Home Food Serupa tapi Tak Sama, Kenalan Yuk Sama 7 Jenis Kurma Ini

Serupa tapi Tak Sama, Kenalan Yuk Sama 7 Jenis Kurma Ini

Buah kurma menjadi salah satu hidangan takjil yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Secara umum, kurma mengandung karbohidrat sederhana, yaitu gula, sukrosa, dan fruktosa. Selain itu, buah kurma juga kaya akan zat besi, kalsium, folat, vitamin K, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin. Maka dari itu, buah kurma sangat bagus dikonsumsi untuk menambah energi setelah seharian penuh berpuasa. Namun, tahukah kamu bahwa meskipun terlihat serupa, kurma memiliki beberapa jenis yang tak sama serta khasiatnya sendiri. Yuk, kenalan sama 7 jenis kurma yang familiar di Indonesia ini.

1. Kurma Ajwa

Jenis kurma yang satu ini disebut juga kurma nabi, karena dulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Kurma ajwa memiliki tekstur yang kering, tetapi lembut di mulut, warnanya lebih gelap dan terdapat garis-garis di bagian ujung buah dengan daging lebih padat daripada kurma lainnya. Rasa kurma ini hampir mirip dengan kismis dan tidak terlalu manis. Beberapa orang beranggapan bahwa kurma ajwa memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan dipercaya dapat melindungi tubuh dari racun.

2. Kurma Ambera

Kurma ini dikenal dengan bentuknya yang lebih besar dari kurma lainnya. Daging buahnya besar dengan bijinya kecil. Kurma ambera memiliki kualitas paling tinggi di Madinah dan dikenal dengan kekuatan penyembuhan alaminya sehingga banyak orang Madinah mengonsumsi kurma yang satu ini.

3. Kurma Barhi

Saat baru dipetik, kurma barhi memiliki rasa yang mirip dengan karamel. Bentuknya lebih bulat dibanding kurma sukkari. Kurma ini berukuran paling kecil dan paling rapuh di antara kurma lainnya. Kulit dan dagingnya yang keras akan berubah warna menjadi kuning. Saat diawetkan akan berubah warna menjadi cokelat keemasan.

4. Kurma Deglet Noor

Deglet Noor artinya kurma yang bercahaya. Hal ini disebabkan warnanya yang terang dan keemasan saat terkena paparan sinar matahari. Kurma ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang tidak terlalu manis. Nah, kurma deglet noor sering banget dijadikan bahan masakan. Oh ya, kurma ini juga mendapat julukan ‘queen of all dates‘ atau ratu dari segala kurma.

5. Kurma Khudri

Kalau yang satu ini paling sering ditemui di Indonesia. Ciri khas dari kurma khudri adalah tekstur kulitnya yang kusut dan berwarna cokelat gelap. Kurma ini menjadi salah satu kurma yang paling sering diekspor, lho. Hal ini dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan memiliki ketahanan yang cukup lama.

6. Kurma Sukkari

Varian kurma ini memiliki warna kecokelatan dan daging yang lembut. Ada dua jenis kurma sukkari, yaitu basah dan kering. Jenis kurma sukkari basah paling sering dikonsumi oleh para raja di Arab. Kurma sukkari basah ini punya tekstur lembut dan lumer di mulut. Istimewanya, kurma ini memiliki khasiat untuk menambah stamina para pria, lho.

7. Kurma Thoory

Kurma thoory memiliki tekstur yang cukup kering. Kurma ini tidak memiliki kacang di dalamnya dan buahnya agak keras. Namun, kamu tetap bisa merasakan sensasi kacang dengan rasa manis yang mendominasi. Jenis kurma ini memiliki keunikan, yaitu warnanya yang berubah menjadi biru jika diawetkan. Kurma thoory juga disebut kurma roti karena biasanya digunakan sebagai bahan campuran olahan roti.

Nah, itu dia jenis-jenis kurma yang serupa, tetapi sebenarnya tak sama. Kalau kamu paling sering konsumsi jenis kurma yang mana nih?

Related Articles

Leave a Comment