Home Viral Thanks TikTok, Lagu Lawas Indonesia Viral dan Mendunia

Thanks TikTok, Lagu Lawas Indonesia Viral dan Mendunia

Belakangan ini aplikasi TikTok sedang digandrungi oleh pengguna media sosial di dunia, termasuk Indonesia. Uniknya, aplikasi ini menyebar hampir ke semua media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan sebagainya. TikTok sendiri merupakan platform media sosial yang merekam video pendek dengan dipadukan bersama musik yang dapat di-share ke berbagai media sosial lainnya. Kenapa sih bisa sampai viral atau booming lagi?

Aplikasi ini bisa kembali booming karena tak hanya kalangan masyarakat umum saja yang memainkannya, tetapi banyak juga lho public figure hingga pejabat yang ikutan juga. Sebut saja Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang mencuri perhatian dengan joget ‘entah apa yang merasukimu’. Ada lagi pembalap MotoGP, Valentino Rossi, Mark Marquez, hingga Vinales yang langsung viral di dunia maya karena lagu ‘goyang ubur-ubur’.

Jika melihat angka, total jumlah yang sudah mengunduh aplikasi ini di awal tahun 2020 sekitar 1,5 milyar. Wow, bukan angka yang sedikit ya. Bahkan aplikasi ini bisa mengalahkan jumlah download aplikasi raksasa, seperti Instagram dan Facebook. TikTok sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru saat ini, karna aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2016 dan sempat populer di Indonesia pada tahun 2018.

TikTok juga pernah mengalami beberapa masalah hingga sempat diblokir di Indonesia pada tahun 2018. Pemblokiran tersebut juga menuai pro dan kontra yang pada akhirnya aplikasi ini dibuka kembali dengan beberapa penyesuaian. Di Indonesia, TikTok pernah menjadi perbincangan pada saat itu, ketika seorang anak yang dikenal dengan nama Bowo Alpenliebe berhasil menjadi figur yang diidolakan oleh beberapa kalangan remaja. Walaupun tidak sedikit juga yang merespon negatif hinggga mem-bully.

Pada tahun 2019, lagu ‘entah apa yang merasukimu’ menjadi salah satu lagu yang paling hits digunakan pada aplikasi tersebut. Lagu tersebut juga sebenarnya sudah lama dirilis dan semakin dikenal masyarakat sejak digunakan di TikTok. Adalagi nih lagu lama yang langsung viral karena digunakan di aplikasi TikTok, yaitu Bagaikan Langit milik Potret karya Melly Goeslaw.

Nah, gimana dengan kamu, lagu apa yang menjadi favorit kamu?

Related Articles

Leave a Comment