Home Food 5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Rasanya Juara!

5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Rasanya Juara!

nasi-goreng

Makanan Indonesia memang identik dengan bumbu dan rempah-rempah yang khas. Tak heran, kalau masyarakat internasional atau turis asing sering kali menyukai makanan-makanan khas Indonesia karena kelezatan dan keaslian bumbu rempah yang menunjukan identitas bangsa. Saking enaknya, bahkan ada sejumlah makanan asli Indonesia yang terkenal hingga mancanegara, lho. Seperti makanan berikut ini nih, wah lezatnya bikin nambah terus!

1. Rendang

Makanan khas Sumatera Barat ini nggak usah diragukan lagi deh rasanya. Sebab selama 2 tahun berturut-turut, rendang terpilih sebagai 50 makanan terbaik menurut CNN. Wah, keren! Lagian siapa sih yang bakal nolak kelezatan rendang khas Padang? Bumbu rempah yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor utama untuk nagih makan terus nih!

2. Nasi Goreng

Setiap negara memang memiliki menu nasi goreng, tetapi rasa nasi goreng Indonesia lebih khas karena memakai bumbu rempah yang lengkap. Nggak heran, kalau nasi goreng Indonesia sempat masuk ke dalam menu daftar makanan terenak di dunia. Bahkan presiden Amerika Serikat yang ke-44, Barrack Obama pun sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia. Jadi, warga Indonesia patut bangga deh!

3. Sate

Sate Padang atau sate Madura belakangan ini menjadi varian makanan favorit banyak orang. Tak terkecuali, warga mancanegara. Uniknya, tiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda bergantung dari bumbu, potongan daging, dan sebagainya. Misalnya, sate Padang dengan saus kuningnya, satu Madura dengan saus kacangnya, dan sate Bali dengan daging cincangnya. Saking enaknya, di New York terdapat restauran Indonesia bernama Satay Junction, lho.

4. Gudeg

Siapa yang di sini belum pernah cobain makanan gudeg? Yup, makanan khas Yogyakarta ini mampu menarik perhatian masyarakat lokal maupun internasional. Bahkan, bagi warga kalangan mancanegara yang berkunjung ke Jogja pasti selalu mencoba makanan gudeg yang memang lezat untuk disantap. Nggak hanya di Indonesia, gudeg juga dijual di beberapa kota di luar negeri, salah satunya yang populer ada di Melbourne. Kamu bisa menemukannya di kawasan Clayton Road. Wah, bangganya kuliner Indonesia yang mendunia.

5. Gado-Gado

Makanan khas Jawa yang sering disebut sebagai saladnya Indonesia ini cukup terkenal di luar negeri. Terutama di daerah Napoli, Italia. Sebab, kelezatan gado-gado membuat sejumlah warga mancanegara ingin mencicipi makanan khas Indonesia yang satu ini. Disajikan dengan berbagai sayuran dan dicampuri bumbu kacang, membuat gado-gado mampu menghadirkan cita rasa yang unik dan menarik perhatian penduduk internasional.

Walaupun terlihat biasa dan familiar, tetapi deretan makanan khas Indonesia ini jadi favoritnya turis dan warga mancanegara, lho! Kamu jangan mau kalah ya, selalu cinta kuliner khas Indonesia.

Related Articles

Leave a Comment