Home Career Rahasia LINE Creator Pururunpun, Peluang Emas Freelancer

Rahasia LINE Creator Pururunpun, Peluang Emas Freelancer

pururunpun

Di zaman yang modern dan serba digital ini, peluang kerja bisa jadi semakin besar. Ada aja deh jalan biar bisa dapat cuan yang banyak. Nggak cuma khayalan belaka nih, ada satu sosok milenial yang sudah membuktikannya. Namanya Niken Indraswari, perempuan muda berusia 25 tahun yang merupakan lulusan DKV dari Universitas Komputer Indonesia, Bandung. Terus, apa sih yang bikin beda? Coba deh sekarang buka aplikasi LINE kamu dan search di bagian stiker dengan nama Pururunpun. Itu dia bocoran karya-karya cute hasil kreativitas dari si mungil Niken. Pengin juga berkarya jadi LINE Creator seperti Pururunpun? Yuk, simak dulu kisah seru di balik karirnya sebagai seorang LINE Sticker & Themes Creator.

1. Sejak kapan kamu mulai tertarik dengan dunia ilustrasi?

Aku mulai menggambar sejak kecil, tetapi skill yang aku punya ya gitu-gitu aja. Nah, saat duduk di bangku SMP, aku suka banget main game online. Waktu itu, game online pertamaku adalah Pet Society dan aku ikut gabung dalam komunitas di grup Facebook. Lalu, dari grup tersebut sering banget mengadakan lomba gambar. Dari situ deh, awal mula aku belajar menggambar digital. Beberapa kali aku ikut lomba dan beberapa kali juga menang hadiah kecil-kecilan.

Sama halnya saat di bangku SMA, aku sering ikut lomba membuat logo untuk akun online shop di Instagram. Aku pun memberanikan diri untuk mencoba menggambar ilustrasi wajah untuk hadiah ulang tahun teman. Ternyata, reaksinya positif banget. Ada beberapa orang yang jadi minat untuk dibikinin ilustrasi juga. Akhirnya aku buka jasa ilustrasi case handphone dan pop up frame di Instagram.

2. Kenapa menjatuhkan pilihan kuliah dan bekerja di bidang ilustrasi?

Sejak aku bisa dapat penghasilan pertama dari menggambar, aku pun memutuskan untuk kuliah jurusan menggambar. Aku cari-cari infonya via online dan ternyata jurusan yang aku mau adalah DKV. Selama kuliah aku masih mengerjakan order ilustrasi dari Instagram, walaupun kadang-kadang kewalahan. Jadi, sebenarnya bisnis yang kujalankan sejak tahun 2013 ini sedang pause dulu sekarang. Namun, kadang-kadang aku masih terima order dari klien lama kok. Pastinya senang banget rasanya masih dipercaya hingga sekarang, jadi aku akan sempatkan menerima order selama ada waktu luang.

3. Bagaimana awal mula munculnya nama brand Pururunpun?

Sejak pertama kali LINE membuat fitur Creator Market sekitar tahun 2013/2014, sejak itu juga aku menjadi creator stiker LINE. Awalnya sih karena aku merupakan pengguna LINE yang dulu bikin stiker cuma untuk diri sendiri. Soalnya dulu ngerasa keren aja kalau punya stiker LINE sendiri. Nah, kalau soal nama sih sebenarnya cukup random. Nama Pururunpun ini aku gunakan untuk semua platform karyaku. Asal muasalnya karena dulu aku pernah ikut sebuah lomba, tapi nggak mau pakai nama asli padahal nama Pururun juga sudah ada yang pakai. Jadilah kutambahkan kata “pun” di belakangnya.

4. Bagaimana kamu bisa ikut dalam trip bersama LINE Indonesian Creator ke Jepang?

Wah, seru banget! Jadi, trip ini merupakan hadiah dari LINE saat ada program MVP serta lomba stiker dan tema LINE kolaborasi dengan Kumparan. Program MVP ini ada setiap bulan sebagai bentuk apresiasi kreator yang stikernya bertahan di peringkat 1 selama periode tertentu. Nah, kebetulan waktu itu aku cuma menang lomba dan belum pernah ngerasain jadi MVP nih.

Semua biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh pihak penyelenggara. Selain jalan-jalan ke beberapa spot wisata, highlight utamanya tentu saja kunjungan ke kantor pusat LINE di Jepang. Di sana para peserta berkesempatan untuk office tour, bertemu dengan creator stiker yang populer di Jepang, dan melihat tren stiker di dunia saat itu. Saking berkesannya trip ini, teman-teman stiker Indonesia sempat merencanakan untuk mengadakan trip lanjutannya di lain waktu.

5. Kenapa sih lebih senang kerja jadi freelancer?

Aku memilih jadi freelancer sepertinya karena aku merasa kurang cocok untuk kerja kantoran yang punya fixed working hours. Plus sepertinya udah kebiasaan sejak dari zaman sekolah jadi freelancer. Kenapa sih aku nyaman banget freelance jadi creator di LINE? Selain stiker dan tema, ada juga emoji dan webtoon LINE.

Jadi, sebenarnya LINE kasih banyak banget platform untuk kita cari penghasilan tambahan. Bahkan bisa juga jadi penghasilan utama, lho! Menjadi creator LINE cukup menjanjikan kok, tetapi ingat juga jangan terlalu bergantung pada 1 sumber penghasilan. Jadilah freelancer yang pandai mencari peluang lain dan mengikuti perkembangan zaman.

6. Seperti apa kamu melihat dirimu sebagai LINE Creator Pururunpun dalam 10 tahun ke depan?

Sejauh ini hari-hariku diisi dengan menggambar stiker LINE dan cobain resep-resep masakan dari internet. Mungkin di 5-10 tahun ke depan, aku sudah punya IP character yang sukses dan studio sendiri. Makanya dari sekarang, aku udah cobain bikin karakter yang semoga nantinya bisa terkenal seperti teman stikerku, Milk Mocha dan Tahilalats.

Pokoknya harus berani memulai, terus mencoba, dan konsisten. Sambil tetap cek referensi terkini yang lagi tren di pasaran. Lumayan kan buat jadi tambahan inspirasi saat mendesain stiker dan tema. Termasuk inspirasi dari artist favoritku plus desain-desain lucu dari Pinterest.

7. Gimana caranya biar bisa jadi LINE Creator seperti Pururunpun?

Mau jadi LINE Creator kaya Pururunpun juga? Mudah banget! Kamu cuma butuh akun LINE, terus login di https://creator.line.me/. Di situ lengkap banget panduan untuk membuat item yang kamu mau. Kalau kurang suka bikin stiker, kamu juga bisa juga bikin webtoon sendiri dan diunggah di webtoon canvas. Semuanya free kok. Semua orang bisa jadi creator.

Satu sih yang perlu terus diingat, bosan dengan pekerjaan itu wajar. Bahkan sebenarnya kalau udah passion nggak ada tuh yang namanya bosan. Paling yang terasa banget ya capeknya. Walaupun cuma gambar, tetapi cari idenya yang berat banget. Apalagi kalau lagi nggak ada inspirasi, ya obatnya cuma rehat dulu sejenak sampai mood dan semangat kerjanya muncul lagi. Asal tetap produktif ya!

Related Articles

1 comment

Meilia barraholic -

bagus menrik

Reply

Leave a Comment