Home Career Tetap Produktif, Intip 9 Tips Work From Home ala Puti Puar

Tetap Produktif, Intip 9 Tips Work From Home ala Puti Puar

Dalam rangka menerapkan social distancing untuk mencegah penularan virus Corona, beberapa perusahaan akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) selama dua minggu kepada para karyawannya. Terdengar menyenangkan ya, karena bisa remote kerjaan dari rumah, nggak perlu ketemu macet, atau berdesakan naik transportasi umum. Namun pada kenyatannya, WFH juga punya tantangan tersendiri. Apalagi kalau kasur beserta teman-temannya si bantal, guling, dan selimut terlanjur bikin nyaman. Yah, bisa-bisa yang ada malah ambyar deh semua kerjaan.

Belum lagi kalau kamu tipe ekstrovert yang harus ketemu banyak orang. WFH pasti jadi hal yang bisa menguras energi banget karena kamu jadi minim tatap muka sama rekan kerja atau kolega. Nah, Puti Puar (@byputy), ilustrator dan penulis yang terkenal dengan karya-karyanya yang khas dan karakter kelincinya yang menggemaskan ini membagikan pengalamannya nih gimana caranya supaya WFH bisa jadi efisien. Yuk simak apa saja sih tipsnya.

1. Kenali KPI alias Key Performance Indicator kamu, buat daftarnya, dan jangan ragu untuk berdiskusi dengan atasan atau rekan kerja satu tim.

2. Buat rencana kerja selama WFH. Daftar ini memang fleksibel, bisa berubah dari hari ke hari. Setidaknya, kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan.

3. Buat batasan antara profesionalitas dan kehidupan pribadi. Beri pengertian ke diri sendiri dan orang di sekitar kamu kalau kamu lagi kerja dari rumah, bukan liburan.

4. Kalau kamu punya area kerja sendiri, itu akan jauh lebih baik. Jangan kerja dari tempat tidur karena kerjaan pasti nggak akan selesai. Apalagi buat kamu yang nggak biasa kerja dari rumah.

5. Atur jam kerja kamu. Sebisa mungkin, tetap lakukan ritual yang biasa kamu lakukan saat hendak ke kantor. Mulai dari bangun pagi di jam yang sama, sarapan, kerja, ishoma, lalu lanjut kerja lagi sampai sesuai dengan jam kerja pulang kantor.

6. Biar WFH nggak bikin bete, siapin juga camilan kesukaan atau gunakan essential oil dan wewangian yang bisa bikin kamu semangat menyelesaikan pekerjaan.

7. Siap siaga kalau tiba-tiba harus online meeting. Kalau memang harus berpakaian rapi, kamu sudah harus menyiapkan pakaian yang akan kamu kenakan.

8. Review to do list di akhir jam kerja. Apakah semua sudah tuntas? Apakah ada hal yang bisa kamu tingkatkan untuk besok? Kalau perlu, buat juga to do list untuk keesokan harinya.

9. Rayakan akhir jam kerja dengan melakukan hal yang nggak berhubungan dengan kerjaan. Contohnya, bersantai dengan nonton film di Netflix.

Semoga tips-tips tersebut bisa menyukseskan Work From Home (WFH) kamu ya. Yuk tetap semangat bekerja meski harus dilakukan dari rumah. Kita pasti bisa!

Related Articles

Leave a Comment