Home Career Catat, 5 Tips WFH Tetap Efektif Demi Hindari Rasa Malas

Catat, 5 Tips WFH Tetap Efektif Demi Hindari Rasa Malas

Imbauan pemerintah untuk menerapkan social distancing dengan beraktivitas di rumah, tampaknya membuat berbagai perusahan, khususnya di Jakarta memberlakukan sistem work from home (WFH). Upaya ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19 ke berbagai daerah. Namun, selama WFH tentu situasinya akan berbeda dengan bekerja di kantor. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu terkadang membuat kita sulit untuk beradaptasi dan menciptakan WFH yang efektif. 

Belum lagi, kamu yang juga harus membagi waktu dengan berbagai aktivitas di rumah. Duh, pastinya menjadi kurang efektif dalam bekerja dong? Lalu, bagaimana sih cara agar pekerjaan tidak tertunda dan WFH pun bisa berjalan dengan lancar? Tenang, kalau kata pepatah “Selalu ada jalan menuju Roma”. Jadi, mau tahu apa saja tipsnya? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Bangun pagi langsung mandi

Walaupun bekerja di rumah, jangan sampai kamu jadi malas-malasan dengan bangun siang ya. Hal tersebut malah bikin kamu jadi nggak efektif, lho. Biasakan untuk bangun pagi dan langsung mandi sebelum memulai aktivitas supaya membuat tubuh lebih segar dan menyehatkan. Banyak yang bilang, mandi setelah bangun tidur bisa meningkatkan kualitas otak sehingga saat bekerja kamu bisa menjadi lebih semangat. Yuk, lakukan tipsnya!

2. Jangan bekerja di atas tempat tidur

Hindari bekerja di tempat tidur ya. Memang kasur jadi tempat paling nyaman untuk beristirahat. Namun, jangan sampai kamu terlena untuk bekerja di atas kasur ya. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin untuk bekerja di atas meja agar rasa malas tidak menghinggap dan pekerjaan pun cepat terselesaikan. Nggak mau kan, kalau kerjaan kamu malah jadi tertunda?

3. Mengatur jadwal kerja yang konsisten

Untuk memastikan pekerjaan kamu cepat terselesaikan, kamu wajib untuk memiliki jam kerja yang konsisten dan teratur. Upayakan untuk membuat jadwal waktu pada saat memulai bekerja, beristirahat, dan mengakhiri pekerjaan. Dengan adanya patokan waktu kerja, membantu pikiran untuk lebih mudah berpindah antara mode kerja dan mode santai.

4. Membuat to do list untuk memprioritaskan pekerjaan

Menentukan prioritas merupakan hal yang penting untuk dilakukan ketika ingin memperbaiki manajemen waktu bekerja. Kegiatan ini membuat kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat, lho. Prioritas pekerjaan bisa kamu tetapkan dengan membuat to do list dan juga jadwal harian kerja. Kamu bisa mengategorikan pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitan atau seberapa urgensi pekerjaan.

5. Hindari untuk membuka media sosial

Biasanya media sosial terkadang bisa mengurangi kepenatan saat bekerja. Namun, media sosial juga membuat kita malah jadi terjebak untuk berlama-lama membuang waktu. Waduh, kalau begini jadi berantakan dong jam kerja kamu. Jika kamu ingin kualitas bekerja di rumah lebih maksimal, hindari untuk membuka akun media sosial ya, baik di handphone ataupun di laptop. Ingat, jangan sampai tergoda dengan notifikasi media sosial ya!

Yuk, atur semuanya lebih terencana biar WFH jadi lebih efektif.

Related Articles

Leave a Comment