Home Education 5 Inspirasi Sensory Play untuk Melatih Perkembangan Anak

5 Inspirasi Sensory Play untuk Melatih Perkembangan Anak

sensory-play

Bermain dengan si kecil di rumah memang jadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang tua. Nggak perlu repot-repot buat keluar rumah dan cari mainan yang mahal. Cukup siapkan bahan yang ada di rumah untuk bermain sensory play sudah bisa menyenangkan buah hati kamu kok. Selain bikin happy si kecil, sensory play juga bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak. Misalnya, melatih stimulasi perkembangan indra peraba, penglihatan, penciuman, pengecap, dan pendengaran anak. Inspirasi sensory play ini juga sangat cocok untuk anak yang akan beranjak usia 6-9 bulan.

Supaya nggak bikin bosen bersama si kecil di rumah, yuk cari inspirasi sensory play sederhana di CtreeMagz yang mudah dibuat di rumah dan bahannya pun aman untuk si kecil, lho.

1. Bermain dengan tumpukan balok

Bermain dengan tumpukan balok warna-warni bisa jadi pilihan sensory play yang aman bagi si kecil. Bahkan permainan ini berfungsi untuk menstimulasi genggaman anak pada benda dan belajar untuk memindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya. Jika sudah sering memainkan sensory play balok, kamu juga bisa belajar perlahan untuk mengajarkan anak menyusun balok-balok tersebut secara lebih rapi. Hal ini tentu juga bertujuan untuk melatih fokus dan konsentrasi si kecil.

2. Menggunakan tepung

Bahan makanan yang bisa digunakan untuk sensory play selanjutnya adalah tepung. Yup, mungkin moms bisa siapkan tepung khusus dan area khusus untuk anak bermain tepung. Karena pastinya akan berantakan, saat si kecil mulai mengacak-acak tepung. Para moms juga bisa kreasikan tepung menjadi moon sand atau pasir mainan. Caranya mudah kok, cukup campurkan tepung dengan baby oil. Lalu bikin play dough dengan tepung, deh. Mudah banget kan?

3. Bermain dengan beras bewarna

Beras berwarna dapat kamu pilih sebagai sensory play yang aman untuk si kecil. Kamu bisa campurkan beras putih dengan pewarna makanan. Kamu bisa memilih campuran warna yang berbeda-beda seperti merah, kuning, hijau, biru dan warna nyentrik lainnya. Tekstur beras yang sedikit kasar ternyata melatih stimulus indra peraba anak. Lihat juga apakah anak mampu meraup dan menggengam beras menggunakan tangannya. Namun, alangkah baiknya selalu perhatikan anak agar tidak memasukkan beras ke dalam mulut.

4. Menggunakan pasta sebagai media sensory play

Menggunakan pasta sebagai media permainan sensory play bisa menjadi ide yang sangat menarik. Untuk membuat anak lebih tertarik memainkannya, berikan pasta berwarna-warni yang menarik menggunakan pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi. Jika, kamu memakai pasta yang sudah direbus, perlu diingat untuk tidak merebusnya lebih lama ya agar tidak terlalu lembek. Tesktur lembut dari pasta yang panjang tentu menarik untuk dimainkan oleh si kecil.

5. Bermain dengan aneka potongan buah-buahan

Sensory play yang mungkin cukup mudah untuk dibuat di rumah adalah menggunakan bahan dari buah-buahan. Selain dapat menstimulus indra penglihatan anak dengan aneka warna buah yang menarik, tekstur buah-buahan yang beragam juga akan menstimulasi indra perabanya. Potongan buah seperti pepaya, buah naga, stroberi, jeruk, dan nanas bisa kamu coba. Biarkan anak untuk belajar mengenggam, meremas, dan mencicipi potongan buah-buahan.

Nah, itu dia 5 cara sensory play yang bisa kamu kasih ke si kecil. Namun, jangan lupa saat bermain sensory play selalu dampingi dan perhatikan anak ya. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Comment