Home Food Anti Berantakan, 5 Resep Camilan Praktis dengan Teflon

Anti Berantakan, 5 Resep Camilan Praktis dengan Teflon

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa bosan akan selalu menghampiri selama masa social distancing yang belum tahu kapan usainya. Untuk mengatasi rasa bosan, masa karantina banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengulik dapur di rumah dengan membuat berbagai camilan. Cukup memanfaatkan teflon, kamu bisa membuat berbagai kreasi camilan antiribet. Daripada teflon cuma dipakai buat goreng telur, mending simak langsung yuk resep camilan teflon berikut.

1. Pie susu darurat gampang bikinnya

youtube.com/Fun Cooking with Yackikuka

Nggak usah jauh-jauh ke Bali kalau kangen pie susu. Bikin pie susu pake teflon juga bisa. Pie susu dari Pulau Dewata Bali ini memang terkenal kelezatannya. Meskipun kamu tinggal jauh dari Bali, bukan berarti kamu harus menahan hasrat untuk makan pie susu. Kamu bisa membuat pie susu sendiri tanpa perlu oven, lho. Cukup pakai teflon sederhana yang ada di rumah. Yuk, intip resep camilan pie susu antigagal yang bisa kamu contoh.

Bahan kulit pie susu:

  • 200 g tepung terigu
  • 100 g margarin (tidak dicairkan)
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam

Bahan isi:

  • 5 butir kuning telur
  • 250 ml susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena dicairkan dengan 100 ml air putih
  • 1 sdt vanili bubuk

Cara membuat:

  • Untuk kulit pie, campurkan tepung dan margarin, aduk rata. Masukkan telur dan maizena, aduk rata hingga adonan menjadi elastis dan tidak putus ketika ditarik.
  • Untuk isinya, larutkan maizena yang sudah dicairkan, tuang susu kental manis, gula, kuning telur, dan aduk rata. Selanjutnya masukkan vanili bubuk dan aduk merata lagi.
  • Siapkan teflon, oles margarin secara merata. Gilas adonan selebar teflon. Tata adonan sesuai bentuk teflon dan tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Tuang adonan isi pie.
  • Tutup teflon dan masak dengan api sangat kecil. Agar adonan kulit pie tidak cepat gosong, tumpuk dua tatakan kompor. Namun, step ini memakan proses panggang yang lebih lama.
  • Jika permukaan pie sudah mengeras, tandanya pie sudah matang dan pie susu siap dinikmati.

2. Brownies teflon tanpa oven

youtube.com/Epipastry

Teflon di rumah nggak cuma buat bikin omelet doang. Teflon bisa jadi alternatif bikin brownies, lho. Brownies memang terkenal dengan pembuatannya yang dipanggang di oven dan dikukus. Namun, kamu udah tahu belum kalau brownies juga bisa dibuat menggunakan teflon? Cobain yuk cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 3 sdm margarin
  • 100 g dark cooking chocolate
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • Keju atau meses secukupnya sebagai topping

Cara membuat:

  • Sisihkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder.
  • Cairkan margarin sampai meleleh, angkat, dan dinginkan sebentar.
  • Kocok telur dan gula hingga berbuih. Tambahkan campuran terigu dan bahan yang lain, aduk sampai rata.
  • Tuangkan mentega cair, aduk kembali hingga rata.
  • Oles teflon dengan mentega, masukkan adonan, dan panggang kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil.
  • Saat adonan sudah hampir matang, beri keju parut atau meses, kemudian panggang kembali hingga meses atau keju mulai lumer.
  • Pastikan tutup teflonnya selama memanggang ya.

3. Roti bakar variatif dengan telur dan keju

youtube.com/M Hutomo

Bosan dengan olahan roti panggang yang gitu-gitu aja? Coba kreasikan roti panggang fancy dengan lelehan keju. Roti panggang merupakan salah satu olahan camilan yang sering kita buat menggunakan teflon. Kalau biasanya kamu hanya menggunakan mentega atau selai, yuk coba kreasikan roti panggang dengan resep camilan baru ini.

