Home Music Fakta Lagu Black Swan dalam Album BTS ‘Map of the Soul: 7’

Fakta Lagu Black Swan dalam Album BTS ‘Map of the Soul: 7’

Kabar gembira untuk kamu penggemar BTS alias ARMY. BTS akan merilis album terbaru mereka Map of the Soul: 7 pada 21 Februari mendatang. Nah sebelum album rilis, BTS sudah lebih dulu memanjakan para penggemarnya dengan menampilkan trailer berjudul Interlude: Shadow yang menampilkan Suga dengan lantunan musik dan gaya hip hop-nya. Di Jumat, 17 Januari lalu, BTS kembali membuat penggemarnya histeris dengan menghadirkan MV dari single pertama mereka bertajuk Black Swan. MV ini menjadi salah satu karya seni modern dari BTS yang diluncurkan bersamaan dengan proyek pameran seni rupa modern mereka di London, Connect BTS. Namun, ada yang lain nih dari MV BTS yang juga masuk jajaran trending YouTube ini. Yuk simak apa saja yang membuat MV kali ini jadi begitu spesial.

1. Konsep MV yang baru dan berbeda

Dalam MV Black Swan ini, kamu nggak akan menemukan RM, Jimin, Jungkook, V, J-Hope, Jin, dan Suga nge-dance enerjik layaknya penampilan mereka di MV sebelumnya. Eits, nggak usah sedih karena kamu akan diberikan suguhan tarian modern indah yang dibawakan oleh MN Dance Company, kelompok tari dari Slovenia yang dipimpin oleh Michal Rynia dan Nastja Bremec Rynia.

2. Terinspirasi dari Martha Graham

A dancer dies twice – once when they stop dancing, and this first death is the more painful.

Martha Graham

Kalau kamu memerhatikan secara saksama, kamu akan menemukan kutipan tersebut di awal MV. Nah, kutipan ini yang pada akhirnya jadi inspirasi BTS untuk membuat Black Swan. Martha Graham sendiri merupakan seorang penari dan koreografer yang sangat berpengaruh. Karyanya banyak menginspirasi karena mampu mengekspresikan berbagai emosi dalam setiap gerak tariannya.

3. Bermakna dan bernuansa lebih gelap

Black Swan yang diproduksi oleh Pdogg dan ditulis oleh RM, Sugust Rigo, Vince Nantes, serta Clyde Kelly ini menggambarkan tentang ketakuan seorang seniman jika ia tidak bisa lagi berkarya di atas panggung. Melalui Black Swan, BTS seolah ingin mempersembahkan hasil eksplorasi tiap personel tentang diri mereka sendiri sebagai seniman. Tema dalam Black Swan ini diyakini sebagai kelanjutan dari album BTS sebelumnya, Map of the Soul: Persona yang terinspirasi dari teori psikiater Carl Jung.

4. Memecahkan rekornya sendiri

Black Swan merupakan bagian dari album terbaru BTS, Map of the Soul: 7. Album ini baru akan rilis 21 Februari mendatang. Namun, pemesanan preorder sudah mulai dibuka sejak minggu lalu. Dalam waktu sepekan, pemesanan album terbaru BTS dilaporkan sudah mencapai lebih dari 3,42 juta. Angka ini disebut-sebut sebagai preorder album terbanyak sepanjang sejarah lagu di Korea Selatan. Artinya, BTS berhasil mengalahkan rekor preorder sebelumnya yang hanya 2,6 juta kopi di minggu pertama yang dipegang oleh mereka sendiri.

5. Mendominasi puncak tangga musik dunia

Nggak butuh waktu lama, Black Swan berhasil menduduki peringkat pertama tangga musik dunia hanya dalam waktu beberapa jam saja. Black Swan yang dirilis Jumat sore pada 17 Januari 2020, sudah berada di posisi teratas dalam chart musik setidaknya di 93 negara pada 18 Januari pagi. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Inggris, Prancis, Jerman, Brasil, Argentina, Arab Saudi, India, dan Rusia.

6. Tampil perdana di program The Late Late Show

Black Swan ditampilkan perdana oleh BTS pada acara “The Late Late Show” yang dipandu oleh James Corden pada 28 Januari 2020 lalu. Hal ini sesuai dengan pemberitahuan yang telah disampaikan lewat akun Twitter resmi BTS, @bts_bighit. Kamu bisa puas-puasin melihat penampilan BTS lengkap dengan koreo mereka yang epik banget. Makanya nggak heran kalau video performance mereka yang diunggah sehari kemudian di channel The Late Late Show with James Corden ini langsung melesat menduduki trending pertama YouTube.

Nah, daripada kamu penasaran gimana penampilan perdana BTS di The Late Late Show, cusss langsung klik video berikut. Siap-siap buat histeris dan nggak bisa berhenti senyum sepanjang video ya!

youtube.com/The Late Late Show with James Corden

Related Articles

Leave a Comment