Home Career 5 Tips Mulus Jalani Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

5 Tips Mulus Jalani Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

kerja-pertama

Akan ada waktunya kita harus berpindah tempat untuk mengembangkan potensi yang kita miliki dalam berkarir. Meski sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, menjadi karyawan baru dan menjalani hari pertama kerja di kantor baru pasti tetap ada rasa deg-degan dan canggung karena kamu harus beradaptasi lagi dengan lingkungan kerja yang baru. Apalagi untuk kamu yang fresh graduate dan on boarding di kantor baru benar-benar hal yang pertama untuk kamu.

First impression jadi hal yang penting untuk dibangun agar kamu mendapat kesan positif di hari pertama di kantor dari atasan maupun kolega-kolega kantor lainya. Nah, biar hari pertama kerja di kantor baru berjalan mulus, yuk simak 5 tips menariknya berikut.

1. Siapkan outfit yang properly dan well grooming

Outfit of the day harus perfect ya. Bukan cuma pas mau kencan dengan pujaan hati saja nih, outfit kamu saat akan menjalani hari pertama kerja di tempat baru juga harus diperhatikan ya. Pokoknya harus rapi, tidak terlalu berlebihan, dan tidak terlalu mencolok. Jangan lupa juga baju yang kamu kenakan disetrika dulu ya, malu kan kalau sampai terlihat lecek.

2. Yakin dan percaya diri karena perusahaan telah memilihmu

Tak perduli kalau sebelumnya kamu juga pernah jadi anak baru di mantan kantor, tapi rasa deg-degan dan nervouse di hari pertama tentu ada dong. Kamu mungkin punya perasaan takut, takut susah beradaptasi, takut kolega yang lain tidak satu pemikiran, takut kolega yang lain terlalu kompetitif. Eitss! Buang jauh-jauh rasa insecure tersebut.

Bagaimanapun perusahaan telah memilihmu, toh saat interview HRD pastinya nggak asal pilih. Beliau pasti memilih orang yang capable terhadap pekerjaannya sekaligus memilih dengan hati agar pas untuk perusahaan sekaligus job desc dan itu adalah kamu! Jadi nggak perlu ada yang ditakutkan, yakinlah bahwa kamu bisa memberi yang terbaik bahkan di hari pertamamu bekerja.

3. Catat apa yang harus dilakukan di hari itu dan jangan malu bertanya

Sebagai anak baru, jangan lupa membawa buku catatan atau sticky note untuk mencatat banyak hal yang akan dijelaskan, biar senior kamu nggak perlu menjelaskan dua kali. Di hari pertama kerja pasti kamu akan diberi banyak arahan mengenai hal-hal yang akan kamu kerjakan dan menjadi tanggung jawabmu. Jangan malu bertanya tentang hal-hal yang memang belum dijelaskan ya!

4. Mingle dengan teman-teman kerja yang lain di jam istirahat

Jam istirahat adalah waktu yang baik untuk perlahan mengenal kolega-kolega kerja yang lain. Ini waktunya kamu membuka diri untuk bergaul bersama mereka. Saat jam istirahat tiba, tinggalkan pekerjaanmu sejenak dan ikut makan siang di tengah-tengah mereka. Being nice and friendly to start your new day!

5. Dapatkan mentor yang bisa kamu tanyakan seputar perusahaan dan asyik jadi lawan bicara

Biasanya insting anak baru bisa mengenali siapa saja yang bisa dijadikan mentor untuk ditanyakan seputar pekerjaan maupun lingkungan kantor. Kamu bisa pasti merasakan chemistry yang pas terhadap paling tidak satu atau dua orang di sana. Mentor untukmu sebagai anak baru nggak selalu atasan lho. Teman kerja di meja sebelah juga bisa menjadi mentormu di hari pertama kerja, asalkan nggak malu bertanya dan membuka diri.

Hal yang harus kamu punya di hari pertama kerja adalah yakin dan percaya diri. Abaikan segala bentuk kecemasanmu terhadap pandangan mereka ke kamu. Hal yang paling penting kamu harus bekerja sebaik mungkin dan berprilaku sopan. So, selamat menjalani hari baru ya!

Related Articles

Leave a Comment