Home Film 5 Film Bertema Pendakian yang Wajib Masuk Daftar Tontonan

5 Film Bertema Pendakian yang Wajib Masuk Daftar Tontonan

film-pendakian

Alam memang penuh misteri. Sehebat apapun teknik dalam melakukan pendakian, keyakinan akan kebesaran Tuhan dan keahlian untuk mampu bertahan tentu tidak boleh dilupakan. Karena hal apapun bisa terjadi dalam pendakian di luar dari semua perencanan. Menaklukkan puncak jadi tujuan awal dari para pendaki. Namun, bisa turun dan pulang dengan selamat sesungguhnya adalah tujuan akhir yang pasti selalu mereka aminkan dalam hati. Perjalanan pendakian tentu tidak mudah. Kamu bisa menyaksikan bagaimana sensasi dan ketegangan dalam mendaki melalui kelima film ini. Untuk kamu yang memang mencintai pendakian, film-film bertema pendakian ini tentu saja tidak boleh kamu lewatkan.

1. The Summit

youtube.com/TIFF Originals

Film bertema pendakian ini mengambil kisah nyata dari tragedi pendakian yang terjadi di gunung K2 pada tahun 2008. Selain menjadi gunung tertinggi kedua setelah Everest, K2 juga dikenal sebagai gunung paling berbahaya di dunia. Dua puluh lima pendaki berangkat menuju puncak. Namun hanya dalam waktu 48 jam, sebelas pendaki tewas akibat longsor yang terjadi secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, para pendaki juga harus bertahan melawan kadar oksigen yang semakin menipis mendekati puncak. Bagaimana akhirnya yang tersisa bisa bertahan? Selamat menonton dan dibuat deg-degan.

2. Everest

youtube.com/Universal Pictures UK

Everest mengangkat kisah nyata tragedi yang terjadi di Everest pada tahun 1996. Film ini menceritakan tentang 8 pendaki yang berusaha untuk mencapai puncak. Namun, peristiwa alam memang tak pernah bisa diprediksi apa yang selanjutnya akan terjadi. Badai besar datang secara tiba-tiba. Semua pendaki harus berupaya sekuat tenaga untuk bisa bertahan. Tim ekspedisi untuk pencarian pun dilakukan. Tentu saja, upaya penyelamatan tak semudah yang dibayangkan. Salah satu pendaki sekaligus penulis yang berhasil selamat akhirnya membukukan kisah ini dengan tajuk  Into Thin Air. Tidak lama berselang, kisah ini pun akhirnya difilmkan. Everest tidak hanya menyajikan banyak adegan penuh ketegangan, tetapi juga kisah perjuangan yang mengharukan. Jadi, pastikan untuk menyiapkan tisu di sebelah kamu ya.

3. 127 Hours

youtube.com/SearchlightsPictures

Film bertema pendakian ini juga diangkat dari kisah nyata. 127 Hours menceritakan perjuangan Aron Ralston sebagai pendaki. Ia memutuskan melakukan perjalanan di Blue John Canyon tanpa memberi tahu siapapun, termasuk ibunya. Karena merasa tempat yang ia tuju seperti rumah kedua dan dia hafal hampir setiap detail tempatnya, membuat Aron merasa penuh suka cita dalam melakukan perjalanan. Namun, keberuntungan seolah sedang tidak berpihak. Ia tergelincir ke sebuah ceruk tebing yang sangat sempit dan dalam saat hendak melompat. Nahasnya, sebuah batu menghimpit tangan kanannya. Ia berada di posisi yang sangat sulit untuk menyelamatkan diri. Apa yang membuat Aron bisa tetap bertahan selama 127 jam dan bagaimana caranya ia bisa selamat? Bersiap untuk menemukan jawaban yang cukup mengejutkan.

4. Vertical Limit

youtube.com/Movieclips Classic Trailers

Sebagai pendaki terkenal, Royce Garret ternyata turut membuat kedua anaknya, Peter dan Annie juga suka mendaki gunung. Ketiganya pun melakukan pendakian bersama dengan tim. Namun, hal tak diinginkan terjadi. Royce memilih untuk mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Peter dan Annie. Peter mengalami trauma akibat pendakian tersebut karena membuat ayahnya menjadi tiada. Namun Annie sebaliknya, ia terus mendaki dan membuat namanya menjadi kian besar karena berhasil menaklukkan puncak gunung tinggi. Sampai akhirnya ia diajak untuk mencapai puncak K2. Risikonya tentu saja sangat tinggi karena pada saat itu K2 belum pernah berhasil didaki. Kira-kira Annie bakal berhasil nggak ya? Langsung deh tonton film yang penuh ketegangan tapi juga cukup mengandung bawang ini.

5. Touching The Void

youtube.com/Movieclips Classic Trailers

Diangkat dari buku dengan judul yang sama, film bertema pendakian ini juga merupakan kisah nyata tentang pengalaman pendakian yang dialami Joe Simpson dan Simon Yates. Kedua sahabat yang bukan termasuk pendaki amatir ini berhasil mencapai puncak Gunung Siula Grande di Inggris. Meski berhasil mencapai puncak dengan rentang waktu yang cukup singkat, perjalanan untuk turun dan pulang dengan selamat tentu jadi hal yang berbeda. Joe terjatuh dan dalam posisi fatal yang bisa membahayakan keselamatan Simon. Simon pun dihadapkan dalam pilihan antara persahabatan atau melanjutkan kehidupan? Langkah apa yang akhirnya dipilih oleh Simon? Hayuk intip dulu trailer-nya sebelum menyaksikan tayangan lengkapnya.

Itulah kelima film yang mengangkat kisah-kisah pendakian. Film nomor berapa nih yang bakal paling pertama kamu tonton duluan?

Related Articles

Leave a Comment