Home Food 6 Makanan Pengusir Insomnia, Bikin Tidur Makin Nyenyak!

6 Makanan Pengusir Insomnia, Bikin Tidur Makin Nyenyak!

wanita-insomnia

Memiliki segudang aktivitas membuat sebagian orang, kadang mengalami insomnia atau susah tidur. Kurang tidur tentu akan menjadikan tumbuh mudah lemas, sulit berkonsentrasi, dan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Jika kamu merasa sulit tidur atau kurang tidur dari 5 jam selama berhari-hari, mungkin mental dan fisik kamu bisa terganggu. Hal tersebut, bisa bikin kamu mudah marah, sering cemas berlebihan dan kurang fokus. Ketika kamu sulit tidur,salah satu penyebabnya adalah karena kamu masih memiliki beban pikiran atau kebiasaan yang kurang sehat.

Namun tenang saja, selalu ada solusi untuk mengatasi insomnia kok. Selain bisa melakukan hal-hal produktif untuk membantu tidur cepat, kamu juga bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut sebelum tidur. Dijamin deh makanan enak ini bakal bikin tidurmu nyenyak!

1. Ikan Salmon

Mengonsumsi ikan salmon juga terbukti dapat meningkatkan ketenangan dan mengurangi stres yang berlebih. Pasalnya, ikan salmon mengandung omega 3 yang dapat mengurangi horman stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Wah, beruntung nih buat kamu yang suka ikan salmon, tidurnya bisa bikin nyenyak terus deh.

2. Kentang

Meskipun mengandung banyak karbohidrat, kentang memiliki fungsi potassium yang bisa menenangkan otot, melancarkan pembuluh darah, dan melancarkan pencernaan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kentang juga dapat mengatasi susah tidur, lho. Nggak percaya? Cobain deh, siapa tau tidur kamu semakin pulas.

3. Sereal

Buat kamu yang nggak mau repot, pilihan makanan sereal ternyata bisa membantu kamu tidur dengan cepat. Hal ini dikarenakan sereal mengandung karbohidrat yang komplek sehingga dapat mengatasi rasa kantuk lebih cepat. Oh ya, sereal juga akan terasa nikmat jika dicampur dengan susu dan madu. Kombinasi antara susu dan madu ini ternyata bisa meningkatkan insulin pada darah dan membuat kamu menjadi lebih rileks.

4. Susu Hangat

Faktanya mengonsumsi susu hangat akan membantu kamu untuk tidur nyenyak. Sebab di dalam gelas susu mengandung tryptophan dan asam amino. Jadi, konsumsi susu dan madu sangat baik untuk diminum sebelum tidur. Susu dapat membantu tubuh untuk merespon kantuk lebih cepat. Jika kamu seseorang yang rajin mengonsumsi susu sebeum tidur, maka pertahankanlah!

5. Teh Herbal

Walaupun teh dikenal mengandung kafein, tetapi ada beberapa jenis teh yang dapat memberikan efek rileks pada tubuh sehingga kamu pun akan mudah tertidur. Yup, dengan mengonsumsi teh herbal dapat membantu tubuh kamu menjadi lebih santai dan rileks sebelum tidur. Pilihlah teh herbal dengan aroma lavender atau chamomile yang wanginya dapat menenangkan.

6. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang dapat membantu kamu dalam mengalami kesulitan tidur. Buah pisang memiliki kandungan zat magnesium dan kalsium yang memicu otot menjadi lebih rileks. Efek relaksasi pada otot dapat membantu mengatasi ketegangan secara fisik dan pikiran. Bahkan ada beberapa ahli mengatakan peningkatan melatonin di dalam pisang perlahan dapat mengobati insomnia.

Nah, sudah tahu kan makanannya apa saja? Cobain yuk, biar tidurmu nggak terganggu terus. Dijamin tidur kamu akan semakin nyenyak. Selamat bermimpi indah!

Related Articles

Leave a Comment