Home Music Semua Baik-Baik Saja, Dengarkan 7 Lagu Penenang Hati Ini

Semua Baik-Baik Saja, Dengarkan 7 Lagu Penenang Hati Ini

Tujuh hari dalam seminggu, pasti ada hari di mana kamu merasa begitu jengah terganggu. Entah karena kerjaan di kantor yang sedang diburu-buru, atasan yang nggak kooperatif, sibuk berupaya keras mengumpulkan pundi-pundi untuk tabungan, macetnya jalanan, atau hal lain yang bikin mood kamu jadi gampang banget naik turun dan isi di kepala terasa begitu penuh. Namun, bukan berarti kamu harus terus sedih terpuruk dong. Daripada terus merutuk dan hati jadi makin terasa suntuk, coba deh ambil earphone dan dengarkan lagu-lagu berikut. Resapi bait-bait liriknya. Semoga bisa menjadi obat untuk hatimu yang sedang resah ya.

1. Hindia – Secukupnya

youtube.com/Visinema Pictures

Karya apik yang merupakan OST Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini memang punya lirik yang menenangkan  banget. Jika kamu sedang merasa banyak banget masalah yang menimpa, its okey to be not okey. Bersedihlah saja, tapi secukupnya.

Kita semua gagal

Ambil sedikit tisu bersedihlah secukupnya

Secukupnya

‘Kan masih ada penggantinya

Belum waktunya kau bisa menjawabnya

Secukupnya

Semua yang sirna ‘kan kembali lagi

Semua yang sirna ‘kan berganti

2. Hindia feat Rara Sekar – Membasuh

youtube.com/Sun Eater

Melodi indah dari Hindia yang bisa jadi self healing adalah Membasuh yang dinyanyikan bersama Rara Sekar. Official music video ini sudah diawali dengan kalimat-kalimat pengingat dan penyemangat, “Berharap dunia mengembalikan investasi perasaan, waktu, serta perasaan yang kita tanamkan ke orang lain atau kegiatan yang spesifik, seringkali kita dibuat kecewa karena buah hasilnya tidak manis. Mungkin selama ini semesta telah membayar balik ke masing-masing manusia, hanya saja dalam wujud yang tidak kita sadari, karena sibuk mencari yang lain. Terekam dalam memori, tersimpan di depan mata.

Cukup besar ‘tuk mengampuni ‘tuk mengasihi

Tanpa memperhitungkan masa lalu

Walau kering bisakah kita tetap membasuh?

Mengering sumurku terisi kembali

Kutemukan makna hidupku di sini

3. Rehat – Kunto Aji

youtube.com/Kunto Aji

Lagu ini mungkin sudah jadi salah satu playlist kamu. Turut menjadi salah satu OST NKCTHI, lagu ini sukses jadi penyemangat banyak orang. Bahkan nggak sedikit yang berbagi pengalaman di kolom komentar MV lagu ini. Liriknya memang begitu mendamaikan seolah jadi pengingat untuk lebih peduli dan mencintai diri sendiri.

Tenangkan hati semua ini bukan salahmu

Jangan berhenti yang kau takutkan takkan terjadi

Yang dicari hilang, yang dikejar lari

Yang ditunggu, yang diharap

Biarkanlah semesta bekerja untukmu

4. Jin BTS – Epiphany

youtube.com/Big Hit Labels

Walaupun sebagian besar lirik dalam lagu ini berbahasa Korea, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati. Selain memiliki alunan musik yang nyaman banget didengar di telinga, ada part suara hujan yang bisa ikut menenangkan suasana hati. Lagu ini sendiri bercerita tentang bagaimana kita harus mencintai diri kita sendiri. Meskipun pasti punya kekurangan, tapi diri ini berharga. Oleh karena itu, yang harus dicintai terlebih dahulu di dunia ini sebelum orang lain tentu saja diri sendiri. Kalau kamu penasaran, coba deh cari keseluruhan terjemahan liriknya. Beneran self love banget!

I’m the one i should love in this world

Biccnaeun nareul sojunghan nae yeounghaneul

Ijeya kkaedara so i love me

Jom bujukhaedo naemu areumdaum geol

I’m the one i should love

5. Isyana Sarasvati – Untuk Hati yang Terluka

youtube.com/Isyana Sarasvati

Salah satu lagu dari album terbaru Isyana bertajuk Lexicon ini juga punya lirik yang penuh semangat. Saat mendengarkan lagu ini, kita seolah ditemani melewati masa-masa penuh luka. Isyana sendiri mengungkapkan kalau lagu ini seperti sebuah surat yang ia kirimkan untuk siapapun yang sedang merasa sedih atau bingung supaya bisa jadi merasa lebih baik dan segera bangkit dari keterpurukan.

Untuk hati yang terluka, tenanglah kau tak sendiri

Untuk jiwa yang teriris, tenang ku ‘kan temani

Hidup itu sandiwara yang nyata ternyata delusi

Terlarut posesi berujung kau gila sendiri

Jika kau tak dapatkan yang kau impikan bukan berarti kau telah usai

Jika kau tak dapatkan yang kau impikan buka berarti kau telah usai

6. Isyana Sarasvati – Sikap Duniawi

youtube.com/Isyana Sarasvati

Masih dari album Lexicon milik Isyana, ada lagi lagu lain yang bisa jadi penyemangat hari kamu. Jika lagu-lagu bertema self healing atau mental health biasanya tenang dan cenderung mendayu, Isyana hadir dengan warna musik yang berbeda dalam lagu ini sehingga lagu yang ia nyanyikan terdengar begitu megah dan mewah. Dengan kreativitasnya, Isyana mampu membawa nuansa orkestra yang membuat emosi pendengarnya turut terlarut dalam tiap bait lirik yang terucap.

Hidup hanya sekali saja

Mungkin lagi tapi wujud berbeda

Maka jangan hiraukan kesempatan

Tutup telinga dari kata-kata menyakitkan

Renungkanlah mengapa kamu begitu membenci

Jangan rusak mimpi-mimpimu karena sikap duniawimu

7. Banda Neira – Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti

youtube.com/Banda Neira – Topik

Meski sangat disayangkan kalau Banda Neira harus bubar, lagu-lagunya tetap bisa kamu nikmati dan resapi. Karya Banda Neira yang cukup fenomenal dan jadi favorit banyak orang adalah lagu ini. Lagu ini punya lirik yang begitu menenangkan. Dinyanyikan dengan baik oleh Rara Sekar dan Ananda Badudu, pesan dalam lagu ini bisa jadi pengingat untuk diri sendiri kalau segalanya akan baik-baik saja karena pasti akan terobati dan berganti kembali.

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Yang hancur lebur akan terobati

Yang sia-sia akan jadi makna

Yang terus berulang suatu saat henti

Yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Kalau sudah didengarkan, lagu mana nih yang jadi favoritmu? Biasanya kamu mendengarkan lagu apa sih buat penyemangat diri? Yuk berbagi di kolom komentar.

Related Articles

Leave a Comment