Home Health 5 Perawatan Wajah Bebas Kusam Untuk Kulit Sawo Matang

5 Perawatan Wajah Bebas Kusam Untuk Kulit Sawo Matang

Tenang girls, cantik nggak harus putih kok. Buktinya artis cantik Tara Basro pemilik kulit sawo matang yang eksotis selalu tampil memukau dan menunjukkan bahwa tanpa kulit seputih artis Korea pun kamu masih bisa tampak flawless kok. Namun, hal tersebut nggak terjadi begitu saja. Tetap ada rahasia perawatan wajah untuk kulit sawo matang agar performamu semakin outstanding.

Di balik hasil yang memesona selalu ada usaha yang tak sia-sia. Kalau kamu tipikal orang yang malas merawat kulit, setidaknya lakukan perawatan sederhana ini agar wajahmu tampak lebih segar dan nggak kusam. Alih-alih harus dikeluhkan, justru kulitmu yang sawo matang mempermanis aura kamu, lho. Asalkan tetap terus dijaga kebersihannya ya.

1. Cuci muka saja nggak cukup, kamu perlu double cleansing

Tanpa ataupun dengan makeup, wajah tetap membutuhkan double cleansing. Sabun cuci muka yang kamu gunakan belum tentu punya kekuatan mengangkat kotoran di wajah sehebat makeup remover atau milk cleanser. Membersihkan wajah adalah hal yang penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Double cleansing membantu kamu lebih mudah membersihkan area wajah yang sering terlupakan seperti di bawah dagu, leher, dan rahang.

2. Lakukan eksfoliasi seminggu dua kali

Mengapa eksfoliasi itu penting? Eksfoliasi dapat membantumu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam. Meskipun penting, eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari agar tidak menyebabkan iritasi karena kulit terlalu sering terkikis. Cukup lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Pengangkatan sel kulit mati dapat kamu lakukan di pagi atau malam hari. Kamu bisa melakukannya di malam hari setelah seharian beraktifitas dengan makeup atau di pagi hari setelah bangun tidur saat wajah terlihat kusam karena kualitas tidur yang tidak cukup baik.

3. Jangan pernah lupakan sunscreen, paling tidak yang memiliki SPF 30 PA+++

Sunscreen menjadi salah satu bagian terpenting dalam perawatan kulit sawo matangmu agar tidak terlihat kusam. Pelindung wajah dari pengaruh buruk sinar matahari ini dapat mencegah warna kulitmu semakin gelap dan terhindar dari risiko buruk lainnya seperti flek hitam dan penuaan dini. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30. Semakin tinggi SPF-nya, semakin baik juga sunscreen tersebut dalam melindungi kulitmu. Namun, kamu juga perlu memilih suncreen yang cocok dengan kondisi kulitmu ya agar tidak membuat wajah menjadi berminyak.

4. Pilih moisturizer yang cocok dengan kulit, pelembap itu perlu lho!

Moisturizer tidak hanya berfungsi melembapkan kulit wajah yang kering setelah mencuci muka, tetapi juga memberikan nutrisi untuk kulit. Tentunya sesuai dengan kegunaan moisturizer yang kamu pilih seperti dapat memudarkan dark spot bekas jerawat atau membuat wajahmu terlihat lebih flawless. Meskipun kulitmu berminyak, kamu tetap membutuhkan pelembap sebagai pelindung lapisan kulit terluar dan kandungan nutrisinya untuk vitamin kulit. Dianjurkan memilih moisturizer yang ringan dan mudah diserap untuk pemilik kulit berminyak.

5. Rawat kesehatan kulit dari dalam dengan rajin minum air putih

Semua perawatan yang sudah kamu lakukan tetap saja belum lengkap kalau kamu tak menjaga kebutuhan kulit dari dalam seperti mengonsumsi sayur, buah, dan minum air putih. Ternyata air putih berperan penting dalam peremajaan kulit dan hidrasi kulit sehingga membantu kulit tetap lembap dan sehat. Kalau rajin minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, si kulit sawo matang pun nggak perlu lagi merasa tak percaya diri karena kamu pun sudah fresh dari dalam.

Apapun warna kulitmu, merawat wajah dari hal-hal sederhana wajib dilakukan kalau nggak mau punya wajah kusam dan terlihat tak terawat. Memang sih, sesederhana apapun perawatan tersebut kamu tetap butuh usaha. Mana bisa punya kulit wajah sehat dan flawless kalau kamu saja malas mencuci muka, malas pakai sunscreen, dan malas minum air putih. Hmm, kecuali kamu memang titisan dewa sih ya!

Related Articles

Leave a Comment