Home Food Cegah Virus, Yuk Konsumsi 6 Makanan Penguat Imun Tubuh

Cegah Virus, Yuk Konsumsi 6 Makanan Penguat Imun Tubuh

Maraknya virus Corona yang menguncang dunia, membuat semua orang perlu mewaspadai sistem kekebalan tubuh dirinya sendiri. Pasalnya, COVID-19 ini lebih sering menyerang korban yang memiliki imun rendah atau daya tahan tubuh yang lemah. Selain pentingnya hidup bersih, kamu juga perlu membiasakan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, lho. Mulai dari sayuran atau buah-buahan guna meningkatkan kualitas imun tubuh yang lebih baik. Jika imunitas bagus, tubuh kamu akan mudah menangkal berbagai virus, termasuk virus Corona. Wah penasaran, apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak dan catat referensi berikut ya.

1. Jeruk

Memiliki kadar vitamin C yang tinggi membuat buah jeruk dianggap sebagai buah-buahan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain rasa yang segar, ternyata jeruk punya banyak manfaat juga. Yup, jeruk berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit pernapasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lain. Jadi penting banget kan, mengonsumsi jeruk setiap hari.

2. Jambu Biji

Siapa sih yang nggak suka buah jambu biji. Ternyata jambu biji mengandung vitamin C lebih tinggi dibanding jeruk, lho. Selain mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, jambu biji dapat menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan infeksi bakteri lainnya.

3. Kunyit

Untuk mendapatkan kandungan vitamin C, nyatanya tidak hanya rajin dalam mengonsumsi buah-buahan saja. Kunyit menjadi salah satu produk herbal yang memiliki kandungan lipopoliskarida guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, rajin mengonsumsi kunyit dapat menurunkan risiko flu dan infeksi bakteri. Jangan lupa untuk mengolahnya terlebih dulu sebagai minuman atau jamu ya.

4. Jahe Merah

Sebenernya tidak hanya kunyit saja yang mampu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe merah juga dikenal sangat efektif dalam mengurangi peradangan saat flu, sakit tenggorokan, dan masuk angin. Apalagi kandungan antioksidan yang terkandung dalam jahe merah dapat mempertebal imun tubuh sehingga kamu tidak mudah tertular penyakit.

5. Brokoli

Mungkin brokoli dianggap sebagai sayuran yang tidak banyak disukai. Namun, tahukah kamu ternyata brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang dipenuhi berbagai vitamin seperti vitamin A, C, dan E serta kaya mineral dan serat. Wah, banyak manfaatnya bukan. Brokoli juga mengandung antioksidan yang ampuh untuk menangkal berbagai virus dan memaksimalkan daya tahan tubuh kita.

6. Bayam

Kebanyakan orang-orang mengonsumsi bayam sebagai pelengkap makanan empat sehat lima sempurna. Namun ternyata sayur berwarna hijau ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan betakaroten. Berbagai kandungan ini bermanfaat untuk melawan infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Bayam juga banyak mengandung mineral yang baik buat tubuh kamu, lho.

Jadi, sudah siap mengubah pola makan kamu dengan menu-menu pelengkap nan sehat ini?

Related Articles

Leave a Comment