Home Film Bikin Geregetan, Ini 6 Drama Korea Bertema Perundungan

Bikin Geregetan, Ini 6 Drama Korea Bertema Perundungan

drama-bullying

Beberapa waktu lalu, jagad pemberitaan di Negeri Ginseng ramai sekali tentang perundungan atau bullying. Kasus ini bermula dari angkat bicaranya korban atas perundungan yang dilakukan dua atlet voli semasa mereka bersekolah. Pada akhirnya, keduanya pun mendapatkan sanksi tidak hanya dari institusi, tetapi juga sanksi sosial dari masyarakat. Hal ini membuat banyak korban lain jadi ikut memberanikan diri untuk menceritakan perundungan yang pernah mereka alami. Kasus ini jadi besar karena turut menyeret beberapa nama aktor, aktris, hingga idol yang diduga pernah menjadi pelaku perundungan juga. Hal ini tentu saja mengejutkan khalayak karena apa yang terjadi seolah tak jauh berbeda dengan jalan cerita sebuah drama. Berikut adalah daftar beberapa drama Korea yang berani mengangkat isu perundungan alias bullying yang terjadi di sekolah.

1. School 2013

School 2013 sendiri merupakan seri kelima dari “School” yang menceritakan kehidupan yang terjadi semasa sekolah. School 2013 menceritakan tentang dinamika kehidupan di SMA Seungri. Sebagai sekolah dengan peringkat terendah di Korea, SMA Seungri memiliki kelas dengan murid-murid paling bermasalah, yaitu kelas 2.2. Hal yang dilakukan murid-murid di kelas ini beragam. Contohnya, melakukan persaingan demi mendapat nilai tinggi, membolos, membuat keonaran, mengganggu teman, sampai melakukan penindasan. Meskipun ceritanya sekilas terkesan kelam, drakor ini juga menampilkan sisi bromance antara Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin. Pada akhirnya, persahabatan dan rasa kesetiakawanan yang terjalin di antara mereka berdua hadir layaknya oase yang membuat sejuk alur cerita.

2. School 2015: Who Are You

Seri School selanjutnya mengisahkan tentang saudara kembar Lee Eun Bi dan Go Eun Byeol. Keduanya hidup terpisah setelah Go Eun Byeol diadopsi. Go Eun Byeol hidup dengan layak bersama ibunya dan memiliki banyak teman. Sementara itu, Lee Eun Bi yang tetap bertahan harus terus-terusan menjadi korban perundungan. Puncaknya, Lee Eun Bi dituduh melakukan kejahatan yang sebenarnya nggak dia lakukan. Merasa tidak terima, akhirnya Lee Eun Bi mencoba untuk bunuh diri. Namun saat terbangun beberapa hari kemudian, ternyata ia malah menjalani hidup sebagai Go Eun Byeol. Nah, bingung deh kemana ya Go Eun Byul yang asli? Meskipun agak sedikit bikin mikir, drakor ini tetap rekomen untuk kamu tonton sampai akhir.

3. Beautiful World

Nonton drama Korea yang ini harus kuat mental karena lumayan banyak adegan perundungannya. Siap-siap menahan napas saat ada adegan siswa yang melompat dari atas atap sekolah. Pasti bisa mengira dong penyebabnya? Iya, karena dia nggak tahan terus-terusan mendapat perundungan. Siswa bernama Park Seon Ho ini akhirnya ditemukan bersimbah darah di lapangan sekolah. Akhirnya pihak keluarga sepakat untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Mereka pun menemukan fakta bahwa selama ini anak mereka menjadi korban perundungan. Namun, tidak ada satu pun yang berani bersuara karena pelaku perundungan termasuk “orang penting” di sekolah. Pada akhirnya, seluruh anggota keluarga pun berusaha mendapatkan keadilan atas apa yang telah terjadi pada Park Seon Ho.

4. Solomon’s Perjury

Sekolah gempar ketika seorang siswi ditemukan tewas terkapar di halaman sekolah? Rumor pun beredar bahwa korban diduga melakukan bunuh diri dengan terjun dari atap sekolah. Namun, Go Seo Yeon dan Han Ji Hoon merasa kalau ada hal yang janggal dari peristiwa ini. Sebagian besar siswa mencurigai Chio Woo Hyuk, biang onar di sekolah yang gemar melakukan perundungan terhadap Lee Soo Woo. Pada akhirnya, Go Seo Yeon dan para temannya yang lain memutuskan untuk membuat pengadilan sendiri di sekolah. Pengadilan ini unik karena yang menjadi hakim, jaksa, pengacara, hingga saksinya adalah para siswa. Drama Korea ini sarat akan pesan penting bahwa perilaku perundungan tentu sangat membahayakan dan kebenaran harus terus diperjuangkan untuk diungkapkan.

5. He is Psychometric

Drama Korea bergenre misteri ini menceritakan tentang Yoon Jae In yang harus menjadi korban perundungan setelah ayahnya masuk penjara. Selang beberapa tahun kemudian, Yoon Jae In bertemu dengan Lee An yang memiliki sebuah kemampuan unik, yaitu psychometric. Kemampuan ini membuat Lee An bisa mengetahui ingatan seseorang hanya dengan menyentuhnya. Pada akhirnya, keduanya bekerja sama untuk menghentikan tindakan perundungan. Lee An juga turut membantu Yoon Jae In untuk memecahkan kasus pembunuhan yang melibatkan ayahnya. Yoon Jae In berharap kalau ia bisa mengembalikan nama baik ayahnya. Kira-kira apa ya yang sebenarnya terjadi di apartemen Lee An sampai menyebabkan hilangnya nyawa seseorang? Lantas gimana caranya kekuatan Lee An bisa menghentikan kasus perundungan? Biar nggak penasaran, drakor yang sudah tamat 16 episode ini bisa banget masuk daftar binge watching.

6. Class of Lies

Drama ini akan menyajikan kamu cerita penuh misteri dan teka-teki. Cerita dimulai dengan kematian salah satu seorang siswa di sebuah SMA elite. Karena kasus ini, seorang pengacara bernama Ki Moo-Hyeok terpaksa menyamar menjadi guru di sekolah tersebut. Bukan tanpa alasan, kasus ini membuat nama baiknya sebagai pengacara tenar tercoreng. Oleh karena itu, ia bersikeras untuk mencari tahu dan mengungkapkan rahasia yang disembunyikan pihak sekolah terkait kasus ini. Ki Moo-Hyeok berharap ia bisa mengembalikan nama baiknya jika kebenaran dari kasus kematian siswi ini bisa terungkap. Drakor ini bakalan ngasih kamu banyak plot twist penuh kejutan. Daebak! Siap-siapin hati buat terkejut ya.

Perundungan memang menyeramkan ya. Dengan kata lain, tindakan perundungan sungguh sangat tidak dibenarkan atas dasar alasan apapun. Dalam drakor-drakor tersebut, kamu bisa menyaksikan betapa perundungan membawa luka yang begitu mendalam, baik bagi korban maupun keluarganya. Nah, kira-kira drama Korea nomor berapa nih yang ceritanya bikin kamu geregatan untuk ditonton duluan?

Related Articles

Leave a Comment