Home Career Dijamin Sukses, Ini 6 Profesi Keren Milenial di Era Digital

Dijamin Sukses, Ini 6 Profesi Keren Milenial di Era Digital

Kalau besar mau jadi apa? Pernah nggak sih dapat pertanyaan kaya gitu waktu zaman masih duduk di bangku sekolah. Kalau kita flashback nih, jawaban yang akan terlontar umumnya adalah jadi dokter, polisi, atau guru. Namun, sebenernya profesi seperti itu masih cocok nggak sih di era digital, masanya kaum milennial kaya sekarang ini? Banyak banget lho yang udah kepikiran dan menggeser profesi-profesi jadul tersebut jadi profesi yang dulu dipandang sebelah mata. Kamu sendiri mau coba profesi-profesi keren ini? Udah nggak perlu khawatir, dijamin sukses deh. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Chef

Chef alias juru masak kini jadi salah satu profesi yang menjanjikan. Banyak banget chefchef asal Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Sebut saja, Chef Juna, Chef Marinka, Chef Arnold Poernomo, dan Chef Bara Pattiradjawane. Nggak harus lulus atau jadi jebolan dari sekolah memasak, banyak banget juga lho chef amatir yang belajar secara otodidak dan berhasil jadi celebrity chef. Yuk, yang hobi campur-campur bahan di dapur, boleh banget nih dicoba!

2. Komikus

Dunia sosial media memang bikin anak muda menjadi semakin kreatif. Salah satunya adalah dengan munculnya meme yang super kocak. Sama halnya seperti chef, profesi yang satu ini nggak perlu jauh-jauh menempuh sekolah formal. Cukup dengan kemampuan menggambar, imajinasi yang liar, dan kreativitas yang tinggi. So, siapa pun yang bisa bikin meme yang unik, kocak, dan langsung viral, langsung tentuin pilihan jadi komikus handal.

3. Musisi

Banyak banget musisi yang dipandang sebelah mata karena profesi yang digelutinya, sebut saja Armand Maulana, Judika, dan Slank. Apalagi dengan kasus pembajakan lagu dan semakin berkurangnya acara musik di televisi bikin profesi ini semakin ‘seret’ secara finansial. Namun, semuanya berubah ketika era digital bergulir. Platform digital streaming seperti Spotify dan Joox serta platform YouTube membantu berjayanya kembali para musisi Indonesia. Kamu yang baru mau mulai bisa juga lho pakai platform tersebut dan nggak perlu lagi repot-repot keluar masuk label rekaman seperti zaman dulu.

4. Fashion Designer

Suka gambar atau suka mix and match baju? Hmmm, kayanya ada satu profesi yang cocok untuk kamu. Siapapun kamu baik cewek atau cowok bisa cobain terjun di dunia fashion. Semua usaha kamu bisa dimulai dengan belajar menggambar desain baju plus menjahit. Nggak perlu minder dengan para fashion designer yang sudah punya nama. Kamu bisa mulai cari klien dari teman-teman kamu yang butuh seragam bridesmaids, kebaya wisuda, atau gaun pertunangan. Mau langsung coba?

5. Fotografer

Ini nih profesi yang bikin persaingan di Instagram semakin berwarna. Semua orang mendadak jadi doyan foto-foto yang estetik nan instagramable. Profesi ini juga bisa banget dipelajari secara otodidak plus nggak perlu dengan alat-alat yang mahal. Cukup pakai smartphone kamu terus pakai aplikasi edit yang gratis, kamu bisa langsung belajar jadi fotografer pemula yang mumpuni.

6. Sutradara

Selain dunia fotografi, satu bidang yang juga wajib dilirik oleh kaum milennial adalah dunia perfilman. Bidang ini nggak perlu bakat alam, tetapi butuh keseriusan dan ketekunan untuk belajar. Banyak banget sumber-sumber informasi yang bisa kamu dapatkan untuk mengasah kemampuanmu sebagai seorang sineas film. Tempat untuk berkreasinya juga semakin luas lho plus banyak banget ajang perlombaan film pendek atau dokumenter yang jadi wadah bagi para sineas muda untuk membuktikan kreativitas yang dimilikinya.

So, profesi keren apa nih yang bakal jadi pilihan kamu?

Related Articles

Leave a Comment