu Lama juga Bikin Leher pada Sakit, Release dengan Gerakan Ini

Gerakan ini mudah sekali dilakukan tanpa membuatmu beranjak, cukup sentuh telinga kiri dengan tangan kanan lewat atas kepala dan dorong kepala ke kanan perlahan. Tahan hingga beberapa saat sampai pegal-pegal di lehermu terasa plong, kemudian lakukan di sisi kiri.

Selain enam gerakan tersebut, kamu bisa beranjak dari kursimu setidaknya setengah jam sekali meski hanya untuk berjalan ke toilet, mengambil minuman atau mampir sebentar ke meja coworker kamu. Jadi workaholic sih nggak salah, yang salah itu ketika kamu melupakan kesehatanmu, tetapi deadline kantor nggak pernah hengkang dari pikiran.

Related Articles

1 comment

Dimas -

Oi

Reply

Leave a Comment