Home Career Cecillia Diana, Makeup Artist Kepercayaan Seleb Ibu Kota

Cecillia Diana, Makeup Artist Kepercayaan Seleb Ibu Kota

cecillia-diana

Makeup artist menjadi salah satu profesi yang makin diminati saat ini, terutama oleh kaum milenial. Profesi ini dinilai menjanjikan karena jasa seorang makeup artist sebagian besar memang tidak murah. Namun, hal ini dirasa sebanding dengan apa yang dilakukan seorang makeup artist. Mereka tidak hanya dituntut untuk memahami cara melakukan makeup dengan benar, tetapi juga memiliki keterampilan artistik dalam merias wajah. Hal ini pun dimiliki oleh sosok inspiratif minggu ini, Cecillia Diana yang merupakan seorang makeup artist dan hair stylist yang sedang naik daun.

Perempuan berusia 29 tahun kelahiran Bogor ini sudah cukup lama bergelut di dunia makeup artist. Jam terbangnya bisa dibilang sudah tidak lagi meragukan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya artis ibu kota yang memercayakan kepentingan makeup dan hairdo kepadanya. Sebut saja, Chelsea Olivia, Awkarin, Marissa Nasution, Marshanda, Gritte Agatha, Yumi INTM, dan berbagai talent lainnya baik komersil, maupun nonkomersil.  Yuk, simak obrolan seru seputar perjalanan karir Cecillia Diana menjadi seorang makeup artist.

1. Bagaimana awalnya kamu bisa tertarik dengan dunia makeup?

Ketertarikan saya dengan dunia makeup dimulai sekitar tahun 2005-2006. Saat itu saya masih duduk di bangku SMP. Awalnya, saya diminta untuk membantu ibu. Kebetulan, ibu saya berprofesi sebagai penata rias sekaligus pengajar di lembaga kursus kecantikan milik beliau. Ibu sering melihat saya menggambar atau melukis. Menyadari sepertinya saya punya potensi,  ibu selalu bilang ke saya kalau wajah manusia itu sama seperti kanvas. Akhirnya saya berani mencoba dan belajar tentang makeup dengan arahan dari ibu saya.

2. Pengalaman apa yang paling berkesan terkait dengan pekerjaan kamu di dunia makeup?

Pengalaman berkesan sewaktu saya belajar menjadi asisten ibu saya sendiri. Itu benar-benar pekerjaan pertama saya di dunia makeup. Saat itu saya masih SMP. Saya diharuskan membantu untuk mempersiapan seluruh barang yang akan kami gunakan untuk merias. Kami bekerja hingga tengah malam dan sudah harus bangun subuh. Jadi, ngerasain banget deh kalau dalam menjalani profesi ini, setidaknya hanya punya waktu tidur 2-3 jam saja.

3. Apa sih yang jadi ciri khas makeup kamu yang menggambarkan kalau itu kamu banget?

Kalau ciri khas saya lebih ke makeup flawless. Namun, saya tetap fleksibel menyesuaikan bagaimana permintaan klien. Kadang ada juga klien atau pekerjaan yang mengharuskan saya untuk memberikan makeup dengan gaya lain. Contohnya, saat harus melakukan makeup karakter untuk pemain teater. Kan nggak mungkin saya mempertahankan ciri khas saya dengan memberikan makeup flawless. Jadi, memang kembali lagi sih sama permintaan klien.

4. Pernah nggak merasa jenuh melakukan pekerjaan atau rutinitas sebagai makeup artist?

Saya menjalani pekerjaan ini sudah cukup lama. Jadi, tentu saja pernah beberapa kali merasa bosan. Namun, saya tetap enjoy aja sih menjalaninya sampai sekarang. Apalagi ini lebih kaya hobi yang dibayar gitu kan. Jadi, lebih banyak merasa happy-nya sih. Karena nggak bisa dipungkiri kalau melalui profesi ini, saya bisa banyak bertemu beragam karakter orang. Terkadang ada klien yang detail minta ini itu. Ada juga klien yang baik banget sampai rasanya dekat banget seperti keluarga. Kalau lagi merasa jenuh, ya saya bawa santai aja. Karena menurut saya, mau apapun profesinya pasti akan ada pro dan kontra. Pasti akan ada masa capeknya. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengelola diri kita sendiri saja.

