Home Health Jangan Dibuang, 7 Biji Buah Ini Bagus Buat Imunitas Tubuh

Jangan Dibuang, 7 Biji Buah Ini Bagus Buat Imunitas Tubuh

Cuaca yang lagi nggak bersahabat, ditambah lagi dengan adanya pandemi Corona alias COVID-19 yang juga sedang melanda Indonesia ini bikin kita mau nggak mau harus pintar memilih asupan makanan supaya daya tahan tubuh terjaga dengan paripurna. Makan makanan yang sehat dan bergizi sesuai dengan porsi jadi salah satu hal baik yang bisa kamu terapkan. Selain karbohidrat dan protein yang umumnya jadi menu wajib dalam isi piring, buah-buahan juga jampai sampai ketinggalan ya.

Banyak kandungan vitamin dalam buah yang bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Nggak cuma dari daging buahnya, tetapi juga sampai ke bijinya ternyata punya banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu. Yuk simak apa saja buah-buahan yang bisa kamu konsumsi bijinya.

1. Avokad

Selain daging buahnya yang enak, biji buah avokad atau biasa disebut alpukat ini ternyata memiliki sifat bakterisida dan fungisida, lho. Hasil penelitian dalam International Journal of Research in Pharmacology mengungkapkan bahwa mikroorganisme berbahaya dalam tubuh bisa dinetralkan dengan biji avokad. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi diyakini mampu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, dan punya sifat antidiabetes. Tentu saja kamu harus mengolahnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Keringkan biji avokad, lalu parut hingga menjadi serbuk. Kamu bisa menjadikannya sebagai teh atau sebagai topping dalam smoothie.

2. Semangka

Biasanya saat memakan semangka pasti kita lebih memilih yang tanpa biji karena malas untuk menyisihkan dan membuang bijinya. Padahal biji buah semangka ternyata aman untuk dimakan. The American Cancer Society mengungkapkan bahwa biji semangka punya kandungan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang berkhasiat dalam pembentukan kekebalan tubuh dan sistem saraf. Nggak cuma itu, kandungan vitamin dalam biji semangka juga bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung kronis. Kamu bisa mengonsumsi langsung biji semangka tanpa perlu melalui proses pengolahan. Jadi, sekarang jangan dibuang lagi ya biji semangkanya.

3. Anggur

Siapa sangka ternyata biji buah anggur yang mungil ini mengandung zat kolagen yang bagus untuk kulit. Dalam biji anggur juga terdapat kandungan mineral zinc dan mangan yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Dalam beberapa penelitian, biji anggur bahkan dinyatakan mampu mencegah kanker, gagal jantung, dan gangguan stres oksidatif. Walaupun biji anggur dapat kamu konsumsi langsung, tetapi memang akan terasa sedikit pahit saat digigit. Supaya nggak terlalu terasa, kamu bisa memakannya berbarengan dengan daging anggurnya ya.

4. Pepaya

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Przeglad Gastroenterologiczny, biji buah pepaya ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan zat antiseptik dan enzim carpaine yang ada dalam biji pepaya bermanfaat untuk membersihkan racun dan infeksi parasit yang ada di dalam tubuh. Nggak cuma itu, biji pepaya juga dapat mengurangi risiko kanker, melawan infeksi, dan melindungi fungsi ginjal. Kamu bisa mengonsumsi langsung biji pepaya bersama daging buahnya. Kalau takut rasanya bakalan aneh, biji pepaya bisa kamu jadikan sebagai isi dari infused water. Cukup masukkan beberapa sendok biji pepaya ke dalam botol berisi air, diamkan di kulkas atau di suhu ruang minimal 6 jam.

5. Jeruk

Ada banyak banget jenis jeruk yang biasa kita konsumsi. Sebut saja jeruk lemon, limau, nipis, keprok, bali, dan dekopon. Pada dasarnya, semua jenis buah bermarga Citrus ini bijinya bisa kamu konsumsi. Dalam biji buah jeruk terdapat lemak omega yang bisa membantu mengurangi peradangan. Selain itu, ada juga asam salisilat yang punya manfaat bagus untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi biji jeruk setiap hari diyakini bisa meningkat imunitas tubuh juga, lho. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menggiling atau menyangrainya terlebih dahulu. Yuk, cobain!

6. Durian

Raja dari segala buah ini punya nutrisi yang bermanfaat di bagian bijinya. Berdasarkan penelitian yang dikemukakan oleh International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Science, biji buah durian mampu mengatasi masalah pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan tulang, menguatkan otot tubuh, dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Namun, pastikan kamu mengonsumsi biji durian dalam keadaan matang ya. Kamu bisa merebusnya terlebih dahulu supaya biji durian aman untuk dimakan. Soalnya, biji durian yang mentah punya kandungan lemak siklopropena yang berbahaya untuk tubuh kalau kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

7. Nangka

Memiliki bentuk biji yang nggak jauh berbeda dengan durian, biji buah nangka punya segudang nutrisi untuk tubuh. Cukup dengan mengonsumsi buah nangka, kamu bisa mendapatkan protein, karbohidrat, serat, vitamin A, B, C, kalsium, seng, dan fosfor. Soal khasiat, biji nangka bisa membantu menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan pencernaan, menghindari anemia, menghilangkan stres, dan menguatkan sistem imunitas tubuh kamu. Biji nangka disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan matang, sama seperti biji durian. Jadi, jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu ya.

Nah, dari ketujuh buah tersebut, mana saja nih yang sudah pernah kamu makan bijinya? Kalau belum, yuk mulai biasakan untuk mengonsumsinya juga demi imunitas tubuh yang lebih kuat.

Related Articles

Leave a Comment