Home Food Catat, 5 Penyebab Dalgona Coffee Sulit Mengental Paripurna

Catat, 5 Penyebab Dalgona Coffee Sulit Mengental Paripurna

Setelah viral di media sosial, banyak orang yang akhirnya ikut penasaran mencoba untuk membuat foam kopi yang diletakkan di atas susu full cream ini. Namun ternyata, membuat Dalgona Coffee tidak semudah yang ditunjukkan di media sosial. Kamu harus mengaduk adonan kopinya dengan penuh kesabaran agar menjadi foam yang kental. Nggak jarang step ini membuat netizen emosi sendiri.

Kalau setelah berjam-jam lamanya foam kopi belum juga mengental bahkan sampai tanganmu berotot, tandanya formula adonanmu belum pas. Walaupun bahan-bahannya sama, yaitu kopi sachet, gula, dan air. Biar nggak tambah emosi nih, yuk simak dulu alasan di balik foam kopi yang tak kunjung mengental sempurna.

1. Terlalu banyak air sehingga adonannya jadi lebih encer

Semakin encer adonan dan semakin lama mengaduk, akhirnya semakin emosi juga deh kamu. Ini jelas menjadi catatan penting bagi kamu yang sedang dibuat penasaran dengan kopi hits satu ini. Alih-alih menjadi foam, jutsru adukanmu yang ekstra cepat hanya akan membuatnya sedikit mengental mirip susu kental manis dan tidak seperti Dalgona yang sedang viral. Sebetulnya kamu hanya cukup membutuhkan 2-3 sendok makan air untuk membuatnya menjadi foam berwarna cokelat yang nikmat.

2. Cukup gunakan kopi bubuk tanpa ampas dan jangan kopi sachet 3 in 1

Kesalahan lainnya yang membuat kopi Dalgona gagal, yaitu kamu menggunakan kopi sachet 3 in 1 yang dilengkapi gula, kopi, dan creamer. Meskipun kopi tersebut sudah dilengkapi gula, tetap saja berpotensi gagal karena seharusnya kamu menyediakan kopi dan gulanya secara terpisah. Sama halnya dengan kopi ampas, ampas kopi dapat membuat bahan lainnya sulit tercampur sempurna, walaupun kamu hanya memberikan sedikit air.

3. Jangan takut untuk menakar gula

Salah satu bahan yang juga berperan penting untuk menciptakan minuman segar Dalgona adalah gula. Jangan takut memberi takaran gula yang lebih banyak. Gula membantu bahan-bahan ini menjadi lebih mengembang hingga membentuk foam yang dapat menyempurnakan rasa kopi Dalgona kamu. Semakin banyak gula, akan semakin lembut juga tekstur foam-nya. Menurut resep akurat yang beredar di media sosial, 8 sendok makan gula memuat adonan foam lebih mengembang seperti awan.

4. Jangan cepat menyerah saat mengaduk

Membuat kopi Dalgona memang menantang dan butuh kesabaran. Wajar kalau akhirnya banyak netizen yang mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan hasil foam yang sempurna. Proses mengaduknya butuh banyak tenaga sekaligus waktu yang lama. Namun kalau formula bahan yang digunakan sudah tepat, kamu hanya membutuhkan waktu mengaduk selama 15 menit dengan kocokan manual. Kalau tangan kanan sudah terasa pegal, kamu bisa menggunakan tangan kiri secara bergantian. Lambat tak masalah asalkan tetap diaduk daripada berhenti mengaduk sama sekali.

5. Pakai pengocok ya, jangan diblender!

Kalau tidak ada mixer, kamu bisa menggunakan pengaduk besinya dan diaduk secara manual sampai mengental dan berubah menjadi busa. Mixer pun nggak bisa dipakai kalau hanya untuk satu gelas kopi Dalgona, sebab adonannya terlalu sedikit. Intinya jangan pantang menyerah untuk hasil terbaik, guys! Oh ya, kalau kamu pikir blender dapat memberikan hasil yang mantap, kamu salah! Energi panas dari blender dapat memanaskan campurannya sehingga tidak akan membuat kopi Dalgona kamu menjadi foam.

Memang sih, membuat Dalgona Coffee butuh perjuangan dan kesabaran, tetapi hal tersebut akan membuahkan hasil yang luar biasa, yakni kesegaran segelas kopi Dalgona yang nikmat! Ada yang udah berhasil bikin foam Dalgona persis Chef Arnold belum nih?

Related Articles

Leave a Comment