Home Health Nggak Percaya Diri Terus? Yuk Belajar Cuek dan Ikuti Tips Ini

Nggak Percaya Diri Terus? Yuk Belajar Cuek dan Ikuti Tips Ini

Pernah nggak sih kamu merasa malu, nggak percaya diri, atau insecure saat berhadapan dengan orang lain? Tunggu, tunggu, tahu nggak fakta ini? Kalau kamu merasa kurang percaya diri itu sebenarnya bisa menghambat semua aktivitasmu sehari-hari. Padahal rasa percaya diri itu bisa jadi modal utama kamu untuk semangat dan nyaman dalam menjalankan semua agenda harian kamu. Masih bingung faktor apa yang bikin rasa percaya diri kamu itu mudah luntur? Terus gimana caranya buat mengatasinya? Simak dan catat baik-baik info ini dulu yuk, guys!

Rasa nggak percaya diri bisa dipicu karena beberapa alasan, tiga faktor ini harus kamu waspadai, lho.

1. Omongan negatif orang-orang di sekitarmu

Kok gendutan sih?’ atau ‘Gini aja nggak bisa. Dasar payah!’ Sering kali omongan-omongan negatif dari orang-orang di sekitarmu bisa membuat rasa percaya diri itu luntur dalam hitungan detik aja. Langsung drop seketika deh.

2. Rasa trauma yang menghantui

Pengalaman negatif yang pernah terjadi dan susah banget untuk kita lupakan bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat rasa percaya dirimu.

3. Kurang memahami dirimu seutuhnya

Sering kali yang terjadi pada orang-orang yang kurang percaya diri adalah mereka selalu menilai diri sendiri sesuai dengan omongan orang-orang di sekitar. Padahal penilaian orang lain terhadap dirimu itu belum tentu kamu banget lho? So, hati-hati yah guys!

Nah, kalau kamu sudah tahu apa saja yang membuat rasa percaya dirimu luntur, kamu nggak mungkin stay terus di keadaan itu dong dan selalu merasa nggak percaya diri. Rasa percaya diri yang kurang jika didiamkan lebih lama akan membuat kamu depresi. So, kita harus segera move on dari rasa yang nggak nyaman ini. Berikut beberapa tips untuk membangun rasa percaya diri kamu.

1. Selalu bersyukur dan berpikir positif

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengucap syukur. Bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepadamu dan percayalah karena apa yang kamu miliki sekarang adalah yang terbaik untuk kamu. Ucapan syukur itu harus kamu imbangi dengan pikiran positif. Dibalik segala kelemahan yang kamu punya, kamu pasti punya kelebihan yang orang lain nggak miliki.

2. Stop membandingkan dirimu dengan orang lain

Kamu harus stop membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena kamu dan orang lain yang kamu bandingkan jelas berbeda. Mulailah kembangkan potensi-potensi yang kamu punya di dalam dirimu, ya.

3. Pilihlah lingkungan yang positif

Lingkungan tempat kamu bergaul itu tentu sangat berpengaruh untuk rasa percaya dirimu. Pilihlah lingkungan yang dapat membuatmu berubah menjadi lebih positif dan juga yang bisa membuatmu menjadi diri sendiri.

4. Love yourself

Hal terakhir dan yang paling penting adalah kamu harus mencintai dirimu sendiri. Sebab dengan kamu mencintai dirimu sendiri, rasa percaya diri akan terbentuk dengan sendirinya. Ketika kamu mencintai dirimu, kamu nggak akan peduli dengan omongan negatif orang-orang terhadap dirimu. Kalau sudah begitu, biasanya rasa percaya dirimu akan terbentuk dengan sendirinya.

Semoga rasa percaya dirimu semakin bertumbuh dan bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia ya guys. “Be proud of who you are, and not ashamed of how others see you”.

Related Articles

Leave a Comment