Bahan-bahan:

  • 1 lembar roti tawar
  • Sosis sapi sesuai selera
  • 1 butir telur
  • 1 jumput lada
  • 2 lembar daun selada
  • Keju quick melt biasa atau keju mozarella sesuai selera
  • Mentega secukupnya untuk olesan roti panggang

Cara membuat:

  • Iris tipis sosis sapi membentuk lingkaran, kemudian goreng dengan menggunakan sedikit mentega.
  • Sambil menunggu sosis matang, potong daun seledri halus-halus.
  • Lubangi bagian tengah roti tawar dan olesi roti yang sudah dilubangi dengan mentega.
  • Panggang roti di atas teflon dengan api kecil. Panggang hingga sisi bawah roti berubah kuning kecokelatan, lalu balik roti.
  • Setelah dibalik, ceplok telur tepat di bagian tengah-tengah roti yang sudah dilubangi. Taburkan sedikit lada di atas telur dan tata sosis di atasnya.
  • Taburi lagi dengan parutan keju quick melt atau keju mozarella.
  • Tutup teflon dan tunggu sampai telur setengah matang.
  • Angkat roti dan pindahkan ke piring.
  • Untuk sentuhan terakhir, kamu bisa taburi dengan daun seledri. Voila, roti panggang fancy dan sehat pun siap disantap.

4. Pizza kentang yang bikin kenyang dan bergizi

youtube.com/dapur enta

Mau makan pizza, tetapi kamu lagi ngirit. Pengin bikin sendiri, tetapi malas ribet-ribet bikin adonan. Kamu harus coba nih, resep camilan pizza kentang yang bisa kamu bikin pakai teflon. Buat kamu yang nggak terlalu jago masak, tenang saja. Bahan-bahan dan caranya dijamin gampang dan antiribet kok.

Bahan-bahan:

  • 3 buah kentang yang sudah dikukus
  • 2 butir telur
  • 5 sdm susu cair
  • Garam, lada, dan penyedap rasa secukupnya
  • Margarin secukupnya untuk dioles di teflon
  • Saus tomat atau saus spageti
  • Jagung manis pipil yang sudah direbus, kamu bisa menggunakan topping lain sesuai selera
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat:

  • Tumbuk kentang yang sudah dikukus hingga halus. Tambahkan kocokan telur dan susu cair. Aduk hingga merata.
  • Tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa.
  • Oleskan margarin di teflon, tuang adonan, dan masak hingga setengah matang.
  • Setelah setengah matang, olesi saus, taburi jagung manis pipil, dan parutan keju parut. Kamu bisa menggunakan keju mozarella supaya sensasi melelehnya lebih terasa.
  • Pizza kentang siap disajikan. Nyam nyam, gampang, kan!

5. Martabak manis ekonomis

youtube.com/Lik Slamet

Duh, mau beli martabak manis, tetapi abangnya nggak jualan gara-gara Corona. Bikin sendiri aja yuk! Martabak manis nggak sesulit yang dibayangkan kok. Hampir di setiap penjuru kota pasti menjual jajanan martabak manis. Meskipun ada yang menamainya kue bandung dan terang bulan, rasanya tetap sama kok. Kamu bisa banget bikin martabak sendiri pakai teflon di masa karantina dengan resep camilan ini. Apa saja yang perlu disiapin ya?

Bahan-bahan:

  • 250 g tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 375 ml air
  • 30 g gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt vanili

Bahan topping:

Untuk topping, kamu bisa menyesuaikan selera. Topping yang biasa digunakan adalah margarin, keju parut, meses cokelat, kacang tumbuk, atau susu kental manis.

Cara membuat:

  • Ayak tepung terigu hingga halus.
  • Campur semua bahan adonan, kecuali baking soda.
  • Setelah rata, saring adonan menggunakan saringan kelapa, tutup dan diamkan selama 1 jam.
  • Panaskan teflon dengan api sedang. Setelah panas merata, masukkan baking soda yang sudah dicampur dengan sedikit air ke adonan, aduk sebentar.
  • Setelah teflon panas merata, masukkan adonan dan diratakan ke seluruh permukaan teflon.
  • Tetap menggunakan api sedang hingga keluar gelembung-gelembung kecil pada adonan.
  • Setelah gelembung-gelembung tersebut terbentuk, kecilkan api. Taburi gula pasir dan tutup teflon lagi.
  • Setelah matang, olesi margarin dan beri taburan topping sesuai selera. Angkat dan potong sesuai selera.

Gimana nih, udah tahu kamu mau bikin camilan apa buat nemenin kegiatan #DiRumahAja? Coba juga yuk camilan kekinian lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa jaga kesehatan selalu.

Related Articles

Leave a Comment