5. Apa sih yang jadi tantangan terbesar kamu selama menjadi seorang makeup artist?

Tantangan jadi makeup artist banyak banget ya. Mulai dari waktu, harus bisa menjaga fisik, menjaga hati juga supaya nggak gampang baperan, sampai harus mahir menghadapi klien yang berbeda-beda setiap saat.

6. Bagaimana cerita perjalanan karir kamu sampai akhirnya sekarang bisa dipercaya jadi makeup artist dan hair stylist beberapa seleb ibu kota?

Sejujurnya saya lupa siapa artis yang pertama kali saya makeup dan hairdo. Namun untuk saat ini, saya masih menjadi hair stylist Chelsea Olivia. Saya juga sedang tergabung dalam salah satu perusahaan ekspedisi besar di Indonesia sebagai tim makeup dan hairdo dalam pembuatan konten digital mereka.

7. Apa sih yang jadi target kamu 5-10 tahun ke depan sebagai seorang makeup artist?

Saya berharap banget kalau nanti saya bisa melebarkan profesi saya ini. Jadi, nggak hanya makeup artist and hair stylist di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri dan bisa cukup lama di sana.

8. Kalau secara pribadi, kamu lebih menyukai melakukan makeup atau hairdo?

Keduanya punya tantangan yang berbeda ya. Saat melakukan makeup, saya harus kreatif dalam menggunakan warna. Sementara saat pengerjaan hairdo, saya harus kreatif dalam membuat bentuk rambut. Kalau ditanya lebih susah makeup atau hairdo? Jawabannya tentu hairdo. Karena setiap orang punya jenis rambut yang berbeda. Jadi, masing-masing punya tingkat kesulitan yang berbeda.

9. Menurut kamu, seberapa menjanjikan sih profesi sebagai makeup artist dan hair stylist?

Hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk masuk ke dunia ini adalah jangan takut untuk mencoba hal baru. Jangan takut karena belajar untuk bisa menjalani profesi ini memang mahal. Tapi nantinya kamu sendiri yang akan merasakan kalau profesi ini tuh cukup menjanjikan. Ibu saya selalu bilang kalau profesi ini akan selalu dibutuhkan meskipun nanti kita sudah tua. Menurut saya itu betul karena saya melihat sendiri hal itu terjadi di ibu saya. Di usianya sekarang,  ibu masih tetap bisa mengajar dan bekerja di lembaga kursus milik beliau.

10. Apa pesan kamu untuk memotivasi teman-teman yang baru ingin memulai terjun untuk menjadi makeup artist?

Untuk teman-teman yang mau menekuni profesi makeup artist dan hair stylist, jangan pantang menyerah. Walaupun di luar sana sudah banyak yang menggeluti profesi ini, rezeki kita nggak akan pernah tertukar. Niatkan terlebih dahulu untuk belajar. Jalani dengan tekun dan serius belajarnya. Terakhir, harus tetap semangat untuk mau terus belajar meskipun kamu sudah merasa cukup bisa. Jadi, jangan pernah berhenti belajarnya.

Bener banget nih pesan dari sang makeup artist, Cecillia Diana. Perasaan cepat puas memang bisa jadi penghambat langkah kamu untuk terus maju. Oleh karena itu, kemauan untuk terus belajar jadi poin yang penting banget dimiliki seseorang yang mau menekuni sesuatu. Lelah sesekali itu wajar, tetapi semoga itu nggak jadi alasan untuk patah semangat ya!

Related Articles

Leave a Comment