Home Career 5 Tips Ciptakan First Impression Positif yang Memikat Hati

5 Tips Ciptakan First Impression Positif yang Memikat Hati

first impression

Berkenalan dengan orang baru, baik itu di lingkungan sekolah, komunitas, hingga pekerjaan tentu harus menciptakan first impression yang baik, kan? Sayangnya, sebagian orang terkadang terlalu gugup sehingga kesan pertama yang kita buat justru terlihat biasa-biasa saja atau malah cenderung lebih buruk. Waduuh!

Rupanya, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan dan latih nih supaya menciptakan first impression yang oke di hadapan orang lain. Jangan khawatir, asalkan sering berlatih dijamin kesan pertama kamu akan terkesan baik kok, yang penting terus belajar ya. Caranya ternyata gampang banget, pastinya penasaran kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Jangan takut untuk melakukan eye contact

Mungkin sebagian orang merasa malu atau terlalu nervous untuk membuat kontak mata dengan lawan bicara pada pertemuan pertama. Malah pada dasarnya eye contact bisa memperlihatkan kepercayaan diri sekaligus menunjukkan rasa ketertarikan kamu terhadap apa yang orang lain bicarakan. Sedikit eye contact membantu kamu memberikan kesan pertama yang lebih baik, asalkan kamu tidak salah pasang raut wajah ya. Soalnya, ada beberapa situasi di mana eye contact malah menjadi bumerang yang disalahartikan.

2. Perhatikan body language

body languange

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga gerak tubuh atau body language. Nah, kalau kamu termasuk tipe orang yang grogian kalau ketemu orang baru, pastikan kamu berlatih untuk tampil percaya diri ya. Namun, harus tetap sopan ya, jangan sampai gerak-gerik tubuh yang kamu tampilkan malah bikin orang jadi salah paham. Misalnya, cara duduk yang terlalu santai atau bertolak pinggang.

3. Bahasa terarah dan bicara yang jelas

Saat kamu masuk ke dalam fase bekerja, bahasa yang kamu gunakan perlu disesuaikan dengan lawan bicara. Misalnya, berkomunikasi dengan pimpinan yang lebih senior tentu akan berbeda dengan gaya bicara sesama rekan tim atau yang seumuran. Untuk mendapatkan pola bahasa yang teratur dan profesional, alangkah baiknya untuk kamu meminta saran dalam urusan komunikasi supaya first impression kamu bisa terlihat positif. Oh ya, kamu juga harus berlatih berbicara dengan baik ya nggak perlu keras-keras. Cukup bicara dengan suara tenang, tetapi dapat dimengerti oleh lawan bicaramu.

4. Jangan lupa tersenyum

Ekspresi wajah merupakan salah satu poin penting dalam meninggalkan kesan pertama yang baik. Dalam hal ini, sebuah senyuman yang tulus bisa memberi energi yang positif bagi diri sendiri sekaligus orang baru yang melihatnya. Namun, perlu diingat, meskipun tersenyum itu penting jangan melakukannya secara berlebihan ya. Cukup berikan senyuman tulus apa adanya hingga membuat orang lain di sekitarmu merasa nyaman.

5. Gunakan pakaian yang tepat

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah pakaian yang kamu gunakan juga berpengaruh pada first impression. Apalagi, sampai kamu salah kostum bisa mudah membekas di ingatan orang yang kamu temui nantinya. Menjaga penampilan saat pertama kali, tentu harus kamu perhatikan ya. Pakailah busana yang sopan dan sebisa mungkin menarik untuk dipandang ya.

Nah, sebenarnya gampang banget kan 5 tips ini untuk dilakukan. Makanya yuk segera perbaiki diri, biar auto pede dan dapat first impression yang baik.

Related Articles

Leave a Comment