Home Film Sekeren Parasite, Ini 6 Rekomendasi Film Korea Terbaik

Sekeren Parasite, Ini 6 Rekomendasi Film Korea Terbaik

Kemenangan film Parasite sebagai Film Internasional Terbaik sekaligus Film Terbaik Oscar di tahun 2020 turut membuat gempar banyak khalayak. Film yang disutradarai Bong Joon-ho ini disebut-sebut memiliki kekayaan budaya dan kekuatan karakter serta alur cerita. Makanya nggak heran kalau Parasite berhasil memenangkan empat dari enam kategori yang dinominasikan dalam ajang Academy Awards 2020 tersebut. Kemenangan Parasite tentu bisa menjadi sebuah pembuktian kalau film Korea nggak bisa dipandang sebelah mata. Selain Parasite, banyak juga lho film Korea lainnya yang nggak kalah keren. Berikut beberapa judul film yang siap masuk daftar tonton kamu.

1. Kim Ji-Young, Born 1982

youtube.com/EonTalk

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini disebut-sebut relate banget sama sebagian besar kehidupan SAHM alias Stay At Home Mom. Hal ini karena isu yang diangkat dalam film ini sebelas duabelas dengan budaya Indonesia yang sering kali masih menjunjung tinggi budaya patriarki. Bergenre drama, film ini mengisahkan tentang Kim Ji-Young yang berusaha melawan buruknya sistem patriarki di Korea. Ia banyak mendapatkan perlakuan tidak adil dan menanggalkan banyak hal penting dalam hidupnya hanya karena ia adalah seorang perempuan. Mulai dari mengalah soal pendidikan pada adik laki-lakinya hingga menghentikan karir untuk menjadi ibu rumah tangga. Siap-siap sedia tisu ya karena akan ada banyak scene yang bakal bikin kamu terharu.

2. Extreme Job

youtube.com/EonTalk

Di negara asalnya, Extreme Job sukses menjadi film kedua yang paling banyak ditonton sepanjang masa. Film dengan genre komedi kriminal ini mengisahkan tentang 5 orang detektif narkotika yang sedang bertugas untuk mengintai sebuah geng kejahatan terorganisir. Premisnya mungkin terdengar biasa, tetapi jangan salah film ini siap membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal karena ulah tiap personel detektif yang ajaib. Mereka melakukan pengintaian dengan cara yang unik seperti menyamar sebagai penjual ayam goreng. Siapa sangka, ternyata ayam goreng yang mereka jual laris manis karena enak dan menjadi terkenal. Hal ini tentu saja membuat segala rencana pengintaian jadi ambyar. Penasaran dengan nasib mereka? Pastikan untuk tidak melewatkan film ini dari daftar tontonan kamu ya.

3. The Handmaiden

youtube.com/Magnolia Pictures & Magnet Releasing

Salah satu film Korea yang terpilih dalam Cannes Film Festival 2016 ini menceritakan tentang Sook-hee, seorang pelayan wanita Korea yang ditugaskan untuk mengasuh Lady Hideko, wanita Jepang kaya raya. Sook-hee yang terlihat polos dan baik hati, ternyata hendak menipu Hideko. Ia bekerja sama dengan Fujiwara untuk membuat Hideko jatuh cinta pada Fujiwara. Ketika Fujiwara berhasil menikahi Hideko, Hideko akan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa dan seluruh harta milik Hideko akan menjadi milik Fujiwara. Kenyataannya banyak intrik yang siap membuat kamu tercengang dan terkaget menjelang akhir cerita. Film dengan genre psychological thriller yang disutradarai Park Chan-wook ini memang cukup bikin mikir, tetapi reccomended banget. Apalagi buat kamu yang suka dengan ending cerita yang plot twist.

4. Train to Busan

youtube.com/MovieClips Indie

Buat kamu penggemar genre zombie, film ini bisa jadi pilihan kamu untuk mengisi waktu luang. Plus, kamu yang ngefans sama Gong Yoo bisa berpuas ria menyaksikan akting dan wajahnya yang rupawan. Film yang juga terpilih dalam Cannes Film Festival 2016 ini mengisahkan tentang Seok-woo yang sedang melakukan perjalanan di kereta menuju Busan untuk bertemu dengan istrinya. Seok-woo tidak sendirian, ia pergi bersama dengan putrinya yang sedang berulang tahun. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan itu berubah menjadi mimpi buruk. Kepanikan terjadi demi menyelamatkan diri dari para zombie. Kabarnya, film ini sedang dibuat sekuel kedua dengan judul Peninsula yang akan tayang menjelang akhir tahun ini.

5. The Beauty Inside

youtube.com/MovieClips Indie

Gimana rasanya kalau saat bangun tidur, kamu berada di tubuh yang berbeda dari hari sebelumnya? Kamu bahkan nggak bisa memilih mau jadi orang tua, anak kecil, laki-laki, atau perempuan. Hal inilah yang dialami oleh Woo-jin saat terbangun di pagi hari. Ia berada dalam tubuh yang berbeda. Satu-satunya hal yang tidak berubah dalam hidupnya adalah sosok gadis yang ia cintai bernama Yi-soo. Film yang memenangkan beberapa penghargaan ini menghadirkan banyak aktor dan aktris populer, seperti Park Shin-hye, Lee Dong-wook, Seo Kang-joon, dan Lee Hyun-woo. Film ini juga sempat di-remake dalam bentuk drama seri Korea dengan judul yang sama di tahun 2018. Bedanya, jika di film yang berubah si laki-laki, dalam versi dramanya yang berubah justru si perempuan.

6. Miracle in Cell No.7

youtube.com/MuvilaTrailer

Film ini merupakan tipikal film yang siap bikin kamu ketawa, tetapi juga menangis setelahnya. Bercerita tentang seorang ayah dengan cacat mental yang dipaksa untuk mengakui tindak kejahatan pembuhunan dan pemerkosaan yang sebenarnya tidak pernah ia lakukan. Ia pun harus dipenjara dan berpisah dengan putri semata wayangnya. Bersama dengan teman-temannya di sel nomor 7, ia berusaha untuk dapat bertemu dan menyelundupkan anaknya ke dalam sel. Persahabatan yang terjalin antarnarapidana di sel nomor 7 beneran kocak sekaligus terharu. Film yang sukses besar di Korea ini juga dibuat ulang sekuelnya di beberapa negara lho, yaitu India, Filipina, dan Turki. Kabarnya Indonesia juga akan menyusul di tahun ini. Wah, kita tunggu bersama kehadirannya ya.

Dari daftar film ini, kira-kira judul mana nih yang paling bikin kamu penasaran untuk ditonton duluan?

Related Articles

Leave a Comment