Home Food Intip 7 Mie Nusantara yang Rasanya Menggoda Selera

Intip 7 Mie Nusantara yang Rasanya Menggoda Selera

Jika kamu penggemar makanan berat mie, pas banget nih kalau kamu mampir ke sini. Yup, kali ini kita akan membahas beragam sajian kuliner yang ada di Indonesia dengan bahan baku utama mie. Mulai dari pulau Sumatra hingga Papua, kamu bisa mencicipi beragam sajian mie Nusantara dengan cita rasa yang berbeda tentunya. Apalagi, bumbu serta rempah-rempah yang ditawarkan dari tiap menunya bikin kamu ingin langsung segera mencobanya. Penasaran sajian mie apa saja yang wajib kamu coba? Simak ulasan lengkapnya berikut!

1. Mie Ongklok Wonosobo

Kamu sedang berada di daerah Wonosobo? Wah, harus banget nih cobain mie ongklok yang pastinya spesial di lidah. Diracik dengan potongan sayur kol dan daun kucai serta tambahan kuah kental berwarna cokelat, membuat tampilannya semakin menggoda selera. Sebagai pelengkapnya, ditambahkan taburan bawang goreng dengan irisan cabai pedas yang terasa lezat tentunya. Jangan lupa ya, mie ongklok ini biasa dihidangkan dengan sate sapi berbumbu kacang, tempe kumul, dan kerupuk tahu.

2. Mie Kocok Bandung

Musim hujan dan suasana dingin kaya gini memang paling pas kalau menyantap mie kocok khas Bandung. Sajian mie ini dibuat dengan kuah kaldu sapi kental yang menggunakan topping irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng. Bayangkan deh, betapa nikmatnya sajian sederhana ini!

3. Mie Godog Jogja

Jika kamu sedang mencicipi kuliner khas Jogja, jangan lupa untuk merasakan sensasi nikmatnya bakmi godog. Menu ini disajikan dengan beberapa varian yakni rebus, goreng, dan setengah basah. Cita rasa bumbunya sangat khas karena dimasak dengan anglo atau tungku arang yang membuat rasanya dijamin lezat dan bikin kangen banget. Apalagi topping suwiran ayam, telur, kol, tomat, dan daun bawang di atasnya menambah kelezatan yang semakin tidak ada duanya.

4. Mie Cakalang Manado

Kuliner Manado yang mungkin banyak diburu oleh para pelancong adalah mie cakalang. Meskipun dari bentuknya terlihat seperti mie pada umumnya, tetapi kenikmatan potongan ikan cakalang fufu atau cakalang asap membuat rasa dan aroma mie terasa khas dan nikmat tentunya. Jangan lupa untuk dicoba ya!

5. Mie Titi Makassar

Pernah mencoba mie titi khas Makassar? Kalau belum, buruan coba deh. Mie asal Makassar ini terbilang unik karena terbuat dari mie kuning yang digoreng hingga kering. Tambahan sayuran hijau, bakso goreng, potongan ayam, dan kuah kaldu yang kental dengan rasa yang gurih, membuat rasanya semakin khas. Wah, pastinya bikin perut kamu tambah keroncongan nih.

6. Mie Celor Palembang

Selain terkenal dengan hidangan pempek, Palembang juga punya sajian mie dengan julukan spageti ala Indonesia. Menu ini menggunakan mie kuning dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk lurus. Uniknya, kuah mie celor Palembang terasa kental dan gurih karena perpaduan santan, terigu, kuah kaldu udang, dan juga telur di dalamnya.

7. Mie Aceh

Siapa sih yang tidak mengenal mie Aceh. Yup, makanan yang satu ini masih menjadi favorit pecinta mie. Dibuat dengan berbagai bumbu rempah bikin kuah mie Aceh terlihat kental ketika disantap. Topping yang biasa ditambahkan ada udang, cumi, daging sapi, dan kepiting irisan. Eits tunggu dulu, ,ie Aceh lebih nikmat jika disantap dengan tambahan acar, emping, bawang goreng, dan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Jadi, kamu paling suka mie Nusantara yang mana nih?

Related Articles

Leave a Comment