Home Education Penting, 8 Mainan Edukasi Anak Berusia 4 Tahun Terbaik

Penting, 8 Mainan Edukasi Anak Berusia 4 Tahun Terbaik

Saat ini ada banyak mainan edukasi anak berusia 4 tahun yang harus diperhatikan dengan baik. Tantangannya adalah orang tua harus mendidik anak-anak di tengah hadirnya teknologi seperti televisi dan smartphone. Kalau sampai salah, bisa jadi anak-anak malah ketagihan smartphone. JAMA Pediatrics menyebutkan bahwa televisi bisa berdampak negatif terhadap kemampuan bahasa anak karena frekuensi bahasa yang disampaikan orang tua ke anak menjadi berkurang. Solusinya adalah dengan memberikan mainan edukasi ke anak. Namun, permainan tersebut harus diberikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak sesuai usianya. Nah, berikut 8 jenis mainan edukasi anak yang cocok untuk usia 4 tahun. Simak ulasan lengkapnya ya.

1. Varian Mainan Blok

Saat ini ada banyak varian mainan blok dari berbagai macam mainan blok untuk mengembangkan kreativitas anak. Anak bisa belajar membuat berbagai macam bentuk sesuai imajinasinya dengan bermain mainan blok. Artinya, mainan ini efektif mengembangkan ketrampilan motorik kasar sekaligus meningkatkan kreativitasnya tanpa batas.

2. Mainan Berbentuk Makanan

Umumnya anak-anak suka makan. Oleh karena itu, berikan mainan yang berkaitan dengan makanan sehingga mereka bisa belajar menentukan macam-macam makanan dari mainan. Apalagi kalau mainan itu memiliki banyak nama dan warna, tentunya bisa memberikan edukasi kepada si kecil dengan baik.

3. Puzzle

Mainan yang satu ini memang sulit, tetapi bisa mendidik anak lebih baik. Dengan bermain puzzle anak akan belajar memperbaiki sekaligus membentuk gambar dari serpihan. Hal ini akan memperlihatkan seperti apakah kemampuan ingatan anak dari cara mereka bermain puzzle.

4. Olahraga

Mainan edukasi anak lainnya berkaitan dengan fisik atau olahraga seperti bermain bola atau bulu tangkis. Cobalah untuk mengajak anak bermain bersama agar tidak ketagihan gadget dan membuatnya tetap bergerak aktif. Orang tua bisa mengajak mereka berolahraga kecil untuk meningkatkan kekuatan lengan dan kaki sekaligus melatih kekuatan otot.

5. Ular Tangga

Mainan ini sangat sederhana dan bisa memberikan nilai edukasi pada anak. Media bermain ular tangga akan meningkatkan daya imajinasi anak sekaligus membuatnya bisa belajar berhitung. Dengan memberikan mainan ular tangga akan membuat memori anak lebih tajam dan meningkatkan kemampuan visualisasinya.

6. Monopoli

Permainan monopoli ampuh mengasah memori anak dan visualisasinya. Bermain secara berkelompok akan membuat tingkat sosialisasinya menjadi lebih tinggi terhadap teman sebayanya. Anak bisa belajar berkelompok dan belajar menggunakan strategi lewat permainan monopoli. Dengan begitu mereka tidak bergantung pada online game lagi.

7. Sepeda

Sepeda merupakan salah satu mainan paling menyenangkan untuk anak-anak. Selain bermain, mereka juga bisa berolahraga dengan sepeda. Keseimbangan anak akan lebih terlatih dan berkembang menjadi lebih sempurna. Anak dituntut untuk bisa seimbang saat mengendarai sepeda supaya tidak terjatuh.

8. Buku Gambar dan Pensil Warna

Kegiatan ini sangat menarik dan bisa diajarkan pada anak menggunakan media buku gambar. Beberapa gambar yang siap diwarnai bisa dengan mudah dibeli di toko buku. Permainan ini bisa mengajarkan anak supaya dapat mengenal warna sekaligus bermain dengan tokoh kesukaannya.

Pilihan 8 mainan edukasi anak tersebut diharapkan mampu menambah pengetahuannya. Anak pun bisa selalu aktif dan proses tumbuh kembangnya tidak bermasalah. Berikan mainan yang sesuai dengan usianya untuk mempersiapkan mereka supaya siap masuk ke dalam lingkungan sekolah.

Related Articles

Leave a Comment