Home Travel Pendaki Pemula? Coba 5 Gunung Terfavorit di Jawa Barat Ini

Pendaki Pemula? Coba 5 Gunung Terfavorit di Jawa Barat Ini

Nggak terasa lho beberapa bulan lagi liburan, padahal masih di awal tahun. Banyak orang yang memanfaatkan liburan dengan pergi berwisata. Namun ada juga yang menguji adrenalin, salah satunya dengan naik gunung. Mendaki gunung kini memang menjadi salah satu aktivitas liburan yang kian digemari, khususnya oleh kalangan anak muda. Apakah kamu juga termasuk di dalamnya?

Tidak hanya akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang mengagumkan, mendaki gunung juga dipercaya bisa membentuk fisik dan mental menjadi lebih kuat untuk menjalani hidup. Nah, kalau kamu baru akan berniat melakukan sebuah perjalanan pendakian, sebaiknya pilihlah gunung dengan ketinggian di bawah 3.000 m di atas permukaan laut (3.000 mdpl) dan memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu curam. Berikut rekomendasi lima gunung untuk pendaki pemula di daerah Jawa Barat yang bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu melakukan pendakian pertamamu.

1. Gunung Papandayan, Garut (2.665 mdpl)

Gunung yang terletak di daerah Garut, Jawa Barat ini menjadi salah satu pilihan untuk kamu pendaki pemula. Alasan utamanya karena medannya yang cukup landai. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan dengan segala fasilitas untuk para pendaki di sepanjang jalur pendakian menuju puncak. Mulai dari toilet hingga warung makan di atas puncak bisa dengan mudah kamu temui. Meskipun tergolong mudah untuk didaki, tetapi pemandangan yang ditawarkan sepanjang jalur pendakian tidak bisa diremehkan, lho. Banyak spot-spot keren untuk berfoto, seperti suasana mistis di Hutan Mati. Pokoknya kamu nggak akan menyesal deh.

2. Gunung Gede, Sukabumi (2.958 mdpl)

Gunung Gede merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.958 mdpl. Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Ada tiga jalur alternatif untuk menuju ke puncak Gunung Gede, yaitu via jalur Gunung Putri, jalur Cibodas, dan jalur Selabintana. Namun, kebanyakan pendaki lebih menyukai jalur via Cibodas karena jalurnya yang cukup landai dengan mode track bebatuan. Untuk persediaan air, kamu nggak perlu khawatir. Dalam pendakian menuju puncak Gunung Gede, banyak sumber mata air. Ada juga toilet dan penduduk sekitar yang berjualan di pos Kandang Badak atau di puncak Gunung Gede.

3. Gunung Puntang, Pangalengan (2.222 mdpl)

Gunung yang berlokasi di selatan Bandung ini menjadi salah satu gunung yang wajib dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata alam keren dan menakjubkan. Kawasan pegunungan ini sudah sejak lama dijadikan tempat wisata alam dan hingga kini masih menjadi wisata yang ramai dikunjungi. Gunung Puntang yang memiliki ketinggian hingga 2.222 mdpl, juga dijadikan sebagai kawasan Bumi Perkemahan. Untuk kamu yang ingin berkemah, lokasi untuk mendirikan tenda tidaklah berada di puncak gunung, melainkan berada di ketinggian sekitar 1.300 mdpl dengan medan tempuh yang tidaklah sulit. Udara di kawasan Gunung Puntang juga tergolong sebagai udara yang sejuk dan segar. Jadi, untuk para pendaki pemula nggak ada salahnya dicoba, lho!

4. Gunung Salak, Bogor (2.211 mdpl)

Gunung Salak cocok banget buat kamu pendaki pemula. Gunung Salak dengan ketinggian sekitar 2211 mdpl ini punya jalur pendakian yang terbilang mudah. Meskipun begitu, ketika berada di puncaknya kamu tetap akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah serta memesona. Gunung ini berlokasi di kawasan Kabupaten Sukabumi dan juga Kabupaten Bogor. Gunung Salak dapat didaki melalui beberapa jalur. Puncak yang paling sering didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I. Jalur yang paling ramai adalah melalui Curugnangka, dari sisi utara gunung. Melalui jalur tersebut, pendaki akan sampai pada Puncak Salak II. Puncak Salak I biasanya didaki dari arah timur, yakni Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi. Puncak Salak I dapat juga dicapai dari Puncak Salak II, dengan banyak kesulitan dari Sukamantri, Ciapus. Di Puncak Salak I terdapat petilasan (berwujud kuburan) yang disebut-sebut sebagai petilasan “Embah Salak”. Jalur lain adalah “jalan belakang” lewat Cidahu, Sukabumi, atau dari Kawah Ratu, dekat Gunung Bunder.

5. Gunung Malabar, Pangalengan (2.341 mdpl)

Gunung Malabar memiliki ketinggian 2.341 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup bersahabat. Saat tiba di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kawasan pegunungan yang indah. Lokasinya di puncak tertinggi membuat pandangan mata tidak akan terhalangi pohon-pohon tinggi nan lebat. Bahkan jika cuaca sedang bersahabat, kamu bisa melihat panorama Kota Bandung, Gunung Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul.

Nah, itulah lima gunung favorit di Jawa Barat untuk kamu para pendaki pemula. Semoga bisa menjadi bahan referensi jika berencana liburan dan menjajal kawasan puncak terindah di area Bandung Selatan ini. Yuk, jadwalkan pendakian pertamamu.

Related Articles

Leave a Comment