Home Food 5 Menu Makan Murah di Indonesia, Famous di Luar Negeri

5 Menu Makan Murah di Indonesia, Famous di Luar Negeri

Indonesia jadi salah satu surganya kuliner. Mau cari makanan apa saja pasti ada. Mulai dari jajanan kaki lima, hingga kuliner fancy di restoran mewah dan mal. Menunya pun beragam, dari yang cuma snack hingga makanan berat, semuanya komplet tersedia. Selain lezat dan rasanya cocok di lidah, aneka makanan Indonesia juga terkenal karena harganya yang terjangkau. Buat kamu yang suka traveling ke luar kota bahkan luar negeri, pasti nggak bisa deh terpisahkan sama kenikmatan masakan nusantara. Eitts, tapi tenang aja, sekarang udah banyak lho spot makan di luar negeri yang menyajikan aneka menu Indonesia. Tunggu, tunggu! Walaupun bikin rasa kangen terobati, tapi kamu juga harus persiapkan diri karena harganya yang melejit alias langsung melonjak fantastis hingga berkali-kali lipat. Waw kira-kira menu apa saja ya?

1. Pecel Lele

Makanan dengan harga yang murah memang banyak diminati, termasuk menu tenda kaki lima ini. Pecel lele menjadi salah satu menu primadona yang mudah kamu jumpai saat kuliner malam. Untuk bisa menikmatinya kamu tinggal menyambangi tenda-tenda ikoniknya yang tersebar di sepanjang jalan. Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena hanya dengan harga 20 ribu Rupiah, seporsi nasi pecel lele tersaji lengkap dengan sambal dan lalapan. Beda lagi ceritanya kalau kamu makan di Swiss, harga seporsinya bisa menyentuh angka 237 ribu hingga 296 ribu Rupiah hanya untuk seporsi pecel lele.

2. Mi Ayam

Pasangannya bakso pastinya mi ayam dong. Menu makanan yang paling mudah ditemukan di pinggir jalan ini memang merakyat banget kan. Harganya pun nggak tanggung-tanggung lho, mulai dari 2 ribu hingga 13 ribu Rupiah saja untuk versi kompletnya. Namun kamu harus waspada kalau jajan mi ayam di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Harga seporsi mi ayam di sana bisa mencapai 120 ribu Rupiah. Bahkan lebih wow lagi, harga mi ayam di Belanda melejit hingga 140 ribu Rupiah.

3. Tempe

Sajian sederhana yang identik dengan masyarakat lokal ini diolah dari kacang kedelai. Walaupun sempat diributkan soal hak patennya, tetapi cita rasa gurih dan manis dari tempe ini tetap selalu mencuri hati. Kalau di Indonesia sendiri, tempe dijual dengan harga 5 ribu Rupiah. Pengolahannya pun cukup beragam menjadi menu simpel seperti tempe goreng, tempe orek, dan sambal tempe. Nah, tahukah kamu kalau di Inggris, tempe dijual seharga 270 ribu Rupiah per porsinya. Menakjubkan!

4. Sate

Hidangan daging ayam yang ditusuk, dibakar, lalu dilumuri bumbu kacang ini jadi salah satu menu makan malam yang menggiurkan. Apalagi kalau kamu menyantapnya bareng tambahan acar timun dan bawang merah. Wah, auto laper kan! Nah, biar nggak kelamaan ngiler langsung yuk pesan seporsi sate ayam atau sate kambing sesuai selera kamu. Nggak perlu pusing karena kamu hanya butuh budget sebesar 20 ribu Rupiah saja. Beda jauh banget kalau kamu membelinya di Jerman. Seporsinya bisa mencapai harga 150 ribu Rupiah. Makan sate bisa setahun sekali ini mah!

5. Pisang Goreng

Salah satu jenis makanan yang enak banget kalau dimakan pas lagi hujan nih. Yup, pisang goreng guys! Paling nikmat sih kalau disajikan bareng kopi atau teh hangat. Wuihhh, dijamin mantul banget. Selain karena keberadaannya yang mudah ditemukan, pisang goreng jadi camilan yang murah meriah. Kamu bisa langsung melahapnya hanya dengan menyiapkan kocek sebesar seribu Rupiah saja. Tapi oh tapi, di Belanda harganya langsung melonjak tinggi sekitar 90 ribu Rupiah.

Nggak nyangka ya, makanan yang bisa kita beli setiap hari dengan harga yang murah meriah justru dijual dengan harga yang fantastis, naik berkali-kali lipat. Gimana tertarik buat mencoba?

Related Articles

Leave a Comment