Home Food 5 Makanan Penghilang Rasa Gundah, Biar Wajah Sumringah!

5 Makanan Penghilang Rasa Gundah, Biar Wajah Sumringah!

Di kala stres dan cemas karena pikiran semrawut, makanan memang bisa jadi solusi tepat untuk bantu kamu mengurangi rasa kesal. Cita rasa makanan yang lezat, baik itu gurih atau manis dapat membangkitkan mood kamu lewat indra perasa, yakni lidah. Namun, makanan yang dipilih sebagai penangkal stres juga tidak boleh sembarangan. Tidak hanya soal rasa, tetapi jangan lupa perhatikan nutrisinya.

Bagaimana pun juga, saat emosi sedang bergejolak, tubuh tetap membutuhkan makanan dengan asupan yang baik sebagai penunjang mood agar lebih seimbang. Pilihlah makanan yang dapat meningkatkan hormon serotonin untuk memicu perasaan yang lebih baik dan bahagia. Nah, berikut list makanan-makanan yang mampu membangkitkan mood biar happy lagi. Yuk simak ulasannya!

1. Makan pisang 3 kali sehari ampuh bikin kamu happy

Dilansir dari Boldsky, saat mengonsumsi pisang 3 kali dalam sehari akan menjaga mood kamu sepanjang hari berkat senyawa yang mampu mengontrol pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Apa sih senyawa itu? Dia adalah tryptophan yang akan berubah menjadi serotonin saat masuk kedalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa tingginya hormon serotonin dapat mencegah rasa depresi karena perasaan yang timbul akibat serotonin membuat mood membaik dan suasana hati lebih tenang. Wow, thank you banana!

2. Tak hanya sebagai tanda kasih sayang, cokelat mampu bikin kamu lebih tenang

Jam kantor sudah hampir selesai, tetapi kerjaan belum juga usai. Coba deh ngemil cokelat dulu, biar pikiran lebih rileks dan kadar stres menurun. Penelitian di Swiss yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research menemukan bahwa mengonsumsi sedikit cokelat hitam (sekitar 1,4 ons) memiliki kekuatan untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh. Cokelat juga mengandung “zat jatuh cinta”, yakni phenylethylalanine. Zat tersebut sama dengan zat yang diproduksi otak saat kita sedang jatuh cinta. Setelah otak sibuk menciptakan endorfin, perasaan bahagia pun dilepaskan seperti love is in the air! Wah, nggak heran ya kenapa perayaan hari kasih sayang identik dengan cokelat.

3. Warna merah yang segar dan menggiurkan plus rasa asam manisnya strawberry siap jadi mood booster

Tak ada makanan dengan topping buah strawberry yang tak menggiurkan. Warna merah yang menggoda membuatmu tak sabar menyantap buah yang kaya akan vitamin C ini. Disinyalir ternyata strawberry mampu membangkitkan hormon endorfin yang jadi pemicu perasaan bahagia. Tak hanya itu, flavanoid yang terkandung dalam strawberry berperan aktif sebagai antioksidan alami sebagai pencegah kanker. Waktunya asakan suasana hati yang lebih baik di tiap gigitannya!

4. Makanan pedas bisa jadi pemicu meningkatnya hormon endorfin

Selain makanan manis. ternyata makanan pedas yang menciptakan rasa panas di lidah juga bisa memperbaiki suasana hati yang buruk. Beberapa orang mungkin nggak suka dengan makanan pedas, namun tetap saja mereka akan tergiur mencobanya bahkan nggak jarang lho jadi ikut tergiur membubuhkan saus sambal di makanannya meski tak banyak. Setidaknya cita rasa pedas membuat makananmu jadi lebih menggiurkan bukan?

Siapa sangka efek rasa pedas yang membuat lidahmu seakan terbakar dan keringat bercucuran justru dapat membangkitkan perasaan yang lebih baik. Hal itu berasal dari senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai, paprika, atau kare pedas. Rasa tak nyaman di lidah yang ditimbulkan dari rasa pedas membuat otak secara alami mengatasi rasa sakit seperti terbakar itu dan memproduksi endorfin yang membunuh rasa sakit. Endorfin yang berpengaruh seperti morfium ini, rupanya membawa seseorang ke dalam euforia dan rasa bahagia.

5. Waktunya tea time! Buat suasana hati yang lebih rileks dengan secangkir teh hangat

Menikmati teh di pagi atau malam hari, dua-duanya berdampak baik untuk kesehatanmu. Minum teh di pagi hari jadi lebih semangat, sedangkan minum teh di malam hari membuat tubuhmu lebih rileks sebelum tidur. Teh memiliki kafein yang lebih sedikit dibanding kopi, serta asam amino theanin yang terkandung pada teh dapat meningkatkan performa mental sekaligus membuat pikiran jauh lebih tenang. Saat cemas melanda, kamu bisa segera menyeduh teh chamomile dan usir rasa gusar seketika sebab chamomile terbukti menurunkan tingkat kecemasan dan juga membuat tidurmu lebih nyenyak.

Ada pepatah yang mengatakan “You are what you eat”. Hal tersebut memang benar adanya. Asupan yang kamu makan adalah kamu, karena makanan tersebut dapat memengaruhi kondisi badan dan juga emosimu sendiri. Yuk, pilih makanan sehat untuk suasana hati yang lebih tenang dan hidup yang lebih baik!

Related Articles

1 comment

Agus setyo -

Good

Reply

Leave a Comment